Life & health

Ada Bahan Spesial di Kopi Buatan Mikael Jasin. Penasaran?

By : Her World Indonesia - 2024-05-22 16:20:01 Ada Bahan Spesial di Kopi Buatan Mikael Jasin. Penasaran?

Kopi kini sudah terintegrasi dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi rutinitas yang tak bisa dilewatkan bagi banyak orang. Tak hanya menghilangkan kantuk, kopi menjadi elemen penting untuk menenangkan diri dan memberikan kenikmatan sederhana bagi mereka yang meminumnya. Tak jarang kenikmatan ini pun mempertemukan teman dan keluarga untuk berbincang. Kopi yang telah menjadi lifestyle banyak orang pun mendorong pertumbuhan kedai kopi, khususnya di Indonesia. Faktanya, menurut Asosiasi Pengusaha Kopi dan Cokelat Indonesia (APKCI), jumlah kedai kopi di Indonesia diperkirakan mencapai 10.000 gerai per tahun 2023.


Tingginya kebutuhan konsumen terhadap kopi pun mendorong barista di banyak kedai kopi untuk menciptakan gaya dan cita rasa minuman kopi yang baru setiap saat. Mikael Jasin, barista ternama Indonesia yang sudah lebih dari 10 tahun berkecimpung di industri kopi menerapkan keterampilan berinovasinya dalam industri perkopian. Bahkan kreativitas dan dedikasinya ini membawanya piala kemenangan World Barista Championship (WBC) 2024 di Busan, Korea Selatan. Miki, sapaan Mikael Jasin, berhasil mengalahkan 53 kompetitor dari 50 negara berbeda. Sebelumnya pun Miki sudah menjuarai WBC 2019 di peringkat keempat.


(Baca juga: Bikin Happy, Konsumsi 4 Buah Ini Untuk Tingkatkan Mood!)

(Mikael Jasin berbagi kreasi kopinya ke empat orang beruntung saat live performance. Foto: Dok. Arummi Foods)


Salah satu rahasia di balik kemenangannya terletak pada inovasinya menciptakan kopi yang selaras dengan tren terkini. Pria yang sudah menekuni dunia kopi sejak 2011 ini menambahkan Arummi chasew milk, susu nabati lokal Indonesia, ke dalam resep kopinya. Ia secara spesifik mencapurkan 60 persen susu sapi, 20 persen cashew milk, dan 20 persen oat milk. Perpaduan varian susu ini pun disebut sebagai dairy, oat, dan Arummi (D.O.A). Inovasi ini menjadi secret ingredient yang menarik karena sebelumnya WBC tidak memperbolehkan penggunaan susu non-dairy.


Namun, saat WBC tahun lalu diselenggarakan di Athena, untuk pertama kalinya kompetisi tersebut mengizinkan peserta menggunakan susu non-dairy. Perubahan ini berkaca pada tren gaya hidup masyarakat global terkini yang semakin sadar akan kesehatan dan mulai beralih dari susu dairy ke susu nabati. Mikael Jasin selaku Brand Ambassador Arummi pun berbagi ceritanya terkait keunggulan dari cashew milk yang membuat kopinya jadi spesial.


“Arummi Cashew Milk memiliki keunggulan seperti rasa gurih dan nutty khas kacang mede sehingga sangat cocok untuk dicampurkan dengan minuman panas ataupun dingin dengan menghadirkan cita rasa minuman yang sangat enak dan unik pada sajian kopi. Tekstur creamy yang hampir mirip dengan susu sapi mampu meningkatkan rasa minuman kopi secara keseluruhan, mempermudah proses frothing sehingga dapat menghasilkan foam yang bagus, halus, shiny, dan glossy," ujar Mikael Jasin. 


Cashew Milk: Susu Alternatif Intoleransi Laktosa


(Terdapat dua varian rasa cashew milk: Classic dan Barista. Foto: Dok. Arummi Foods)


Berbahan dasar kacang mede lokal, cashew milk yang digunakan Mikael Jasin merupakan terobosan Arummi di industri minuman. Selain memberikan rasa gurih nutty dan tekstur creamy, susu ini pun memiliki beragam nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Misalnya, rendah gula, rendah kalori, tidak mengandung kolesterol, antioksidan, dan menjaga kesehatan imunitas tubuh. Manfaat utama lainnya adalah cocok dikonsumsi untuk kamu yang lactose intolerant dengan dairy milk! Kehadiran Arummi cashew milk pun tak hanya diperuntukkan barista saja, tapi juga bisa untuk dikonsumsi di rumah untuk makanan dan minuman dengan rasa yang berbeda.


“Melalui pengujian berkali-kali dan berbagai sesi diskusi dengan Barista, kami terus menyempurnakan tekstur dan rasa supaya susu kacang mede Arummi tidak hanya cocok untuk kreasi kopi, tetapi juga membuat pengalaman minum kopi jadi lebih seru dan unik. Komunikasi yang terus-menerus dengan Barista ini sangat penting dalam membentuk perbaikan produk, sehingga menghasilkan susu kacang mede yang benar-benar mendukung kreasi berbagai jenis minuman,” jelas Chief Executive Officer (CEO) Arummi Foods, Nacitta Kanyandara.


(Baca juga: 6 Pasangan Sayur dan Lauk yang Cocok Untuk Defisit Kalori)


Cashew milk hadir dengan dua varian rasa, Classic dan Barista. Namun, jangan mudah terkecoh dengan nama 'Barista' karena kamu tetap bisa menggunakan kedua varian ini untuk sehari-hari. Tak hanya untuk kopi, cashew milk bisa untuk diminum langsung, dicampur sereal, atau kreasi minuman dan masakan lainnya. Tertarik untuk mencoba susu yang digunakan Mikael Jasin? Arummi cashew milk kini tersedia di berbagai supermarket dan e-commerce.


(Penulis: Zahrah Pricila) 


Life & health