Hair & beauty

7 Teknik Pewarnaan Rambut di Rumah, Untuk Hasil Maksimal!

By : Her World Indonesia - 2024-01-18 15:00:02 7 Teknik Pewarnaan Rambut di Rumah, Untuk Hasil Maksimal!

Mewarnai rambut tidak lagi hanya menjadi aktivitas yang dilakukan di salon kecantikan. Semakin banyak orang yang tertarik untuk mengeksplorasi kemampuan mewarnai rambut secara mandiri di rumah. Selain memberikan kebebasan kreatif, mengetahui teknik mewarnai rambut sendiri juga dapat memberikan berbagai manfaat lainnya.


Salah satu keuntungan utama dari mewarnai rambut sendiri adalah kemampuan untuk menghemat waktu dan uang. Kunjungan ke salon kecantikan untuk mewarnai rambut dapat memakan biaya yang cukup besar, terutama jika warna rambut perlu di-maintain secara berkala. Dengan mengetahui teknik mewarnai rambut secara mandiri, seseorang dapat menghemat biaya dan meluangkan waktu lebih bebas sesuai keinginan kamu tanpa harus mengikuti jadwal salon.


Lebih dari itu, mewarnai rambut secara mandiri bisa memberikan kesempatan untuk mengeksplorasi warna-warna yang berbeda sesuai keinginan pribadi. Namun, sekalipun mewarnai rambut sendiri dapat memberikan banyak manfaat, penting untuk memahami teknik yang tepat, serta pemahaman tentang proses aplikasinya. Karena kesalahan dalam mewarnai rambut dapat mengakibatkan hasil yang tidak diinginkan, seperti warna yang tidak merata atau kerusakan pada rambut.


Dengan demikian, Her World akan membantu kamu mengenali teknik yang tepat untuk mewarnai rambut secara mandiri agar hasilnya memuaskan. 


1. Periksa kondisi rambut kamu


(Mengecek kondisi rambut kamu adalah langkah awal yang paling penting. Foto: Dok. Moose Photo/Pexels)


Langkah paling awal dan krusial sebelum memutuskan untuk memilih produk apa yang akan digunakan adalah, mengetahui kondisi rambut kamu terlebih dahulu. Rambut yang rusak atau mengalami masalah tertentu mungkin memerlukan perawatan lebih lanjut sebelum proses pewarnaan. Kamu bisa menggunakan kondisioner atau masker rambut dan vitamin terlebih dahulu jika rambutmu sedang tidak dalam kondisi baik, untuk memperbaiki struktur rambut sebelum mewarnai. Tentunya, hal ini juga berfungsi untuk menghindari kerusakan fatal pada rambutmu.


2. Pilih produk yang sesuai


(Menggunakan produk yang tepat dengan kondisi rambutmu akan memberikan hasil yang lebih efektif. Foto: Dok. Cottonbro Studio/Website)


Memilih produk yang sesuai dengan kondisi rambut kamu sangat penting. Perhatikan komposisi produk dan pastikan tidak ada bahan yang dapat menyebabkan iritasi kulit atau kerusakan rambut. Baca ulasan produk dan pilih brand yang terpercaya untuk hasil yang lebih baik.


(Baca juga: 5 Cara Cepat Memanjangkan Rambut)


3. Siapkan semua alat-alat


(Pastikan alat-alat yang dibutuhkan sudah disiapkan sehingga akan membuat proses pewarnaan lebih cepat. Foto: Dok. Shutterstock)


Sebelum memulai proses mewarnai, pastikan semua alat dan bahan yang diperlukan sudah siap. Termasuk sarung tangan, sikat aplikator, mangkuk pewarna, dan handuk khusus. Persiapkan ruang gerak yang nyaman dan mudah dibersihkan untuk menghindari noda pewarna menempel di tempat yang tidak diinginkan.


4. Bagi rambut dalam beberapa bagian


(Hal ini bertujuan agar cat rambut dapat diaplikasikan dengan merata. Foto: Dok. Shutterstock)


Memisahkan rambut ke dalam beberapa bagian memudahkan aplikasi cat rambut secara merata. Kamu bisa gunakan klip rambut untuk menahan setiap bagian agar tidak bercampur dengan bagian lain. Teknik ini juga membantu memastikan bahwa setiap helai rambut terjangkau dengan baik oleh cat rambut tersebut.


5. Aplikasikan cat rambut dengan merata


(Agar hasil yang indah, aplikasikan secara merata sesuai area yang ingin kamu warnai. Foto: Dok. Shutterstock)


Saat mulai mengecat rambut, pastikan untuk mengikuti petunjuk yang tertera pada kemasan. Gunakan sikat aplikator untuk menghindari tumpukan cat rambut yang berlebihan. Mulailah dari bagian akar dan lanjutkan ke ujung rambut, memastikan warna terdistribusi merata dan mencapai hasil yang diinginkan.


(Baca juga: Mencegah Kerusakan, Ini 8 Manfaat Masker Rambut)


6. Bilas cat rambut dengan merata


(Hal ini bertujuan agar cat rambut dapat memberikan warna sesuai dengan yang diharapkan. Foto: Dok. Shutterstock)


Setelah proses pewarnaan selesai, kamu bisa membersihkan sisa cat rambut dengan teliti. Gunakan sampo dan kondisioner khusus pewarna rambut untuk membantu melindungi warna dan mencegah kelebihan pewarnaan. Pastikan tidak ada residu cat yang tertinggal di kulit kepala atau rambut.


7. Tambahkan vitamin


(Hal ini bertujuan agar cat rambut dapat diaplikasikan dengan merata. Foto: Dok. Shutterstock)


Setelah mewarnai rambut, berikan perawatan ekstra. Kamu bisa memberikannya dengan menambahkan vitamin atau serum rambut. Ini membantu menjaga kelembutan dan kesehatan rambut, serta memperpanjang daya tahan warna. Pilih produk-produk yang mengandung vitamin E dan keratin sehingga dapat membantu memperkuat struktur rambut.


Dengan mengikuti langkah-langkah ini, mewarnai rambut secara mandiri dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan, dan optimal. Tetaplah berhati-hati dan teliti untuk mencapai hasil yang memuaskan dan menjaga keindahan rambut.


(Penulis: Adila Firani)

Hair & beauty