Fashion

TULOLA Gandeng 8 Brand Lokal di Acara Kawan Nusantara 2023

By : Natasha Fitrand - 2023-08-28 14:00:01 TULOLA Gandeng 8 Brand Lokal di Acara Kawan Nusantara 2023

Kawan Nusantara TULOLA kembali hadir! Tahun ini, TULOLA secara resmi menggelar Kawan Nusantara ketiga, bersama dengan PT. Pegadaian dan didukung oleh BRI. Penyelenggaraan ketika Kawan Nusantara ini mengusung tema “Angkasa dan Bumi” yang berlangsung pada tanggal 24-25 Agustus 2023 di Nusantara Ballroom, The Dharmawangsa, Jakarta.


(Press conference Kawan Nusantara 2023. Foto: Dok. TULOLA)

(Penyelenggaraan Kawan Nusantara 2023 di The Dharmawangsa Jakarta. Foto: Dok. TULOLA)

Pada acara ini, Kawan Nusantara menggandeng delapan brand atau produk UMKM Indonesia yang dikurasi dari berbagai kota, mulai dari Jakarta, Bandung, hingga Surabaya dan mencakup kategori fashion, beauty, dan living. Tiap brand yang hadir di Kawan Nusantara 2023 kental dengan semangat kearifan lokalnya, dan memiliki inovasi modern sesuai zaman sambil tetap menghargai warisan leluhur. Delapan brand tersebut antara lain Adrie Basuki, Bebeboo dari Surabaya, Ikat Indonesia by Didiet Maulana, TobaTenun, brand tas Peau dari Bandung, Studio Dapur dari Bandung, Raine Beauty brand milik penyanyi Raisa, dan Juara Beauty.


Tidak hanya kedelapan brand lokal tersebut, Kawan Nusantara 2023 juga menampilkan koleksi terbaru dari TULOLA yang terdiri dari 17 items berupa anting, kalung, dan gelang dengan teknik seni perhiasan adiluhung Nusantara. Koleksi ini menggunakan motif-motif yang diberi nama Esa, Leluhur, Salam Nuswantara, Wijaya Kusuma, dan Serumpun.


(Baca Juga: Kolaborasi Karya Seni dan Perhiasan MONDIAL x Naufal Abshar)



(Koleksi Kawan Nusantara TULOLA. Foto: Dok. TULOLA)

Masing-masing dari nama tersebut memiliki makna yang indah, Wijaya Kusuma menggambarkan tanah daratan Indonesia yang indah dan beragam. Salam Nuswantara merupakan sebuah salam dan doa bahwa Indonesia lebih dari tanah yang bisa dilihat kasat mata. Leluhur adalah gambaran karakter atau identitas dari akar Indonesia. Esa mewakili energi sebagai sumber kekuatan utama dan kreativitas. Sedangkan Serumpun relevansinya bahwa manusia pada dasarnya selalu berkumpul bersama.


Memaknai Angkasa dan Bumi

(Instalasi TULOLA di Kawan Nusantara 2023. Foto: Dok. TULOLA)

Pada acara ini, ketiga Founder dari TULOLA, yaitu Happy Salma, Dewa Sri Luce Rusna, dan Franka Franklin Makarim juga menghadirkan instalasi imersif untuk mengajak para pengunjung memaknai arti “Angkasa dan Bumi” secara lebih dalam. Acara sendiri dibuka dengan pertunjukan yang oleh Josh Marcy bertajuk Ritus Semesta yang ditemani dengan alunan lagu dari penyanyi Dewi Gita dan Jessica Yanuar.


Terdapat pula instalasi yang menampilkan perhiasan-perhiasan TULOLA, dengan hiasan dan elemen yang menggambarkan angkasa dan bumi oleh Rangga Djoned dan Sigit D. Pratama serta didukung oleh EPSON. Tidak hanya itu, satu hal yang paling menyorot perhatian adalah mahakaryanya berupa instalasi patung bertajuk "Dancing Queen II" yang dibuat oleh Nyoman Nuarta, maestro seni patung Indonesia yang terpilih menjadi perancang desain Istana Presiden yang ada di Ibu Kota Negara (IKN) Kalimantan Timur.


(Baca Juga: Intip Pameran Tunggal Perdana Desainer Auguste Soesastro)


(Penyelenggaraan Kawan Nusantara 2023. Foto: Dok. TULOLA)

(Nicholas Saputra di Kawan Nusantara 2023. Foto: Dok. TULOLA)

Dewa Sri Luce Rusna, selaku Founder sekaligus Principal Designer dan Creative Director TULOLA menjelaskan makna dibalik konsep “Angkasa dan Bumi” yang diangkat pada Kawan Nusantara 2023 ini. “Angkasa dan Bumi adalah konsep dari dualitas - dua hal yang kontras namun saling berpaut. Hubungan antara dunia yang fisik (kenyataan) dengan energi (angan-angan, imajinasi, kreativitas) termanifestasikan menjadi keindahan. Kami ingin membawa Sahabat TULOLA untuk menyelami perasaan-perasaan yang magis namun sekaligus membumi, lewat koleksi perhiasan terpilih TULOLA dan instalasi yang dihadirkan selama acara,” ujarnya.


Kehadiran para sahabat TULOLA mulai dari Raisa, Christine Hakim, Nicholas Saputra, Marsha Timothy, Andien, dan masih banyak lagi juga turut memeriahkan acara!


Fashion