Hair & beauty

Tak Cuma Gorengan, Ini 3 Makanan yang Bikin Jerawatan!

By : Her World Indonesia - 2024-05-21 21:00:01 Tak Cuma Gorengan, Ini 3 Makanan yang Bikin Jerawatan!

Munculnya jerawat dapat disebabkan oleh berbagai faktor, baik secara internal maupun eksternal. Sayangnya, kini mayoritas orang hanya fokus mengatasinya lewat penggunaan skincare saja. Meski penting, jerawat sebenarnya tak hanya muncul karena kotoran dan polusi dari luar, tapi juga dipicu dari dalam tubuh. Makanan dan minuman yang dikonsumsi ternyata berpengaruh besar terhadap munculnya jerawat. Tak jarang makanan pun membuat kondisi jerawat semakin meradang.

Her World akan spill sederet makanan yang berisiko menyebabkan jerawat di bawah ini. Agar kulit terbebas dari jerawat dan lebih sehat, kamu perlu memperhatikan apakah makanan yang disebutkan ini sering dikonsumsi atau tidak. 


1. Buah Kering (Dried Fruit)


(Dried fruit berpotensi memicu jerawat. Foto: Dok. Rodion Kutsaiev/Pexels)

Buah kering memang dikenal kaya akan mikronutriennya seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, dan lainnya. Proses buah kering yang membuat kandungan airnya menghilang membuat buahnya menjadi padat energi. Namun, meski tinggi serat, konsentrasi gula di dalamnya pun tinggi. Hal ini bisa memperburuk peradangan pada kulit dan meningkatkan produksi minyak dalam tubuh yang berpotensi menimbulkan jerawat. 


(Baca juga: 3 Tips Pilih Parfum yang Cocok dengan Kepribadianmu!)


2. Pisang 

(Meski bernutrisi, pisang bisa menimbulkan jerawat. Foto: Dok. Juan Salamanca/Pexels)

Saat mengonsumsi buah-buahan, kamu perlu memperhatikan indeks glikemik, indikator yang mengukur pengaruh makanan berkarbohidrat ke kandungan gula darah dalam tubuh. Tingginya indeks glikemik menandakan seberapa cepat makanan meningkatkan kadar gula tubuh. Menurut indeks glikemik Harvard, pisang mendapatkan skor 62 dari 100 (indeks glikemik tertinggi). Artinya, pisang mengandung banyak gula yang dapat menyebabkan produksi minyak berlebih pada kulit sehingga bisa memperburuk masalah jerawat yang sudah meradang. 


3. Cokelat 

(Cokelat susu dan cokelat putih dapat memicu jerawat. Foto: Dok. Polina Tankilevitch/Pexels)

Seperti yang kamu tahu, cokelat yang tersebar di berbagai toko sudah diolah dengan susu dan gula. Kedua kandungan inilah yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat di kulit. Konsumsi jenis cokelat seperti cokelat susu (milk chocolate) dan cokelat putih (white chocolate) perlu dikurangi atau bahkan dihilangkan. Namun, jika kamu tetap ingin memakan cokelat, pilihlah cokelat hitam atau dark chocolate yang mengandung kakao murni lebih tinggi. Faktanya, kakao dapat membantu membersihkan kulit karena ada kandungan vitamin A, C, E, dan zinc yang baik untuk kulit. 


(Baca juga: Ini Kunci Untuk Buat Makeup Tahan Lama Hingga Seharian!)


Masalah berjerawat pada kulit memang membutuhkan effort yang lebih. Tak hanya menggunakan skincare, perawatan dari dalam tubuh pun sama pentingnya. Kamu perlu lebih memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi agar tidak memicu jerawat. Hindari makanan berminyak dan bergula tinggi karena bisa memperburuk peradangan jerawat.


(Penulis: Zahrah Pricila)


Hair & beauty