Fashion

5 Cara Mengukur Jari untuk Cincin Supaya Pas!

By : Fariza Rahmadinna - 2024-01-09 14:00:02 5 Cara Mengukur Jari untuk Cincin Supaya Pas!

Cincin adalah salah satu aksesoris paling populer dan versatile yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan dan memiliki beragam arti, seperti untuk menunjukkan status hubungan ataupun hanya sekedar menunjang penampilan sehari-hari dan acara-acara khusus. 

Sebuah cincin yang tepat harus pas terpasang di jari-jari, tidak telalu longgar yang membuatnya gampang terlepas dari jari, ataupun tidak terlalu ketat yang bisa membuatnya sulit terpasang serta dapat menimbulkan rasa tidak nyaman.

Selain bisa dilakukan di toko perhiasan, ada cara sederhana mengukur jari untuk cincin yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Ikuti cara di bawah ini!


Sebelum mengukur jari untuk cincin, yang perlu diperhatikan adalah memilih waktu terbaik mengukur cincin. Ukur jari pada saat suhu tubuh normal, tidak pada saat suhu terlalu dingin atau panas, untuk mencegah pengukuran yang tidak akurat. Karena pada saat itu, jari berukuran setidaknya sedikit lebih kecil atau lebih besar dari ukuran normal. Untuk alasan itu, kamu disarankan untuk mengukur jari untuk cincin pada sore menjelang malam hari. 


(Baca Juga: Kacamata untuk Wajah Lebar, Berikut Ini 9 Tips Memilihnya!)


Cara Mengukur Jari untuk Cincin


(Cara mengukur jari untuk cincin. Photo by MIchelle Leman on Pexels)


Bahan yang perlu dipersiapkan: 


Alat pengukur cincin, atau sebagai alternatif bisa menggunakan seutas tali

Penggaris atau pita ukur

Tabel ukuran cincin—bisa dilihat secara online


Langkah-langkah yang harus dilakukan:


1. Lingkarkan alat pengukur cincin atau seutas tali di jari kamu. Pastikan tali pas, tidak terlalu ketat atau longgar. 

2. Gunakan spidol untuk menandai bagian ujung tali yang tumpang tindih atau saling bertemu. 

3. Kemudian ukur panjang lilitan tali tadi menggunakan penggaris atau pita ukur dengan satuan milimeter. 

4. Hasil pengukuran ini merupakan lingkar jari, yang bisa kamu gunakan untuk menentukan ukuran cincin. Gunakan tabel ukuran cincin untuk mengetahui ukuran cincin yang tepat.

5. Ulangi sampai beberapa kali, sekitar 2-3 kali, untuk hasil pengukuran yang lebih akurat.



(Baca Juga: Wajib Tahu! 4 Tip Mudah Memakai Baju Warna Putih)


Itulah tadi cara sederhana mengukur jari untuk cincin yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Langkah-langkah di atas dapat kamu lakukan untuk mengetahui perkiraan ukuran cincin yang pas di jari kamu sebelum kamu membeli cincin. Pada umumnya, setiap toko perhiasan mempunyai tabel ukuran cincin sendiri. Jadi, sesuaikan hasil pengukuran dengan tebal ukuran cincin di toko perhiasaan yang kamu tuju. 


Fashion