Life & health

5 Essensial Kit yang Perlu Kamu Siapkan Untuk Lari Pagi

By : Her World Indonesia - 2024-03-22 16:10:02 5 Essensial Kit yang Perlu Kamu Siapkan Untuk Lari Pagi

Lari pagi telah menjadi kebiasaan yang diakui secara global sebagai salah satu olahraga dan aktivitas pagi yang sangat baik untuk kesehatan, terutama bagi kamu yang masih muda. Aktivitas ini tidak hanya memberikan manfaat fisik yang signifikan, tetapi juga memberikan dampak positif pada kesejahteraan mental dan emosional kamu, investasi terbaik untuk periode yang lebih panjang. Berlari di pagi hari menawarkan kesempatan untuk memulai rutinitas kamu dengan energi yang segar sehingga membawa dampak yang baik juga untuk tubuh dan pikiran kamu.


Kamu bisa melakukan lari pagi dapat setiap hari sebelum memulai aktivitas rutin. Namun, bagi mereka yang memiliki jadwal yang padat, lari pagi dapat dijadwalkan tiga hingga lima kali dalam seminggu dan tentunya penting untuk menjaga konsistensi.


Manfaat lari pagi termasuk menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi risiko penyakit kronis lainnya. Selain itu, lari pagi juga meningkatkan kebugaran fisik secara keseluruhan dengan membantu membakar kalori, meningkatkan stamina, termasuk menguatkan otot.


Aspek kesehatan mental juga mendapat manfaat dari lari pagi. Aktivitas ini dalam banyak penelitian terbukti membantu mengurangi stres, kecemasan, dan depresi karena melepaskan endorfin, hormon yang meningkatkan suasana hati dan mengurangi rasa sakit. Selain itu, lari pagi juga dapat membantu mengatur pola tidur dengan membantu individu merasa lebih rileks dan tidur lebih nyenyak di malam hari.


(Baca juga: 3 Cara Tepat Memilih Sepatu Olahraga Bagi Wanita)


Bagi kamu yang masih bingung ingin memulainya, Her World telah merangkum lima tips yang perlu kamu siapkan untuk lari pagi yang menyegarkan. Simak berikut ini.


1. Tidur Lebih Cepat


(Tidur cepat dan cukup membantu tubuh kamu bersiap lari pagi. Foto: Dok. Miriam Alonso/Pexels)


Tidur adalah kunci utama untuk mempersiapkan tubuh kamu memulai lari pagi yang produktif. Sebelum memulai kegiatan lari pagi, pastikan kamu mendapatkan tidur yang cukup malam sebelumnya. Coba untuk tidur lebih cepat agar kamu mendapatkan setidaknya 7-8 jam tidur yang berkualitas. Ini akan membantu tubuh kamu memulihkan energi yang diperlukan untuk lari pagi dan rutinitas selanjutnya secara efektif. 


2. Tentukan Area Lari Kamu


(Tidur cepat dan cukup membantu tubuh kamu bersiap lari pagi. Foto: Dok. Freepik)


Sering dianggap remeh, tetapi persiapan ini penting untuk kamu lakukan. Pilihlah area lari yang sesuai dengan preferensi dan kenyamanan kamu. Entah kamu lebih suka berlari di taman, jalan setapak, atau trek lari, pilih sesuai motivasi kamu karena dengan memilih area lari yang tepat, kamu bisa merasa lebih termotivasi untuk berlari secara teratur.


3. Siapkan Pakaian Olahraga Andalan Kamu


(Pastikan memilih pakaian olahraga yang nyaman. Foto: Dok. Cottonbro Studio/Pexels)


Pakaian olahraga yang nyaman dan sesuai dengan cuaca sangat penting untuk membuat lari pagi kamu lebih nyaman dan menyenangkan. Pilihlah pakaian yang terbuat dari bahan yang dapat menyerap keringat dan memungkinkan sirkulasi udara yang baik. Pastikan juga kamu memiliki sepatu lari yang sesuai dan nyaman untuk melindungi kaki kamu dari cidera.


(Baca juga: 7 Cara Mudah Mengatasi Insomnia, Penasaran?)


4. Pilih Menu Sarapan yang Ringan


(Jangan sampai perut kamu kosong begitu saja sebelum lari pagi. Foto: Dok. Pexels)


Sarapan adalah kunci untuk memberikan energi yang diperlukan bagi tubuh kamu sebelum lari pagi. Namun, hindari makanan yang terlalu berat atau berlemak yang bisa bikin kamu merasa lemas saat berlari. Pilihlah menu sarapan yang ringan dan mudah dicerna seperti oatmeal, buah segar, yogurt, atau smoothie buah-buahan dan sayur. Menu sarapan seperti ini akan memberikan energi yang cukup bagi kamu untuk pergi lari pagi tanpa membuat perut kamu terasa kenyang dan berat.


5. Siapkan Tumblr Kamu


(Menjaga tubuh tetap terhidrasi selama lari pagi juga penting. Foto: Dok. Freepik)


Satu lagi yang sering dianggap remeh, jangan lupa membawa air minum kamu ya untuk lari pagi. Membawa air minum yang cukup saat berlari pagi artinya kamu sadar untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi agar dapat berfungsi secara optimal saat berolahraga. Siapkan tumblr atau botol air minum yang kamu sukai sebelum berangkat, dan pastikan untuk minum air secukupnya terlebih dahulu. Dengan memastikan tubuh kamu sudah terhidrasi dengan baik, kamu akan merasa lebih segar dan dapat menjaga stamina selama lari pagi.


Dengan menerapkan tips-tips ini, kamu akan siap menghadapi lari pagi dengan semangat dan kesegaran yang optimal. Jangan lupa untuk konsisten dan menyesuaikan ritme tubuh dengan pola lari pagi. Selamat berlari, dan nikmati manfaat kesehatan yang akan kamu dapatkan!


(Penulis: Adila Firani)


Life & health