Food & travel

5 Museum untuk Hangout di Jakarta, Banyak Spot Fotonya!

By : Her World Indonesia - 2024-01-03 16:00:01 5 Museum untuk Hangout di Jakarta, Banyak Spot Fotonya!

Mengisi waktu akhir pekan memang paling seru jika hangout bareng teman. Menjelajahi kedai kopi di sudut-sudut kota, mall-mall megah di Jakarta, atau kulineran di Blok S. Namun, ada hal yang tak kalah seru lho untuk mengisi waktu akhir pekan kamu di Jakarta, yaitu mengunjungi museum. 

Siapa kira jika museum bisa jadi tempat kamu untuk hangout bersama teman-teman. Mungkin, museum sering dikira tempat yang membosankan atau tempat yang dikunjungi saat field trip sekolah. Ini dia rekomendasi museum di Jakarta yang seru untuk kamu kunjungi!


1. Museum MACAN


(Voice Against Reason di Museum MACAN. Foto: Dok. Museum MACAN/Instagram)


Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (Museum Seni Modern dan Kontemporer di Nusantara - Museum MACAN) adalah sebuah museum seni yang berlokasi di Jakarta Barat. Museum MACAN adalah institusi yang memberikan akses publik terhadap koleksi seni modern dan kontemporer yang signifikan dan terus berkembang dari Indonesia dan seluruh dunia. Di museum ini terdapat program pameran dan acara aktif di fasilitas seluar 7.100 meter persegi yang mencakup ruang pendidikan dan konservasi. Di museum ini kamu dapat melihat karya-karya seni sesuai tema yang sedang diusung oleh museum MACAN. Saat ini sedang ada pameran ‘Voice Against Reason’ yang berlangsung hingga 14 April 2024. Buka dari jam 10.00-18.00 WIB dengan harga tiket IDR 90.000 untuk dewasa, IDR 80.000 untuk pelajar, dan IDR 70.000 untuk anak tiga hingga 12 tahun. 


2. Museum Moja


(Ekspresikan dirimu di Museum MoJA. Foto: Dok. Museum MoJA/Instagram)


Museum MoJA adalah museum unik di mana kamu bisa menemukan ekshibisi seni interaktif dengan spot foto menarik, dibuat oleh tim kreatif untuk kamu nikmati. Di sini kamu dapat bermain roller skate, mewarnai di kanvas atau di dinding, dan bermain mini golf dengan 11 hole. Berlokasi di Gelora Bung Karno Sports Complex, Main stadium Zona Biru 8-9. Harga tiket mulai dari IDR 125.000 per orang. Yuk, ajak teman kamu kesini, pasti seru banget! 


(Baca Juga: Jelajahi Macau, Bisa Nginep di 4 Hotel Ini! Apa Saja?)

3. Museum Fatahillah


(Berbagai aktivitas bisa dilakukan di area museum Fatahillah. Foto: Dok. Netherlandsindies/Instagram)


Hangout dengan teman sambil mengetahui sejarah, paling cocok memang datang ke museum Fatahilah. Di sini kamu dapat menelusuri berbagai peninggalan sejarah Kota Jakarta sejak zaman prasejarah, masa kejayaan pelabuhan Sunda Kelapa, era penjajahan hingga ke zaman setelah kemerdekaan. Selain itu, di sini juga bisa dijadikan spot foto yang unik loh, sebab bangunan di sekitara museum ini bernuansa Belanda. Tiket masuk hanya IDR 35.000 per orang, buka dari pukul 09.00 sampai 15.00 WIB. 


4. Museum Nasional 


Terletak di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Merupakan museum erkeologi, sejarah, etnografi, dan geografi yang juga museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara yang berdiri pada 24 April 1778. Di museum ini kamu banyak menemukan peninggalan-peninggalan yang seru untuk dijelajah. Setiap sudut ruangan museum Nasional dipenuhi oleh koleksi-koleksi yang memiliki cerita yang menarik di belakangnya. Kamu dan teman-teman juga dapat masuk ke Ruang ImersifA, di mana dalam ruangan ini dipenuhi dengan proyeksi video mapping ke setiap sisi dinding 360 derajat, termasuk lantai, dengan tata suara yang menggelegar, selama 30 menit. Dalam ruangan ini kamu akan merasakan sensasi seolah-olah berpetualang dan berkelana dari masa ke masa untuk mengenal alam, seni, budaya, dan nilai-nilai keindonesiaan. Sayangnya, museum ini sedang tutup sementara paska insiden kebakaran yang terjadi. Kita doakan semoga cepat kembali dibuka ya.


(Baca Juga: Sederhana tapi Berkesan, Ini 4 Ide Jalan-Jalan Bersama Ibu)


5. Museum Tekstil


Museum ini memamerkan alat tenun, wastra batik, tenun, sulam, songket dan koleksi wastra tradisional lainnya yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Terletak di Jl. K.S Tubun No.2-4, Kota Jakarta Barat. Harga tiketnya pun sangat terjangkau, mulai dari IDR 2.000 hingga IDR 5.000 saja. Kamu juga bisa membatik di sini, lho!


Itu dia beberapa museum yang dapat kamu kunjungi bersama teman-teman di akhir pekan. Bagi kamu yang di luar Jakarta dan ingin berkunjung ke Jakarta, tidak ada ruginya jika menjadikan museum sebagai destinasi wisata kamu. 


(Penulis: Nada Kamiliya)




Food & travel