Fashion

Tips Memilih Jas Wanita Sesuai Bentuk Tubuh, Cari Tahu Yuk!

By : Her World Indonesia - 2024-01-17 16:00:02 Tips Memilih Jas Wanita Sesuai Bentuk Tubuh, Cari Tahu Yuk!

Jas identik sebagai pakaian pria tapi semakin berkembangnya zaman, jas sering dipakai oleh wanita juga, lhoSaat ini jas sering dipakai oleh wanita baik untuk pakaian ke kantor maupun acara casual seperti bertemu teman atau hanya sekedar jalan-jalan ke pusat perbelanjaan. Jas dapat dipadu padankan dengan berbagai gaya pakaian yang dapat disesuaikan dengan keinginan kamu.


Kamu bisa padu padankan jas menjadi pakaian yang terlihat formal dan juga kasual. Semua itu tergantung bagaimana cara kamu mengkombinasikan jas dengan atribut pakaian lainnya. Namun, sebelum kamu membeli jas, pastikan jas tersebut memiliki cutting-an atau model yang sesuai dengan jenis tubuh kamu. Menggunakan jas yang sesuai dengan bentuk tubuh dapat membuat penampilan kamu makin terlihat menawan. 


Berikut Her World sudah merangkum beberapa tips dalam memilih jas sesuai bentuk tubuh untuk wanita, simak yuk!


1. Bentuk tubuh jam pasir (Hourglass)


Bentuk tubuh jam pasir atau hourglass adalah bentuk tubuh yang memiliki pinggul yang kecil tetapi pada bagian dada dan pinggangnya lebar. Bagi kamu yang memiliki bentuk tubuh jam pasir sangat cocok pakai long dress untuk memperlihatkan bentuk tubuhmu. Long dress yang dipadupadankan dengan jas juga sangat cocok, lho!


Tips memilih jas untuk kamu yang memiliki bentuk tubuh jam pasir adalah fitted atau boxy. Pilih jas yang tidak terlalu panjang agar menunjukan bentuk tubuh kamu dengan sempurna. Gunakan jas dengan ukuran yang pas dengan tubuh kamu, jangan gunakan jas yang longgar atau kamu bisa memilih jas dengan model boxy agar lebih terlihat bentuk pinggang kamu.



2. Bentuk tubuh pir (Pear)  


Bentuk tubuh pir adalah bentuk tubuh yang memiliki pinggul yang besar dan pinggang yang kecil. Seperti namanya, bentuk tubuh ini menyerupai buah pir, lingkar pinggul yang lebih lebar dari lingkar dada dan lingkar bahu. Jika kamu memiliki bentuk tubuh ini, pakaian dengna potongan A-line sangat cocok untuk kamu.


Tipe jas yang cocok jika kamu ingin menutupi bagian pinggul kamu adalah jas yang panjang hingga menutupi bagian atas paha kamu. Sebaliknya, jika kamu ingin tunjukkan pinggul kamu, pilihlah jas yang memiliki potongan yang lebih pendek agar menonjolkan bagian pinggulmu. 


(Baca Juga: Intip Pesona Italia di Butik Baru Bulgari Plaza Indonesia)

3. Bentuk tubuh apel


(Jas tanpa kerah formal. Foto: Dok. Raline Shah/Instagram)


Bentuk tubuh apel memiliki pinggang yang tidak terlalu kentara, sebab bentuk tubuhnya yang nampak bulat dari atas ke bawah dengan bentuk kaki yang cenderung kecil. Pilihlah pakaian yang dapat memberikan kesan terdapat lekuk di pinggang kamu. 


Untuk kamu yang memiliki bentuk tubuh apel, jas tanpa kerah akan lebih baik untuk dikenakan. Banyak sekali pilihan jas tanpa kerah yang tetap menampakan sisi formal. Pilihlah jas tanpa bantalan pada pundak dan berbahan tidak terlalu kaku guna mengurangi kesan volume berlebih pada bagian atas tubuh kamu.


4. Bentuk tubuh lurus


(Jas yang dipakai IU. Foto: Dok. Dlwlrma/Instagram)


Bentuk tubuh lurus adalah ketika kamu memiliki lingkar pinggul dan lingkar dada yang sesuai. Lebar bahu dan pinggul juga memiliki proporsi yang baik. Biasanya bentuk tubuh ini dimiliki oleh super model.


jika kamu memiliki tipe tubuh seperti ini, kamu cocok menggunakan jas dengan model boxy. Model boxy akan mempertegas bahu dan juga pinggul kamu. 


(Baca Juga: 5 Ide Colour Combination yang Cocok Untuk Cream Outfit Kamu!)


5. Bentuk tubuh inverted triangle (segitiga terbalik)


Bentuk tubuh yang cenderung memiliki bahu yang lebar tetapi pinggul yang kecil. Bentuk tubuh ini biasanya memiliki payudara yang lebih besar dan bagian pinggang yang tidak terlalu nampak.


Pilih jas dengan yang menyamarkan bentuk bahu yang lebar. Lebih baik jika bagian lengan bawah lebih lebar untuk menyeimbangkan tubuh bagian bawah yang bervolume. Hindari jas yang memiliki gaya boxy karena dapat membuat bagian atas tubuh kamu terlihat tebal. Selain itu juga hindari bagian lengan yang memiliki model puff sleeve.


itu dia tips memilih jas sesuai body shape kamu, kenali terlebih dahulu bentuk tubuh kamu agar dapat menyesuaikan model pakaian yang kamu ingin kenakan, agar tampil lebih maksimal.



(Penulis: Nada Kamiliya)

Fashion