Sex & relationship

5 Cara Bisa Menikmati Hidup Tanpa Romantic Relationship

By : Her World Indonesia - 2024-02-02 20:00:01 5 Cara Bisa Menikmati Hidup Tanpa Romantic Relationship

Banyak yang mengatakan, single life may sting dan kehidupan belum sempurna jika tidak memiliki soulmate. Hal ini tentunya tidak lepas dari stigma bahwa hubungan romantis seringkali dianggap sebagai pelengkap kehidupan yang semua orang harus memilikinya karena memiliki pasangan biasanya menjadi sumber dukungan, pengertian, dan kenyamanan dalam menghadapi tantangan hidup. Tak heran jika banyak orang menginginkan hubungan romantis karena mencari kenyamanan emosional dan keintiman fisik tersebut.


Namun, dibalik gambaran yang indah, sebuah hubungan juga bisa menjadi sumber ketidaknyamanan dan rasa terikat yang berlebihan. Contohnya ketika seseorang merasa kehilangan identitasnya karena terlalu banyak menyesuaikan diri dengan pasangan. Mereka bisa mengorbankan minat, hobi, atau aspirasi pribadi mereka demi memenuhi keinginan pasangan. Selain itu, konflik dan pertengkaran juga bisa menghasilkan stres, kecemasan, dan tekanan untuk selalu menyenangkan pasangan atau menjaga hubungan tetap harmonis bisa menjadi beban yang berat.


Oleh karena itu, memilih untuk hidup lajang atau single tanpa memiliki hubungan romantis bukanlah pilihan yang salah. Dalam keadaan seperti ini, seseorang memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi minat dan hobi, fokus pada pengembangan diri sendiri, baik secara pribadi maupun profesional. Hidup sendiri juga memberikan kebebasan untuk menetapkan tujuan hidup dan mengejar impian tanpa harus berkompromi dengan kebutuhan atau keinginan pasangan.


Lebih dari itu, menjadi single tidak berarti kesepian atau terisolasi. Seseorang masih dapat menikmati hubungan yang bermakna dengan teman, keluarga, dan komunitas yang mendukung. Her World telah merangkum lima cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas hidup kamu dan menjadi lebih bahagia. 


1. Meluangkan waktu untuk hobi


Mewarnai, melukis, hingga menjahit? Kamu bebas melakukannya tanpa terikat dengan waktu dan menjadi awalan yang baik untuk mengenal diri kamu lebih jauh. Memberikan lebih banyak waktu untuk memenuhi hobi kamu bisa menjadi salah satu cara efektif untuk membuat kamu lebih bisa menikmati hidup dan menemukan kegembiraan dalam pencapaian pribadi tanpa memerlukan kehadiran pasangan romantis. Ini menciptakan ruang bagi kreativitas dan penemuan diri yang dapat menyejahterakan kehidupan kamu.


2. Bertemu lebih banyak sudut pandang


Saat kamu memiliki waktu lebih banyak untuk dirimu sendiri, tanpa sadar hal ini memberikan kamu kesempatan untuk bertemu dan mengenal lebih banyak orang tanpa khawatir adanya rasa cemburu atau perasaan tidak enak lainnya. Kamu bisa mengenal banyak orang dalam ruang dan pendekatan yang lebih beragam. Hal ini tentunya bisa menguntungkan kamu to achieve knowledge, dan belajar dari berbagai sudut pandang.


(Baca juga: Mengenal 'Social Media Diet': Detoks Diri Dari Internet)


3. Fokus dengan perkembangan pribadi


Sarah Regan, Spirituality & Relationships Editor pernah mengatakan, “Being single makes room for a person to learn more about themselves,”  yang memang benar adanya. Menjadi lajang memberikan kamu banyak kesempatan untuk mencoba dan terlibat dengan banyak hal tanpa khawatir akan ikatan yang kamu miliki dengan seseorang. Hal ini membuat kamu juga memiliki kesempatan yang sama luasnya untuk melihat diri kamu dari berbagai sudut pandang yang bisa meningkatkan kualitas kehidupan kamu.


4. Melakukan traveling


Traveling tidak heran lagi menjadi cara ampuh untuk memperluas koneksi sekaligus ruang yang paling nyaman untuk memberikan jeda atas kehidupan. Melalui traveling kamu bisa belajar penuh dengan menjelajahi tempat-tempat baru, bertemu dengan budaya baru, dan mengeksplorasi tempat tersebut sesuai keinginan kamu tanpa harus mempertimbangkan keinginan atau preferensi orang lain. Selain itu, traveling juga mampu membuat kamu lebih mandiri dan percaya diri karena hal ini melatih kamu untuk mengatasi tantangan dan memecahkan masalah secara independen.


(Baca juga: Intip 5 Kota di Asia Yang Cocok Untuk Solo Traveling)


5. Bertanggung jawab secara finansial


Tak bisa dipungkiri bahwa menjadi lajang atau single juga efektif untuk meningkatkan kualitas keuangan dan membantu kamu menjaga stabilitas finansial. Salah satu faktor pentingnya adalah kamu bisa membuat keputusan finansial tanpa harus berkompromi dengan kebutuhan atau keinginan pasangan. Dengan demikian, kamu bisa memastikan alokasi penghasilan lebih efisien, untuk kebutuhan pribadi. Lebih lagi, menjadi single juga dapat mengurangi risiko terkait dengan tanggung jawab finansial yang terbagi, seperti utang bersama atau biaya hidup yang lebih tinggi. Dengan menjaga stabilitas keuangan, seseorang dapat membangun fondasi yang kuat untuk masa depan yang lebih aman dan sejahtera secara finansial.


Overall, sementara hubungan romantis menawarkan banyak keuntungan, memilih untuk hidup sendiri tanpa ketergantungan pada hubungan romantis juga merupakan pilihan yang valid. Hidup lajang atau single memberikan kebebasan untuk mengeksplorasi diri, mengejar impian pribadi, dan menikmati hubungan sosial yang beragam. Terpenting adalah menjalani hidup dengan penuh tanggung jawab, kesadaran, dan kepuasan terhadap setiap pilihan yang dibuat.


(Penulis: Adila Firani)

Sex & relationship