Life & health

7 Film Slow Burn Romance Barat Terbaik, Bikin Geregetan!

By : Her World Indonesia - 2024-04-23 15:00:01 7 Film Slow Burn Romance Barat Terbaik, Bikin Geregetan!

Berbeda dengan genre romance pada umumnya, slow burn romance akan membawamu ke alur cerita yang lebih lambat, kompleks, dan membuatmu mengikuti perkembangan karakter para tokoh secara bertahap. Kamu akan dibuat tidak sadar akan ‘love spark’ yang muncul dari para tokoh. Biasanya ketertarikan antara karakter justru berkembang secara perlahan sepanjang cerita sampai akhirnya mencapai klimaks. Seringkali film dengan genre ini justru menggambarkan bagaimana hubungan percintaan yang sebenarnya sehingga lebih realistis dan tulus. Cerita yang disusun pun akan membangun hubungan yang lebih emosional dengan penonton.

Kalau kamu merasa bosan dengan film-film romance Barat yang klise dan tidak memantik perasaan dari dirimu, kamu bisa tonton tujuh rekomendasi film bernuansa slow burn romance yang telah dirangkum oleh Her World.

1. Blue Valentine (2010)


(Dean dan Cindy menampilkan kisah pernikahan yang penuh rintangan. Foto: Dok. lionsgateplay.id/Instagram) 

Diperankan oleh Ryan Gosling sebagai Dean Pereira dan Michelle Williams sebagai Cindy Heller, film ini mengisahkan pasangan suami-istri yang sedang berada di fase jenuh dalam hubungannya. Meski dikaruniai anak perempuan, Frankie (Faith Wladyka), pernikahan yang telah terjalin selama lima tahun ini ternyata membuat gairah dan cinta yang dirasakan keduanya mulai memudar. Tak hanya disuguhkan konflik percintaan, alur nonlinier dari film garapan Derek Cianfrance ini menggambarkan kontrasnya hubungan mereka saat awal berjumpa dan setelah pernikahannya yang ternyata tidak bahagia. Emosi yang dibangun oleh kedua karakter pun akan membuatmu mengantisipasi bagaimana akhir dari Dean dan Cindy akan terungkap.




2. Persuasion (2022)


(Kisah cinta rumit antara karakter Anne, Caption Wenworth, dan William. Foto: Dok. johama_movies/Instagram) 

Siapa yang tidak tahu Jane Austen? Novel-novel klasik karyanya diadaptasi menjadi film romansa yang menarik. Selain film Pride and Prejudice, Persuasion menjadi salah satu karyanya yang diadaptasi dan mengisahkan percintaan seorang perempuan asal Inggris bernama Anne Elliot (Dakota Johnson) yang belum menikah di usia 27 tahun. Anne pernah memiliki kekasih bernama Captain Frederick Wenworth (Cosmo Jarvis). Sayangnya, Captain Wenworth ini memang tidak datang dari keluarga terpandang. Kehidupan Anne yang kompleks membuatnya memilih pisah dari kekasihnya itu. Tak hanya tentang perpisahan, film yang disutradarai Carrie Cracknell ini juga akan membawamu ke kisah pertemuan kembali antara keduanya dan hadirnya sosok baru di kehidupan Anne. Film berdurasi 1 jam 49 menit ini akan membawamu merasakan kisah cinta Anne dengan nuana romansa yang slow burn dan bertanya-tanya dengan siapa kisah cintanya itu akan berlabuh.

3. Equals (2015)


(Cinta terlarang antara Silas dan Nia membuat alur film ini menarik. Foto: Dok. equalsthemovie/Instagram)

Dalam film ini, emosi termasuk cinta dalam sosok manusia merupakan suatu hal yang terlarang dan hanyalah sebuah masa lalu.  Mereka yang merasakan emosi akan menunjukkan tanda S.O.S, yang berarti Switched-On Syndrome dan dianggap memiliki kelainan. Silas (Nicholas Hoult) dan Nia (Kristen Stewart) merasakan adanya perubahan dalam diri mereka. Ketertarikan yang intens antara keduanya membuat hidup mereka terancam. Silas dan Nia pun dihadapi pilihan untuk kembali menyelamatkan hidup mereka atau mempertaruhkan segalanya setelah kecurigaan mulai meningkat di antara atasan mereka. Film yang bergenre sci-fi dan dystopia ini membuat alur romansa yang disajikan tidak monoton dan penuh drama.



4. The Vow (2012)


(Kisah tragis Leo dan Paige akan membuat penasaran penonton pada pilihan Paige. Foto: Dok. thevow/Instagram)

Diadaptasi dari kisah nyata, penoton akan menyaksikan bagaimana Leo (Channing Tatum) harus mengikat dan menarik kembali hati Paige (Rachel McAdams), istrinya yang amnesia karena sebuah kecelakaan. Paige kehilangan memorinya selama lima tahun terakhir dan hanya bisa mengingat kehidupannya dengan orang tuanya serta kisahnya dengan mantan tunangannya. Film yang yang sudah memenangkan tiga penghargaan ini menggaet Michael Sucsy, pemenang penghargaan Golden Globe, sebagai sutrada film. Perasaan kompleks yang dirasakan kedua tokoh akan membuatmu merasakan pula perjuangan dan kekeliruan mereka saat ingin menyambung kembali benang memori yang terputus. 

5. About Time (2013)


(Kisah manis Tim dan Mary akan membuatmu betah menonton film ini. Foto: Dok. greenwichfilm/Instagram)

Film yang disutradarai Richard Curtis ini menceritakan perjalanan Tim Lake (Domhnall Gleeson) mencari cinta sejatinya. Saat beranjak usia 21 tahun, ayahnya Tim menyampaikan sebuah rahasia tentang kemampuan time travel yang dimiliki keluarganya. Sayangnya, kembali ke masa lalu tidak membuatnya lebih mudah menemukan kekasih yang diharapkannya. Sampai pada akhirnya Tim bertemu dengan Mary (Rachel McAdams) dan berhasil mendekatinya. Namun, momen bersama wanita itu justru menghilang saat dirinya harus time travel untuk mengubah kejadian yang menimpa teman ayahnya, Harry (Tom Hollander). Perjuangan dan emosi yang mendalam tentang kehidupan dan percintaan membuat film romance ini lebih berarti.



6. All The Bright Places (2020)


(Masa lalu yang rumit Violet dan Theo akan membawa keduanya menjalani kehidupan yang berbeda. Foto: Dok. allthebrightplacesmovienews/Instagram)


Dalam film ini, kamu akan melihat pertemuan dua karakter, Violet Markey (Elle Fanning) dan Theodore Finch (Justice Smith), yang masing-masing memiliki luka dari masa lalu. Siapa sangka pertemuan keduanya justru akan mengubah kehidupan satu sama lain. Berbeda dari film teen-romance yang biasanya fokus pada kisah romansa love at first sight sajakamu akan disuguhkan masalah kesehatan mental pula sehingga plot-nya lebih kompleks. Meski begitu, chemistry Violet dan Theo akan terasa semakin intens seiring mereka saling kenal dan dipasangkan dalam satu proyek untuk menjelajahi Indiana. 


7. Before Sunset (2004)


(Trilogi Before yang mengisahkan perpisahan dan pertemuan yang memantik perasaan penontonnya. Foto: Dok. 3suggestive3/Instagram)

Pertemuan tak terduga antara Jesse Wallace (Ethan Hawke) dan Celine (Julie Delpy) membawa kembali kenangan lama saat mereka pertama kali berpisah di Stasiun Vienna sembilan tahun yang lalu. Before Sunset ini merupakan Trilogi "Before" milik Richard Linklater dan menjadi sekuel dari Before Sunsrise (1995). Kamu akan disuguhkan dengan adegan dan dialog yang dibangun kedua aktor secara realistis. 

Itu dia tujuh rekomendasi slow burn romance untuk menambah list film romance Barat yang antiboring dan bisa menggunggah perasaanmu. Kira-kira kamu tertarik untuk nonton yang mana nih? 


(Penulis: Zahrah Pricila) 

Life & health