Life & health

7 Lagu Duet Barat Romantis Terbaik Sepanjang Masa

By : Her World Indonesia - 2024-01-09 18:00:02 7 Lagu Duet Barat Romantis Terbaik Sepanjang Masa

Lagu merupakan ekspresi paling indah dari perasaan manusia yang diwujudkan melalui tulisan, suara, dan melodi. Sebuah lagu juga dianggap sebagai bahasa yang universal karena dapat memotret emosi, menggambarkan kisah, dan menyentuh perasaan pendengarnya dengan cara yang unik. Sebagai perwujudan seni, lagu menciptakan ruang untuk pengalaman emosional yang mendalam, menawarkan pelarian dari kehidupan sehari-hari, dan menjadi pengiring setiap langkah dalam perjalanan seseorang. Lagu juga dapat menjadi cerminan untuk menunjukkan keberagaman budaya dan memberikan ruang yang luas bagi siapapun untuk terlibat di dalamnya. 


Oleh karena itu, lagu dapat menghadirkan kolaborasi antara dua atau lebih pegiat musik. Kolaborasi yang melibatkan dua orang musisi kemudian dikenal sebagai lagu duet. Lagu duet sendiri saat ini marak diproduksi untuk meningkatkan pengalaman mendengarkan musik. Fenomena ini muncul sebagai wujud semakin berkembangnya dunia musik sekaligus upaya menjangkau pendengar yang lebih luas.


Lagu duet yang paling terkenal dan paling banyak didengarkan para pecinta musik adalah lagu duet yang bernuansa romantis. Lagu duet romantis, terutama dari Barat bukan hanya memadukan dua musisi yang berbakat dengan menyediakan melodi yang manis dan romantis, melainkan memadukan lirik yang mampu menyampaikan cerita cinta dengan memikat. Paduan ini mampu memberikan pendengar pengalaman mendengarkan yang melibatkan emosi dan pengalaman mereka sehingga seringkali menimbulkan perasaan relate dengan lagu tersebut.


(Baca juga: 9 Lagu Romantis Korea, Dengarkan Saat Sedang Jatuh Cinta!)


Lagu-lagu duet romantis dari Barat sejak awal, mulai dari klasik hingga terkini, berhasil membuka pintu komunikasi, memperdalam koneksi emosional, dan menghadirkan momen romantis yang tak terlupakan. Maka dari itu, berikut beberapa rekomendasi lagu duet romantis Barat yang bisa didengarkan bersama pasangan kalian.


1. Lady Gaga dan Bradley Cooper "Shallow"



Lagu yang rilis pada 2018 lalu, juga disematkan dalam film A Star is Born, duet bersama Bradley Cooper dengan menghadirkan lirik dan melodi yang berhasil membuat penikmat film dan musik jatuh cinta bersamaan. Dalam lagu ini, Lady Gaga dan Bradley Cooper menghadirkan pengalaman pendengar dengan bernyanyi saling bersahutan sehingga membawa pendengar seakan-akan terlibat dalam komunikasi mereka. Hal ini tergambar dalam liriknya yang berbunyi, “Tell me something girl, are you happy in this modern world?” dan “Tell me something boy, aren't you tired tryin' to fill that void? Or do you need more?” 


2. Luther Vandross dan Mariah Carey "Endless Love"


(Endless Love oleh Luther Vandross & Mariah Carey. Foto: Dok. Billboard Music)


Rilis pada 1994 dan berhasil masuk nominasi Grammy kategori kolaborasi pop dengan vokal terbaik, lagu ini memberikan nuansa yang hangat dalam sebuah hubungan. Didukung dengan aransemen orkestra yang megah, menjadikan lagu ini sebagai karya romantis yang sangat berkesan. Sentuhan lirik yang berbunyi, “My love, I want to share ll my love with you. No one else will do,” dan dibawakan dengan suara lembut yang penuh harmonisasi dari Luther Vandross dan Mariah Carey mampu membuat perasaan pendengar terasa lebih nyata.


3. Anne-Marie dan James Arthur "Rewrite The Stars"



Lagu yang berasal dari film musikal The Greatest Showman ini rilis pada 2017. Versi Anne-Marie dan James Arthur dari lagu ini berhasil memikat pendengar dan menjadi salah satu hits pada saat itu hingga kini masih menjadi lagu duet romantis yang paling sering didengarkan. Secara menyeluruh, melalui liriknya yang berbunyi, “What if we rewrite the stars? Say you were made to be mine” “Nothing could keep us apart, you'd be the one I was meant to find,” lagu ini menggambarkan situasi hubungan yang penuh rintangan dan dua orang yang berusaha mempertahankannya, melepaskan batasan yang ada agar bisa terus bersama. Lagu yang cocok untuk menguatkan sebuah hubungan.


4. Marvin Gaye and Kim Weston "It Takes Two" 


(Lagu 'It Takes Two' dibawakan oleh Marvin Gaye dan Kim Weston. Foto: Dok. Billboard Music)


Membahas lagu duet romantis, tidak bisa melepaskan lagu dengan genre funk and soul yang dikenal sebagai R&B saat ini. Lagu yang rilis pada 1967 dengan Henry Cosby sebagai produser, berhasil membuat kedua musisi yang menyanyikannya menjadi lebih dikenal. Bersama lirik yang sederhana tetapi penuh penekanan, lagu ini menciptakan pesan yang relevan bagi pendengar. Bahwa dalam cinta, baik senang maupun sedih, dibutuhkan dua hati yang bersatu untuk melewati segala rintangan. “It Takes Two” bukan sekadar lagu, melainkan pesan abadi tentang cinta sejati yang bersifat kooperatif dan saling melengkapi dalam perjalanan kehidupan bersama.


5. Ariana Grande dan The Weeknd "Love Me Harder"


(Kolaborasi pertama The Weeknd dan Ariana Grande. Foto: Dok. Apple music)


Dua penyanyi yang menjadi andalan banyak pecinta musik disatukan dalam lagu yang penuh passion, berhasil membuat pendengar menjadi lebih bersemangat dengan hubungan yang mereka miliki. Gaya bernyanyi The Weeknd dengan vokal dan energi khasnya berhasil memberikan kontras sempurna dengan nada tinggi dan suara lembut Ariana Grande. Sejak rilisnya pada 2014, “Love Me Harder” sukses secara komersial dan kritis yang juga dinominasikan untuk berbagai penghargaan, termasuk Kolaborasi Terbaik di MTV Europe Music Award, hingga masuk dalam Billboard Hot 100 Amerika Serikat.


(Baca juga: 15 Lagu Romantis untuk Anda yang Sedang Jatuh Cinta)


6. Usher and Alicia Keys "My Boo"


(Lagu ini dibawakan oleh Usher dan Alicia Keys. Foto: Dok. Usher/YouTube)


Lagu ini juga diproduksi oleh Alicia Keys sendiri dan membawa pendengar pada perjalanan kenangan cinta yang melibatkan kerinduan, kesetiaan, dan keintiman. Bagi pasangan, lagu ini menjadi pengingat akan hubungan yang melampaui waktu dan jarak, menegaskan bahwa takdir cinta sejati mampu mengatasi segala rintangan. Dengan sentuhan R&B yang khas, lagu ini terus menjadi lagu duet yang populer.


7. The Chainsmokers feat. Halsey "Closer"



Dirilis pada 2016 lagu duet romantis ini menjadi hit global dengan melodi kontemporer yang menggoda dan kolaborasi vokal antara The Chainsmokers dan Halsey. Musik videonya, yang diarahkan oleh Dano Cerny, menggambarkan perjalanan emosional dan keterlibatan antara dua karakter dengan keindahan visual yang kuat. Bersama liriknya, “Closer” mengeksplorasi ketegangan dan dinamika dalam sebuah hubungan, menciptakan narasi yang dapat dirasakan oleh banyak pasangan sekaligus daya tarik bagi pendengarnya.


(Penulis: Adila Firani)

Life & health