Hair & beauty

Cleansing Oil 101: Cocok atau Tidak Untuk Kulit Berminyak?

By : Her World Indonesia - 2024-04-29 19:00:02 Cleansing Oil 101: Cocok atau Tidak Untuk Kulit Berminyak?

Debu dan polusi kini sudah menjadi makanan kulit kita sehari-hari. Jadi enggak heran kalau double cleansing atau membersihkan wajah dengan dua tahap rasanya menjadi tahapan skincare yang ‘haram’ hukumnya kalau dilewati. Tanpa permukaan kulit yang bersih, rangkaian produk perawatan kulit lainnya tidak bisa bekerja secara maksimal. Cleansing oil menjadi salah satu produk double cleansing yang kini semakin populer digunakan untuk mengangkat kotoran, sisa tabir surya, dan riasan wajah secara menyeluruh.


Sayangnya, masih ada sebagian orang dengan jenis kulit berminyak yang tidak berani mencoba produk berbahan dasar minyak ini. Cleansing oil dianggap dapat memperburuk produksi minyak di wajah. Padahal, banyak dermatolog yang sudah membantah anggapan tersebut. Pemilihan cleansing oil untuk kulit berminyak memang tricky, tapi jangan khawatir! kamu bisa memperhatikan beberapa hal ini saat memilih produknya. Kira-kira apa saja ya? Yuk cari tahu lebih lanjut bersama Her World!


(Baca juga: Pakai Sunscreen Saat Musim Hujan, Wajib atau Enggak Sih?)


Cleansing Oil Untuk Kulit Berminyak, Sesuaikah? 


(Kombinasi minyak berlebih dan kotoran di wajah akan sulit dihilangkan hanya dengan sabun cuci muka. Foto: Dok. Haley Lawrence/Unsplash)


Faktanya, cleansing oil bekerja berdasarkan prinsip lipofilik (oil-loves-oil), yang berarti dapat mengikat sifat kimia serupa. Alhasil riasan, sunscreen, dan minyak berlebih di wajah dapat luruh secara efektif tanpa menghilangkan minyak alami kulit. So, cleansing oil is definitely a yes even for oily skin!


FYI, pembersih wajah berbahan dasar minyak ini dapat memberi sinyal pada kulit untuk memproduksi lebih sedikit minyak di wajah. Selain itu, kandungannya yang kaya akan nutrisi bisa bikin kulit terhidrasi. Namun, untuk bisa merasakan manfaatnya seperti di atas, kamu perlu memperhatikan dua hal ini: kandungan dan cara pemakaiannya.


Bagi kamu pemilik kulit berminyak dan berjerawat, wajib untuk menghindari kandungan bersifat komedogenik yang bisa menyumbat pori-pori. Kamu bisa memilih cleansing oil yang tinggi akan linoleic acid-nya seperti hemp seed oil, rosehip seed oil, atau evening primrose oil. Sementara ada beberapa kandungan yang perlu dihindari seperti sea buckthorn oil, coconut oil, hazelnut oil, camellia oil, atau sunflower oil yang bisa menyumbat pori-pori karena teksturnya yang lebih kental.


Kemudian, untuk menghindari residu minyak di wajah, kamu perlu menggunakan cleansing oil secara tepat dengan mengaplikasikannya saat kondisi wajah kering. Hindari memijat produknya di wajah terlalu lama, cukup satu sampai dua menit saja agar kulitmu tidak menjadi dehidrasi atau berpotensi tersumbatnya pori-pori. Jangan lupa untuk mengumulsi minyak di wajah agar menjadi sedikit berbusa dan bilas dengan air hingga seluruhnya luruh. Pastikan untuk mencuci wajah dengan sabun cuci muka yang lembut dan berbahan dasar air dengan kandungan utamanya aqua


Rekomendasi Cleansing Oil Untuk Kulit Berminyak


Setelah mengetahui fakta dan teknik penggunannya yang benar, ini rekomendasi cleansing oil yang cocok digunakan untuk kulit berminyak. 


1. AKITA HACHI White Tea 


(Salah satu produk populer di KKV yang bisa membersihkan pori-pori). Foto: Dok. koreanmace/Instagram)


White tea atau ekstrak teh putih yang mengandung 18 jenis asam amino ini menjadi bahan utama dalam produk ini. Kotoran dan minyak yang menempel pada wajah hingga lapisan terdalam pun dapat dibersihkan. Kulit akan terasa lebih lembut dan halus seketika. Tak cuma itu, kulitmu akan mendapatkan nutrisi secara maksimal dari beberapa kandungan essential oil seperti minyak biji chia putih, ekstraks akar manis, minyak biji anggur, dan minyak kanola. 


2. Teratu Beauty Chamomile & Olive Deep Cleansing Oil


Produk dari merek lokal ini memiliki tiga kandungan utama: minyak zaitun, ekstrak chamomile, dan vitamin E. Tidak hanya membersihkan riasan wajah dan kotoran, Chamomile & Olive Deep cleansing bisa menjadi antioksidan untuk melembapkan dan meringankan inflamasi di kulit. Selain cocok digunakan untuk kulit berminyak, produk ini aman digunakan oleh ibu hamil dan menyusui. 


(Baca juga: 5 Rekomendasi Toner Korea Untuk Kulit Sensitif, Penasaran?)


3. SOMETHINC Alpha Squalaneoxidant Deep Cleansing Oil


(Produk lokal yang seringkali jadi incaran para beauty enthusiast. Foto: Dok. gva_shop/Instagram)


Selain rangkaian makeup-nya yang viral, SOMETHINC Alpha Squalaneoxidant Deep Cleansing Oil juga menjadi pembersih riasan wajah andalan para skincare junkie lokal. Dengan menggunakan teknologi Micelle, berbagai kotoran diwajah akan lebih mudah luruh saat diemulsifikasi dengan air. Kulit tampak bersih tanpa ada residu minyak tersisa sedikit pun. Selain itu, terdapat kandungan squalane yang bekerja sebagai antioksidan untuk menjaga kulit tetap kenyal. 


4. Make Over Ultra Deep Cleansing Oil 


(Merek lokal yang populer akan makeup-nya ternyata memiliki rangkaian skincare yang patut dicoba. Foto: Dok. byutilogy/Instagram) 


Kandungan salicylic acid dalam cleansing oil ini membuatnya bisa mengangkat makeup waterproof, tabir surya, dan kotoran lainnya yang sudah masuk ke dalam pori-pori. Kalau kamu punya kulit berminyak dan gampang iritasi, produk Make Over yang satu ini bisa kamu pilih karena 88% formulasinya menggunakan berbagai minyak alami yang sangat ringan dan lembut. Selain tidak meninggalkan residu di wajah, minyak alami di kulitmu juga tidak akan ikut terangkat saat bilas. Menariknya lagi, produk ini dilengkapi skin shield technology yang bisa memberikan perlindungan lebih agar kulit tidak mudah muncul jerawat dan komedo. 


5. Sensatia Botanicals Rejuvenating Pomegranate


(Berasal dari Bali, Sensatia Botanicals terkenal akan kandungan skincare yang natural. Foto: Dok. sensatiabotanicals/Instagram)


Rejuvenating Pomegranate Cleansing Oil memiliki keunikannya tersendiri. Terbuat dari bahan-bahan alami seperti minyak delima, minyak argan, dan ekstrak magnolia berry, produk asal Bali ini tidak hanya membersihkan tapi juga dapat meredakan stres yang dialami kulitmu. Ketiga kandungan yang ada kaya akan antioksidan dan zat kimia alami yang bagus untuk kesehatan (fitonutrien). Selain itu, kulit akan terasa lebih lembap dan bisa mengurangi kerutan halus di kulit. 


Kunci penggunaan cleansing oil secara efektif terletak pada pemilihan kandungannya dan cara mengaplikasikannya saat melakukan tahap double cleansing supaya terhindar dari pori-pori yang tersumbat. Pastikan kamu mengikuti berbagai tips dan saran di atas ya! Kamu tentunya enggak mau kulit terasa greasy kan?


(Penulis: Zahrah Pricila)

Hair & beauty