Hair & beauty

Ini 4 Cara Mengatasi Kulit Mengelupas, Wajib Tahu!

By : Her World Indonesia - 2024-01-31 14:00:01 Ini 4 Cara Mengatasi Kulit Mengelupas, Wajib Tahu!

Memiliki kulit wajah yang sehat dan ternutrisi dengan baik memang impian dari banyak orang. Tentunya untuk memiliki kulit wajah yang diimpikan tidak semua orang dapat dengan mudah memilikinya. Setiap orang memiliki karakter atau sifat kulit yang berbeda-beda, yang menjadikan perawatan dan nutrisi yang dibutuhkan juga berbeda-beda.


Kondisi kulit bagi setiap orang dapat beragam, salah satunya adalah kulit wajah yang mengelupas. Kulit wajah yang mengelupas dapat disebabkan berbagai faktor. Namun, pada dasarnya kulit wajah yang mengelupas adalah proses alami dari tubuh kamu untuk melepaskan lapisan kulit mati. 


Tentunya ada faktor lainnya seperti kulit wajah yang kering, terkena paparan sinar matahari, menggunakan obat jerawat yang mengandung retinol, hipotiroidisme, alergi, atau masalah kulit lainnya. Berikut cara mengatasi kulit wajah yang mengelupas. yuk, simak!


1. Moisturizer


Moisturizer atau pelembap wajah dapat mengatasi kulit wajah yang mengelupas. Seperti yang sudah diterangkan di atas, penyebab kulit wajah salah satunya adalah kulit yang kering. Maka dari itu, penggunaan pelembap wajah dapat membantu kulit kamu lebih terjaga kelembapannya. 


2. Sunscreen


(Sunscreen facetology sedang digemari. Foto: Dok. Facetology/Instagram)


Paparan sinar matahari langsung tidak begitu baik bagi kulit kamu. Gunakan sunscreen atau tabir surya setiap harinya untuk menjaga kulit kamu dari sinar UV. Meskipun langit terlihat gelap, mendung, bahkan hujan, hal ini bukan pengecualian kamu untuk tidak menggunakan sunscreen. Langit yang gelap dan mendung, tidak mengartikan bahwa kamu aman dari sinar UV. 


3. Hindari bahan aktif pada skincare


Ketika menggunakan atau memilih produk skincare untuk kulit yang sedang mengelupas, hindari skincare yang terdapat bahan aktif, seperti AHA (alpha hydroxy acid). Benzoyl peroxide, dan retinol. Bahan aktif yang terkandung pada skincare dapat memperparah kondisi kulit kamu. Selain itu, pilihlah sabun cuci muka yang tidak mengandung parfum karena akan membuat kulit kamu semakin kering hingga mengelupas. Pilih sabun muka dengan kandungan yang lembut agar tidak menghilangkan minyak alami di wajahmu. 


(Baca Juga: Tidak Perlu Bingung Lagi, CeraVe Kini Hadir di Indonesia!)


4. Hindari menggosok kulit dengan handuk


(bedakan anduk untuk rambut, tubuh, dan wajah. Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)

Banyak orang mengeringkan muka dan tubuh dengan cara menggosokkannya, sebenarnya gesekan antara handuk dan kulit dapat memperparah kulit yang mengelupas. Sebaiknya, tepuk-tepuk handuk ke kulit secara perlahan dan bedakan handuk tubuh dan handuk muka.


(Baca Juga: Belang Atau Tak Sama? Ini Penyebab Warna Kulit Tidak Merata)


Itu dia cara mengatasi kulit wajah yang mengelupas, kenali terlebih dahulu karakter kulit kamu lalu sesuaikan cara untuk mengatasinya. Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh kamu dengan minum air putih. Minum air putih juga bisa menghindari kulit mengelupas, lho!



(Penulis: Nada Kamiliya)


Hair & beauty