Food & travel

Ini Dia, 3 Camilan Buka Puasa Yang Gampang Dibuat

By : Her World Indonesia - 2024-03-19 15:00:01 Ini Dia, 3 Camilan Buka Puasa Yang Gampang Dibuat

Berbuka puasa adalah momen yang ditunggu-tunggu setiap umat Islam di seluruh dunia. Setelah puas seharian penuh, saatnya menikmati hidangan lezat sebagai pembuka sebelum melanjutkan makanan utama.


Salah satu pilihan yang populer adalah camilan kering yang tidak membuat perut terlalu kenyang, sehingga kamu tetap bisa menikmati hidangan utama dengan leluasa.


Berikut adalah beberapa menu berbuka puasa yang bisa kamu pilih, termasuk camilan-camilan kering yang lezat.


1. Bakwan sayur


(Bakwan sayur yang enak untuk buka puasa. Foto: Dok. Gohana Navra/Instagram)


Bakwan sayur adalah camilan yang cocok untuk berbuka puasa karena rasanya yang gurih dan cara penyajiannya yang praktis. Berikut adalah resep sederhana untuk membuat bakwan sayur.


Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan diantaranya adalah tepung terigu, air, kol, wortel, jagung, telur, daun bawang, bumbu penyedap, dan minyak untuk menggorengnya.


Setelah semua bahan sudah siap, langkah yang bisa kamu lakukan adalah mencampurkan tepung terigu, telur, dan sayuran (pastikan kamu sudah mencuci dan memotongnya sesuai ukuran yang kamu mau). Kemudian tambahkan bumbu penyedap seperti garam atau masako dan air, aduk hingga rata dan mengental. Sembari mengaduk, siapkan minyak di wajan dan panaskan dengan api sedang.


Ketika minyak sudah panas, kamu hanya perlu memasukan adonan tadi ke dalam wajan sesuai besaran yang kamu inginkan. Aduk merata hingga warnanya kecoklatan dan tiriskan. Mudah bukan?


(Baca juga: 5 Ide Aktivitas Buka Puasa Bareng Pasangan, Gemas!)


2. Pisang goreng


(Pisang goreng yang enak untuk buka puasa. Foto: Dok. Sweecoks/Instagram)


Siapa disini yang paling suka menu berbuka dengan olahan pisang? Buah yang manis dan mudah diolah menjadi makanan atau camilan apapun ini memang menjadi pilihan banyak orang. Berikut ini resep andalan pisang goreng yang bisa kamu coba untuk menu buka puasa di rumah.


Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan antara lain, pisang (pastikan sudah mengupas dan memotongnya sesuai yang kamu inginkan), tepung terigu, air, minyak, dan penyedap rasa. 


Siapkan wadah yang cukup kemudian tuangkan tepung terigu dan air juga penyedap rasa, aduk hingga berbentuk adonan yang kental. panaskan minyak di wajan. Kemudian, oleskan potongan pisang yang sudah kamu siapkan ke dalam adonan tadi dan goreng ke dalam minyak dengan api sedang. Ulangi prosesnya hingga potongan pisang habis, tunggu gorengan hingga berwarna keemasan, angkat dan tiriskan! Yes, pisang goreng kamu sudah bisa dinikmati.


3. Bakso bakar


(Bakso bakar yang enak untuk buka puasa. Foto: Dok. MasakTV/YouTube)


Bakso bakar adalah salah satu variasi unik dari bakso, hidangan khas Indonesia yang telah menjadi favorit banyak orang. Meskipun bakso biasanya dimasak dalam kuah panas, bakso bakar memberikan sentuhan baru dengan cara memanggangnya di atas bara api, memberikan aroma dan cita rasa yang khas, cocok untuk menjadi pilihan camilan buka puasa kamu. Intip resep mudah membuatnya di bawah ini.


Bahan-bahan yang kamu butuhkan antara lain bakso siap pakai (kamu bisa membelinya di toko atau pasar), sambal kecap (bisa dibuat sendiri atau beli siap pakai), tusuk sate, dan minyak yang sudah dicampur dengan potongan bawang putih agar lebih wangi.


Setelah semua bahan siap, kamu hanya perlu menyiapkan alat panggang untuk membakar bakso, susun bakso seperti sate sesuai selera kamu, jangan lupa rendam tusuk sate ke dalam air terlebih dahulu agar tidak mudah terbakar, dan oleskan minyak yang sudah tercampur dengan irisan bawang putih ke bakso yang sudah dibentuk seperti sate tersebut. Tinggal bakar sesuai takaran yang kamu inginkan.


(Baca juga: Ini Dia, 5 Manfaat Puasa Untuk Kesehatan)


Makanan camilan kering seperti bakwan sayur, pisang goreng, dan bakso bakar adalah pilihan yang tepat untuk berbuka puasa karena rasanya yang lezat dan tidak membuat perut terlalu kenyang. Selamat mencoba membuatnya dan selamat menikmati berbuka puasa bersama keluarga dan teman-teman!


(Penulis: Adila Firani)

Food & travel