Hair & beauty

3 Tips Pilih Parfum yang Cocok dengan Kepribadianmu!

By : Her World Indonesia - 2024-05-18 12:10:01 3 Tips Pilih Parfum yang Cocok dengan Kepribadianmu!

Pernahkah kamu mencium parfum seseorang dan merasa aromanya sangat cocok dengan kepribadiannya? Ini karena parfum sebenarnya tidak hanya memberikan efek tubuh menjadi lebih wangi, tapi juga memberikan aroma khas yang menciptakan suasana tertentu di sekelilingnya. Dari suasana itu, karakter seseorang seolah-olah akan tercerminkan dan menjadi lebih menonjol. Aroma parfum secara tak langsung menjadi pencerita tentang kisahmu, suasana hatimu, dan kepribadianmu.


Umumnya terdapat empat kategori aroma parfum yang menggambarkan kepribadian seseorang: fresh (cheerful dan kreatif), airy (feminin), earthy (tenang dan otentik), dan fire (ekstrover). Namun, untuk memilih parfum yang cocok dengan kepribadianmu tidaklah mudah. Apalagi kini berbagai lini parfum lokal dan luar berlomba-lomba menghadirkan berbagai macam aroma yang unik. Jadi sebelum memilih, kamu perlu lakukan serangkaian tips di bawah ini agar lebih mudah menentukan jenis aroma parfum yang cocok dengan kepribadianmu!


1. Pahami Preferensi Gaya Fesyen

(Senadakan gaya fesyen dengan pilihan parfum. Foto: Dok. Clint Maliq/Pexels)


Selain aroma yang khas, fesyen pun menonjolkan kepribadianmu. Alhasil, perlu ada keseimbangan antara personal style dan aroma yang dipilih. Kamu bisa mengkurasi terlebih dahulu pakaian seperti apa yang umumnya digunakan sehari-hari dan saat ada acara-acara penting. Misalnya, kamu menyukai pakaian berbahan silk dan satin berwarna terang serta perhiasan kalung. Maka, aroma parfum yang bisa menggambarkan dirimu yang “mencolok” adalah wewangian woods, vanilla, atau bunga tropis. Sementara jika kamu lebih memilih pakaian yang kasual, aroma citrus atau lavender yang subtle bisa menjadi pilihan.


(Baca juga: Lihat Rambutmu, Ini 5 Ciri-Ciri Smoothing Sudah Berhasil)


2. Tempat yang Sering Dikunjungi


(Piknik identik dengan sosok yang bubbly dan energetik. Foto: Dok. Ketut Subiyanto/Pexels)


Yes, outdoor spaces can define who you are! Suasana dari tempat yang kamu kunjungi untuk menghabiskan waktu bisa menunjukkan sosokmu yang sebenarnya. Kalau kamu menyukai piknik di taman atau bersepeda di lapangan, aroma parfum bunga segar seperti lily of the valley, syringa, atau bahkan aromatic herbs akan cocok untuk dipilih. Apabila kamu lebih suka keramaian pantai di sore hari, aroma bunga powdery seperti iris atau mimosa bisa menjadi signature scent!


3. Sesuaikan dengan Personal Color

(Warna bisa mengekspresikan karaktermu. Foto: Dok. cottonbro studio/Pexels) 


Personal color tidak hanya penting dalam menentukan cara berpakaian, tetapi juga menyelaraskan dengan aroma parfum yang ingin digunakan untuk menonjolkan karaktermu yang sebenarnya. Jika kamu lebih sering menggunakan pakaian atau barang-barang berwarna earth tone seperti beige dan hijau khaki, aroma seperti floral yang manis perlu dihindari. Sebaliknya, aroma-aroma hutan seperti green grass dan woods bisa menjadi andalan.


(Baca juga: Skin Barrier Rusak? 5 Cara Alami Ini Bisa Memperbaikinya)


Ketika memilih parfum, akan ada berbagai pertimbangan yang mempengaruhinya baik itu dari gaya berpakaian atau bahkan pekerjaanmu. Jadi, jangan pernah membatasi diri saat mencari-cari aroma yang bisa menggambarkan kepribadianmu. Memilih parfum seharusnya menjadi proses eksplorasi personal yang membutuhkan waktu. So take your time dan cobalah ketiga tips di atas untuk membantumu menentukan aroma yang diinginkan!


(Penulis: Zahrah Pricila)


Hair & beauty