Life & health

Kurangi Risiko Kanker, Wajib Ketahui 7 Manfaat Teh Hitam Ini

By : Natasha Fitrand - 2023-06-28 12:00:01 Kurangi Risiko Kanker, Wajib Ketahui 7 Manfaat Teh Hitam Ini

Bagi kamu yang selalu memulai hari dengan meminum secangkir teh, pasti sudah familier dengan rasanya yang manis dan memiliki sedikit bitter aftertaste. Tetap nikmat walau disajikan secara panas atau dingin, teh menjadi minuman ringan yang cocok dikonsumsi pada suasana apapun dan bisa membuat tubuh terasa lebih rileks. Maka, tidak mengejutkan bahwa teh menduduki posisi kedua jenis minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia setelah air putih.

Ditambah lagi, terdapat beragam jenis teh yang bisa kamu coba dengan karakteristik rasanya yang berbeda-beda, mulai dari green tea, black tea, white tea, herbal tea, dan masih banyak lagi. Meski tiap orang memiliki jenis teh kesukaan masing-masing, black tea (teh hitam) tetap menjadi jenis teh yang paling populer temasuk di Indonesia. Terutama mengingat teh hitam memiliki banyak manfaat yang bisa meningkatkan kesehatanmu.


Penasaran apa saja manfaat teh hitam? Simak di bawah ini.


1. Meningkatkan Konsentrasi dan Ingatan

Terbiasa minum kopi untuk membuatmu fokus? Mungkin ini saatnya kamu beralih pada teh hitam yang juga memiliki kandungan kafein di dalamnya. Selain kafein, teh hitam juga mengandung amino acid bernama L-theanine yang bisa meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaanmu. Dibandingkan dengan kopi yang lebih banyak memberikan energi gelisah dan perasaan berdebar, teh hitam bisa justru memberikanmu energi yang lebih stabil. Tidak hanya itu, meminum teh hitam juga bisa meningkatkan kemampuan ingatan yang berguna saat belajar atau bekerja.


2. Mengurangi Risiko Kanker

(Ilustrasi minum teh hitam. Foto: Dok. lookstudio/Freepik)

Menurut studi, kandungan polyphenol dalam teh hitam bisa mengurangi risiko pertumbuhan tumor dalam tubuh. Secara lebih spesifik, mengonsumsi teh hitam secara rutin juga mampu mengurangi risiko munculnya kanker kulit, payudara, paru-paru, dan prostat.


(Baca Juga: Suka Minum Teh? Menurut Penelitian, Ini 8 Manfaat Teh Hijau!)


3. Melindungi dari Diabetes


Mengonsumsi teh hitam tanpa menggunakan gula atau tambahan lainnya bisa membantu mengurangi glukosa darah dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengelola gula. Selain itu mengonsumsi teh hitam juga mampu mengurangi dampak makanan yang tinggi lemak pada tekanan darah, membuatnya cocok diminum oleh orang dewasa dengan risiko diabetes.


4. Agen Anti-Aging


(Ilustrasi minum teh hitam. Foto: Dok. LightFieldStudios/Freepik)

Selain bagi kesehatan, teh hitam juga memiliki banyak manfaat untuk wajah, lho. Salah satunya adalah sebagai agen anti-aging yang bisa membuatmu tampak lebih awet muda. Kandungan antioksidan dan polyphenol dalam teh hitam bisa meningkatkan kolagen, melembapkan kulit, membuat wajah tampak lebih plump, segar, dan mengurangi munculnya kerutan atau garis-garis halus.


5. Mengurangi Pembengkakan di Mata


Kamu sering terbangun di pagi hari dengan mata yang membengkak? Tenang saja, mengonsumsi teh hitam di pagi hari bisa mengurangi pembengkakan di wajah. Caranya, seduh teh hitam dingin lalu minum setelah bangun pagi. Selain itu, kamu juga bisa mencelupkan kapas dalam teh hitam dan meletakkannya di kantung mata selama 30 menit untuk mengurangi pembengkakan.


6. Mencerahkan Wajah

(Ilustrasi minum teh hitam. Foto: Dok. jcomp/Freepik)

Kamu merasa kurang percaya diri dengan kulit kesam? Mengonsumsi teh hitam bisa menjadi solusimu, karena teh hitam memiliki efek yang mampu mencerahkan kulit. Mengonsumsi teh hitam secara rutin juga mampu melunturkan racun-racun dalam tubuh yang dapat mengurangi tampilan blemish pada kulit serta wajah. Minum secangkir teh hitam setiap hari untuk kulit yang glowing!


7. Mengurangi Risiko Kematian Akibat Penyakit


Menurut studi, orang yang meminum setidaknya dua cangkir teh hitam per hari bisa mengurangi risiko kematian sebanyak 13 persen jika dibandingkan dengan orang yang tidak meminum teh sama sekali. Studi lain juga menambahkan mengonsumsi teh hitam bisa mengurangi risiko munculnya penyakit seperti penyakit kardiovaskular, penyakit jantung, dan stroke.


(Baca Juga: 7 Resep Teh Indonesia Yang Mudah Dibuat dan Sehat)


Satu hal yang perlu diingat adalah teh hitam mengandung sebanyak 50-90 miligram kafein per cangkir, maka jangan sampai kamu mengonsumsinya secara berlebihan. Untuk menghindarimu merasa susah tidur dan gelisah, pastikan kamu hanya mengonsumsi kafein di bawah 400 miligram per hari.


Itu adalah manfaat teh hitam bagi kesehatan dan wajah. Selain mengurangi risiko terkena penyakit, teh hitam juga mampu meningkatkan konsentrasi hingga penampilan wajahmu, lho. Memiliki banyak manfaat, jangan lupa konsumsi secangkir teh hitam saat akan memulai hari, ya!



Life & health