Life & health

Ini Investasi Terbaik bagi Wanita, Penasaran?

By : Her World Indonesia - 2024-03-22 12:00:01 Ini Investasi Terbaik bagi Wanita, Penasaran?

Dalam dunia yang terus berubah dan berkembang, wanita sering dihadapkan pada berbagai pilihan investasi. Investasi dalam saham, properti, atau bisnis seringkali menjadi fokus utama. Namun, di antara semua opsi tersebut, satu investasi yang masih banyak diabaikan, tetapi sangat penting dan berharga adalah investasi terhadap kesehatan terutama organ reproduksi.


Organ reproduksi merupakan bagian penting dari tubuh wanita sekaligus pijakan penting bagi kelangsungan hidup manusia secara keseluruhan. Kesehatan reproduksi memainkan peran kunci untuk menjamin kualitas hidup yang optimal, terutama bagi wanita. Merawat organ reproduksi memungkinkan wanita untuk mempertahankan keseimbangan hormonal, mencegah gangguan reproduksi, serta meminimalkan risiko penyakit serius seperti kanker ovarium dan kanker serviks.


Kamu perlu tahu bahwa salah satu masalah serius yang banyak dihadapi wanita Indonesia adalah kanker serviks. Kanker jenis ini dapat berkembang secara diam-diam tanpa gejala yang jelas pada tahap awal sehingga seringkali terdeteksi pada tahap lanjut yang sulit diobati. Saat ini, kanker serviks menempati posisi kanker tertinggi ke-2 di Indonesia dengan tingkat kematian yang tinggi karena biasanya mayoritas kanker serviks terdiagnosis saat sudah stadium lanjut. Secara menyeluruh, kamu juga harus menyadari sejak dini bahwa kanker serviks tidak hanya akan merusak kesehatan tubuh kamu, tetapi juga mengganggu kualitas hidup kamu secara sosial dan ekonomi. 


Dengan banyaknya pasien kanker serviks yang baru menjalankan perawatan setelah terdeteksi pada tahap yang lebih lanjut, hal ini menunjukkan jika kepedulian dan pencegahan harus dilakukan sedini mungkin dan ini juga menjadi peluang investasi terbaik bagi kamu untuk masa depan. Dr. dr. Tricia Dewi Anggraeni, SpOG(K) Subsp.Onk, Dokter Spesialis Obgyn Subspesialis Ginekologi Onkologi dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan mengemukakan, “Ketika seseorang menderita kanker serviks, ia akan menjalani serangkaian langkah perawatan untuk menangani kanker yang ia derita, dan kita semua tahu bahwa penanganan kanker membutuhkan waktu, proses yang panjang, dan dengan biaya yang tidak sedikit. Namun hal ini bisa kita cegah sedini mungkin dengan melakukan skrining,” paparnya. 


(Baca juga: Ini Pentingnya Support System dalam Menjaga Kesehatan Mental)


Melakukan skrining menjadi salah satu langkah efektif untuk memulai investasi kesehatan organ reproduksi, selanjutnya kamu bisa melakukan tindakan pencegahan lainnya, seperti vaksinasi HPV dan pemeriksaan rutin dengan papsmear atau DNA HPV. Dari sisi sosial dan ekonomi, kamu juga akan melihat dan menyadari bahwa investasi dari sisi ini lebih ramah dan tentunya mengurangi beban finansial kamu dibandingkan ketika terlambat mengetahuinya.


Dr. Tricia Dewi juga melanjutkan jika, “baik vaksin maupun tes skrining akan jauh lebih efisien dan hemat biaya dibandingkan dengan biaya yang harus ditanggung pasien untuk pengobatan kanker serviks stadium lanjut. Deteksi dini melalui skrining memungkinkan pilihan pengobatan yang tidak terlalu banyak dan rumit serta lebih murah, sehingga beban finansial untuk pasien juga jauh lebih sedikit,” hal ini sejalan dengan harga yang kamu keluarkan untuk pencegahan kanker serviks vaksin hanya di kisaran tiga sampai tujuh juta rupiah, tergantung jenis vaksinnya dan untuk papsmear juga hanya di bawah satu juta rupiah.


(Baca juga: 5 Cara Mudah Mencuci Wajah dengan Tepat)


Dokter Spesialis Obgyn Subspesialis Ginekologi Onkologi dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan, dr. Fara Vitantri Diah Candrani, SpOG, K-Onk melengkapi, “Pencegahan kanker serviks ini sebetulnya bisa dibilang investasi jangka panjang untuk kesehatan wanita, apalagi ibu-ibu yang sudah berkeluarga. Kenapa, karena kalau ibu yang sakit, itu pasti dampaknya kena sekeluarga. Suami harus cuti bekerja, anak-anak mungkin akan menjadi tidak terurus dengan baik, dan lain sebagainya.” Oleh karena itu, dengan biaya yang relatif terjangkau sebagai investasi masa depan melakukan tindakan pencegahan kanker serviks menjadi langkah investasi yang cerdas bagi diri sendiri dan keluarga.



(Investasi terbaik adalah saat kamu menyadari pentingnya menjaga kesehatan. Foto: Dok. Freepik)


Jika kamu masih bingung ingin memulainya dari mana, kamu bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan Dokter Tricia, Dokter Fara, atau dokter spesialis Obgyn lainnya yang berpraktik di layanan unggulan Oncology Center Mayapada Hospital yang ada di Jakarta, Tangerang, Bogor, Surabaya, dan Bandung. Melakukan investasi untuk masa depan yang lebih baik tentunya juga harus dilakukan bersama ahli yang berkualitas. 


(Penulis: Adila Firani)


Life & health