Life & health

Catat 5 Tips Ini Agar Tidak Lagi Mengantuk Saat Bekerja

By : Her World Indonesia - 2024-05-14 14:00:01 Catat 5 Tips Ini Agar Tidak Lagi Mengantuk Saat Bekerja

Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan mentalmu. Ketika kamu tidur nyenyak, otakmu memiliki kesempatan untuk memproses emosi dan mengatur mood dengan lebih baik. Sehingga, kamu akan lebih mampu menghadapi stres dan tekanan hidup. Kamu ingat bahwa kurang tidur bisa berdampak buruk bagi kesehatanmu, terutama saat kamu sedang bekerja. Rasa ngantuk dapat mengganggu kinerjamu dan bahkan membahayakan keselamatanmu.


Selain kurang tidur, faktor-faktor lain yang bisa menyebabkan kamu mengantuk saat bekerja saat bekerja antara lain kurangnya aktivitas fisik, kamu terlalu stres dan kurang tenang, atau bisa juga karena saat malam hari kamu kurang mengonsumsi air putih dan vitamin yang cukup. 


(Baca juga: Dengerin Ini, 5 Lagu Terbaik Untuk Apresiasi Diri Sendiri)


Oleh karena itu, Her World akan membantu kamu meredakan rasa ngantuk saat sedang bekerja dengan lima tips ini, simak ya! 


1. Jaga asupan kafein


(Tips agar tidak mengantuk saat bekerja. Foto: Dok. Freepik)


Kafein adalah stimulan yang paling umum digunakan untuk mengusir rasa mengantuk. Senyawa ini dapat membantu meningkatkan tingkat kewaspadaan dan mengurangi rasa ngantuk. Namun, penting untuk diingat bahwa konsumsi kafein yang berlebihan dapat memiliki efek samping, seperti meningkatnya kegelisahan, gangguan tidur, dan bahkan ketergantungan. Oleh karena itu, batasi konsumsi kafeinmu terutama menjelang malam agar tidurmu tidak terganggu.


2. Dengarkan Musik


Musik memiliki kekuatan untuk memengaruhi suasana hati dan energi seseorang. Mendengarkan musik yang ceria dan enerjik dapat membantu meningkatkan mood dan semangatmu saat bekerja. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa musik dapat membantu meningkatkan fokus dan produktivitas. Namun, pastikan untuk memilih jenis musik yang tidak terlalu mengganggu atau mengalihkan perhatianmu dari tugas yang sedang kamu kerjakan.


3. Ambil Break Sejenak


Ketika merasa mulai mengantuk, jangan ragu untuk mengambil break sejenak. Berjalan-jalan sebentar di sekitar kantor atau sekadar meregangkan otot bisa membantu menyegarkan pikiranmu dan meningkatkan konsentrasimu. Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengambil jeda singkat dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas.


4. Berkomunikasi dengan Rekan Kerja


(Tips agar tidak mengantuk saat bekerja. Foto: Dok. Freepik)


Berkomunikasi dengan rekan kerjamu juga bisa menjadi cara efektif untuk mengusir rasa mengantuk. Bicaralah dengan mereka, berbagi cerita, atau sekadar berdiskusi tentang proyek yang sedang dikerjakan untuk menjaga pikiranmu tetap terjaga. Interaksi sosial dapat membantu meningkatkan mood. Selain itu, mendapatkan dukungan dari rekan kerja juga bisa membantu mengurangi stres dan tekanan yang dapat menyebabkan rasa mengantuk.


5. Tidak Makan Siang Terlalu Berat


Makan siang yang terlalu berat dapat membuatmu merasa mengantuk dan lesu di siang hari. Hal ini disebabkan oleh peningkatan aliran darah ke sistem pencernaan setelah makan, yang dapat membuatmu merasa ngantuk. Sebaliknya, pilihlah makanan yang ringan dan seimbang agar energimu tetap terjaga. Hindari makanan yang mengandung banyak gula atau karbohidrat sederhana, karena ini dapat menyebabkan penurunan energi setelahnya.


(Baca juga: Seimbangkan Emosi, Ini 4 Manfaat Menangis Untuk Kesehatan)


Dengan menerapkan beberapa tips di atas, kamu dapat mengatasi rasa mengantuk saat bekerja dan meningkatkan produktivitasmu secara keseluruhan. Selain itu, manfaatkanlah sumber daya di sekitarmu, seperti musik atau interaksi dengan rekan kerja, untuk menjaga semangat dan konsentrasimu tetap terjaga.


(Penulis: Adila Firani)


Life & health