Hair & beauty

Area Wajah Yang Wajib di-Touch Up Ketika Dengan Makeup

By : Her World Indonesia - 2024-02-15 19:00:01 Area Wajah Yang Wajib di-Touch Up Ketika Dengan Makeup

Mungkin menggunakan makeup telah menjadi rutinitas harian bagi banyak orang, tidak hanya sebagai alat untuk meningkatkan penampilan, tetapi juga sebagai cara untuk mengekspresikan diri dan merasa lebih percaya diri. Namun, seringkali banyak orang merasa bahwa makeup yang digunakan di pagi hari tidak lagi terlihat segar saat tiba di tengah hari. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kondisi cuaca, aktivitas fisik, atau bahkan kualitas produk makeup itu sendiri. Untuk mengatasi masalah ini, banyak wanita memilih untuk membawa rangkaian makeup untuk touch up di tengah hari.


Kamu perlu tahu jika salah satu alasan utama mengapa makeup tidak terlihat segar sepanjang hari adalah karena paparan lingkungan eksternal. Misalnya, udara kering atau panas dapat membuat makeup menjadi kusam dan tidak menempel dengan baik pada kulit. Selain itu, aktivitas fisik yang meningkat dapat menyebabkan keringat, yang dapat membuat makeup menjadi luntur dan tidak rapi. Oleh karena itu, touch up makeup menjadi penting untuk memastikan penampilan tetap flawless dan on point sepanjang hari.


Lebih dari itu, melakukan touch up makeup juga memungkinkan kamu untuk menciptakan makeup look baru menyesuaikan dengan situasi atau acara yang selanjutnya kamu hadiri. Misalnya, ketika kamu harus menghadiri pertemuan penting pada malam hari setelah bekerja, touch up makeup dapat membantu kamu untuk mengubah tampilan siang hari menjadi tampilan yang lebih sesuai dengan kebutuhan. 


Agar kamu tidak perlu mengulang makeup kamu secara keseluruhan, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah membersihkan wajah kamu dari minyak-minyak yang menempel agar makeup selanjutnya akan tetap sampai di kulit wajah kamu tanpa ada gangguan dari minyak atau debu-debu yang menempel. Kamu bisa menggunakan blotting papers ataupun face roll untuk mengangkat minyak dan debu yang menempel. Kemudian, Her Word juga sudah merangkum tiga area wajah yang wajib kamu touch up. 


1. T-Zone


(Area T Zone dikenal memiliki minyak lebih banyak dari area wajah lainnya. Foto: Dok. Freepik)


T-Zone area terdiri dari dahi, hidung, dan dagu dikenal sebagai bagian wajah yang memproduksi lebih banyak minyak dibandingkan dengan area lainnya. Hal ini disebabkan oleh konsentrasi kelenjar sebaceous yang lebih tinggi di daerah tersebut. Kelenjar sebaceous bertanggung jawab untuk memproduksi sebum, minyak alami yang menjaga kelembaban dan keseimbangan kulit. Oleh karena itu, kamu bisa menambahkan sedikit makeup untuk membuatnya tetap terlihat paripurna di acara selanjutnya.


(Baca juga: Catat! Ini 9 Alat Makeup yang Wajib Punya untuk Pemula)


2. Bibir


(Bibir menjadi salah satu area yang akan menentukan look kamu. Foto: Dok. Freepik)


Bibir merupakan salah satu penentu utama dalam tampilan makeup kamu. Untuk menjaga penampilan yang segar, sentuhan pada bibir sangatlah penting. Dengan merapikan atau menambahkan sentuhan lipstik, kamu dapat memperbaharui tampilan secara keseluruhan dan meningkatkan kepercayaan diri, sehingga memerhatikan dan melakukan touch up secara berkala kepada bibir merupakan hal yang tidak dapat diabaikan dalam rutinitas.


3. Bulu Mata


(Memberikan touch up pada area bulu mata dapat membuat mata kamu terlihat lebih segar. Foto: Dok. Freepik)


Memberikan touch up pada area bulu mata dengan maskara dapat memberikan sentuhan terakhir yang membuat riasan terlihat lebih sempurna. Maskara memberikan dimensi pada bulu mata, mengangkat mata, dan menambahkan intensitas pada tampilan keseluruhan. Namun, selama sehari, maskara dapat menggumpal atau luntur. Dengan melakukan touch up pada maskara, kamu dapat menghilangkan gumpalan dan memperbaharui intensitas warna, sehingga memastikan bahwa mata tetap menjadi fokus utama dalam tampilan makeup. Oleh karena itu, touch up pada maskara merupakan langkah kecil yang penting untuk mencapai tampilan riasan yang sempurna.


(Baca juga: 8 Tips Makeup Tahan Lama Meski Pakai Masker Seharian)


Dengan demikian, kamu tidak perlu salah lagi saat melakukan touch up di tempat umum atau dimanapun, kamu bisa memaksimalkan penampilan sepanjang hari.


(Penulis: Adila Firani)

Hair & beauty