Food & travel

5 Kota di Indonesia yang Terkenal Kulinernya

By : Her World Indonesia - 2024-03-01 16:00:02 5 Kota di Indonesia yang Terkenal Kulinernya

Indonesia dikenal sebagai surga bagi para pencinta kuliner di seluruh dunia. Keberagaman budaya yang dimiliki negeri ini tercermin dalam kekayaan kuliner yang luar biasa. Dari Sabang hingga Merauke, setiap daerah di Indonesia memiliki keunikan rasa dan cita rasa yang memikat. Dari santapan khas Jawa yang kaya rempah hingga hidangan laut segar dari Maluku, Indonesia akan memanjakan lidah siapa pun yang datang berkunjung.


Ada beberapa alasan yang menjadikan Indonesia kaya akan kuliner. Pertama, letak geografis Indonesia yang terletak di antara dua benua dan dua samudera membuatnya menjadi tempat bertemunya berbagai budaya. Sejak dahulu kala, Indonesia menjadi pusat perdagangan rempah-rempah dan bahan makanan dari berbagai penjuru dunia. Hal ini memperkaya berbagai bumbu dan teknik memasak yang digunakan dalam masakan Indonesia.


Selain itu, keberagaman etnis dan budaya di Indonesia juga menjadi faktor penting dalam menciptakan kekayaan kuliner. Setiap suku dan daerah memiliki tradisi masakan tersendiri yang diwariskan secara turun-temurun. Dari rendang yang pedas dan gurih hingga es teler yang segar di mulut, setiap hidangan mencerminkan keunikan dan kekayaan budaya lokal. Berikut ini lima kota di Indonesia yang terkenal akan kuliner lokalnya.


1. Padang


(Padang memiliki beragam kuliner yang menarik. Foto: Dok. El Mundo/Pexels)


Padang, kota yang terletak di provinsi Sumatera Barat merupakan destinasi kuliner yang wajib kamu kunjungi di Indonesia. Kota ini menawarkan banyak hidangan khasnya yang lezat dan memiliki cita rasa yang khas. Oleh karena itu, Padang telah menjadi pusat kuliner yang diminati baik oleh masyarakat lokal maupun wisatawan dari berbagai belahan dunia.


Salah satu ciri khas kuliner di sini yaitu kaya akan rempah dan bumbu, dengan citarasa yang pedas dan gurih. Rendang, salah satu hidangan khas Padang yang paling terkenal di seluruh dunia. Selain itu, ada pula gulai, dendeng balado, sampai Katupek Pitalah, berisi potongan ketupat yang disiram dengan kuah kuning berisi nangka dan rebung. Serta, berbagai hidangan lainnya yang menjadi favorit di meja makan di seluruh Indonesia.


(Baca juga: Intip 5 Kota di Asia Yang Cocok Untuk Solo Traveling)


2. Yogyakarta


(Yogyakarta memiliki beragam kuliner yang menarik. Foto: Dok. Padma Resort/Website)


Daerah Istimewa Yogyakarta atau DIY, atau yang sering disingkat Jogja adalah salah satu kota budaya yang terkenal di Indonesia sekaligus tempatnya para pecinta kuliner. Kota ini tidak hanya menawarkan keindahan sejarah dan budaya, tetapi juga menyajikan beragam kuliner lezat yang menggugah selera.


Salah satunya adalah Malioboro. Sepanjang jalan ini, kamu akan menemukan berbagai penjual makanan kuliner khas seperti gudeg, berbagai jenis sate, brongkos, mi lethek, mangut lele, sampai tiwul, dan berbagai jajanan tradisional lainnya. Kemudian, ada pula Kotagede yang terkenal dengan hidangan khasnya, seperti nasi lemak, ayam goreng, dan soto ayam. Selain itu, Bantul dengan berbagai makanan ringan tradisional seperti geblek, cenil, dan jenang grendul di sini.


Dengan beragamnya hidangan khas dan variasi kuliner yang ditawarkan di setiap daerahnya, Yogyakarta memang pantas dijuluki sebagai salah satu kota kuliner terbaik di Indonesia.


3. Makassar


(Makassar memiliki beragam kuliner yang menarik. Foto: Dok. Yohanes Setiyanto/Shutterstock)


Makassar merupakan ibu kota Sulawesi Selatan telah lama dikenal sebagai destinasi kuliner yang tak boleh dilewatkan bagi para pecinta makanan di Indonesia dan mancanegara. Kota ini terkenal dengan hidangan laut segar dan kaya rempah, yang memikat lidah siapapun yang mencobanya.


Salah satu tempat kuliner terkenal di Makassar adalah Pantai Losari, yang terkenal dengan warung-warung seafoodnya yang menawarkan berbagai hidangan laut segar seperti ikan bakar, udang goreng, kepiting saus Padang, dan masih banyak lagi. Pengunjung dapat menikmati hidangan lezat sambil menikmati pemandangan matahari terbenam yang memukau di tepi pantai.


Selain itu, Makassar jelas memiliki andalan menu lainnya seperti Coto Makassar adalah hidangan berkuah dari bahan dasar daging dan juga jeroan sapi yang dibumbui dengan berbagai macam rempah. Kemudian ada sop konro, pallubasa, barongko, gogoso, sampai es pisang ijo. Dengan beragamnya hidangan lezat, Makassar adalah surga bagi para pecinta kuliner yang ingin menikmati pengalaman makan yang autentik dan tak terlupakan di Indonesia.


4. Palembang


(Palembang memiliki beragam kuliner yang menarik. Foto: Dok. Pexels)


Palembang, ibu kota Provinsi Sumatera Selatan, adalah salah satu kota kuliner terbaik di Indonesia yang menawarkan kekayaan rasa dan keunikan masakan tradisional yang dipengaruhi keragaman budaya dalam berbagai cita rasa. Salah satu menu terkenal yang berasal dari Palembang adalah Pempek. Pempek terbuat dari campuran daging ikan yang digiling halus, tepung sagu, dan beberapa bumbu lainnya, kemudian dibentuk menjadi berbagai varian seperti kapal selam, lenjer, atau ada-ada, yang kemudian direbus atau digoreng. Pempek biasanya disajikan dengan kuah cuko yang asam manis dan irisan telur rebus.


Selanjutnya, Tekwan juga merupakan hidangan khas Palembang yang terbuat dari bola-bola ikan yang dimasak dalam kuah kaldu ikan dengan tambahan irisan jamur, tauge, daun bawang, dan mie kuning. Tidak ketinggalan, ada Laksa Palembang juga menjadi salah satu hidangan ikonik dari kota ini. Dengan kelezatan dan keunikannya, kuliner Palembang memang layak dijuluki sebagai bagian penting dari kekayaan kuliner Indonesia.


(Baca juga: Hidden Gem! Ini 5 Negara yang Paling Jarang Dikunjungi)


5. Bandung


(Bandung memiliki beragam kuliner yang menarik. Foto: Dok. Freepik)


Bandung, kota yang dikenal dengan julukan “Paris van Java” dan terletak di Provinsi Jawa Barat ini nyata tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, tetapi juga dengan beragam kuliner lezat yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.


Salah satu tempat kuliner terkenal di Bandung adalah Jalan Braga. Sepanjang jalan ini, kamu akan menemukan berbagai kafe, restoran, dan kedai kopi yang menawarkan berbagai macam makanan dan minuman lezat. Selain itu, Jalan Cihampelas juga menjadi destinasi favorit bagi para pecinta kuliner, terutama untuk menikmati berbagai jenis makanan ringan dan camilan khas seperti batagor, baso tahu, dan seblak, dan cireng!


Kuliner Bandung sangat beragam, mulai dari Mie Kocok, Lotek, Cuanki, aneka olahan aci, Surabi, sampai dengan Combro dan Misro. Bersama banyaknya hidangan lezat dan tempat makan yang tersedia, Bandung adalah destinasi kuliner yang sempurna bagi para pecinta makanan.


Dengan hidangan-hidangan lezat yang berasal dari berbagai daerah, Indonesia tetap menjadi destinasi utama bagi para pecinta kuliner yang ingin menjelajahi kekayaan masakan lokal yang luar biasa. Dari lima kota kuliner di Indonesia ini, kota mana yang belum kamu kunjungi? 


(Penulis: Adila Firani)


Food & travel