Food & travel

Treasures of Sigi: Perpaduan Cita Rasa dan Warisan Nusantara

By : Her World Indonesia - 2024-05-13 12:00:01 Treasures of Sigi: Perpaduan Cita Rasa dan Warisan Nusantara

17.000 pulau, 88 hektar hutan hujan tropis, 3.534 spesies ikan laut, 1.248 spesies ikan air tawar, dan 40.000 jenis tumbuhan, inilah kekayaan alam Indonesia yang membuat negara ini spesial. Tiap daerah dengan bentuk geografis yang berbeda melahirkan keanekaragaman budaya dan tradisi khusunya di bidang kuliner. Sederhananya, kebiasaan makan masyarakat Indonesia sangat variatif, tergantung pada kesediaan pangan yang ada di tiap daerahnya. Misalnya, mereka yang tinggal di tepi pantai akan makan ikan dan makanan laut, sedangkan yang berasal dari pegunungan akan makan lebih banyak daging, buah-buahan, dan sayur-sayuran. Tak hanya bicara soal macam makanan, Indonesia pun kaya akan budaya makan yang menggambarkan keunikan tiap daerah, sebut saja ngeliwet (Jawa), megibung (Bali), dan lainnya.


Merasakan langsung budaya makan daerah-daerah Indonesia dan mencicipi hindangannya pun menjadi impian banyak orang. Sayangnya, tidak mudah untuk berkunjung ke daerah-daerah yang berada di beda pulau. Namun, kini kamu bisa merasakan langsung perpaduan cita rasa dan budaya salah satu daerah yang dikenal sebagai pilar keanekaragaman hayati, Kabupaten Sigi!


Berkolaborasi dengan Javara Indonesia dan Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL), The Dharmawangsa Jakarta menghadirkan Treasure of Sigi, serangkaian kegiatan yang menampilkan keindahan dan kebudayaan Sigi. Terletak di Sulawesi Tengah, Sigi dmemiliki kekayaan alam dengan 70 persen wilayahnya yang dikelilingi hutan.


(Baca juga: Pertama di Yogyakarta, Restoran ini Sajikan Dry-aged Premium)


Nuansa, Pameran, Hingga Santapan Khas Sigi


(Hidangan dessert tradisional. Foto: Dok. The Dharmawangsa Jakarta)


Siapa yang tidak menyukai afternoon tea? Bercengkrama dengan keluarga atau teman sambil diiringini musik akustik tradisional dan makanan ringan. Kesenangan itu bisa kamu dapatkan di Treasure of Sigi High Tea yang akan berlangsung hingga 19 Mei mendatang. Dalam ruangan Majapahit Loungue yang tenang dan dihiasi candi Jawa abad ke-14 yang merah, kamu bisa mencicipi teh dan makanan ringan yang terinspirasi dari Sigi. Kebudayaan dan keunikan Sigi tidak hanya bisa kamu nikmati lewat hidangan ringannya saja, tapi kamu juga bisa menelusuri pameran tekstil dan kerajinan tangan UMKM lokal Sigi yang menawarkan tampilan tradisi artistrik asal wilayahnya.



(Hidangan Treasures of Sigi Dinner. Foto: Dok. The Dharmawangsa Jakarta)


Setelahnya, kamu bisa bersantai menikmati sunset sambil mengeksplorasi berbagai hidangan makan malam kreasi Chef Julio dan timnya di Pool Garden. Menariknya, kreasi santapannya merupakan hasil perpaduan berbagai macam bahan dan teknik memasak tradisional ciri khas Sigi. Namun, berbeda dengan Treasure of Sigi High Tea, pengalaman Treasure of Sigi Dinner hanya bisa kamu dapatkan hingga 18 Mei saja. Setelah menjelajahi pameran hingga mencicipi santapannya seharian, kamu bisa beralih ke Sigi Treasures Getaway: program penginapan dengan harga mulai dari Rp3.100.000++ per malam untuk melengkapi penelusuran keunikan Sigi!


(Baca juga: 5 Resep Mentega Olesan, Makanan Semakin Nikmat)


Keberagaman budaya dan tradisi daerah Indonesia yang diekspresikan lewat kreasi kuliner menjadi “luxury” tersendiri bagi orang yang merasakannya secara langsung. Tak hanya menjadi lebih kenal akan wilayah-wilayah unik di Indonesia, tapi juga merayakan cita rasa, seni, dan warisan Indonesia yang dinamis.


Bagi kamu yang penasaran dan ingin menikmati kekhasan Kabupaten Sigi, bisa langsung berkunjung ke The Dharmawangsa Jakarta atau cek informasi selengkapnya di Instagram @thedharmawangsa.


(Penulis: Zahrah Pricila)


Food & travel