Life & health

5 Ide Lomba 17 Agustus yang Bisa Dicoba

By : Her World Indonesia - 2023-08-16 16:00:02 5 Ide Lomba 17 Agustus yang Bisa Dicoba

Dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78, kembali lagi acara-acara 17 Agustus yang menjadi tradisi masyarakat Indonesia setiap tahunnya. Rasanya belum lengkap jika acara 17-an ini tidak ada perlombaan yang membuat suasana hari kemerdekaan menjadi lebih meriah dan juga mempererat tali persaudaraan. 


Tidak perlu mengkhawatirkan akan ruang yang sempit, karena Her World memiliki banyak ide lomba yang kekinian dan dapat dilakukan di mana pun.

 

1. Lomba Tebak Lagu

(Lomba tebak lagu sebagai ide lomba 17 Agustus. Foto: Dok. Towfiqu Barbhuiya/Pexels)

Salah satu lomba yang banyak diminati dan mudah untuk dilakukan. Kamu hanya butuh speaker portable. Musik juga bisa dicari melalui internet yang hanya berisikan instrumennya saja sehingga dapat ditebak oleh para peserta. Pertama, bagi peserta dalam beberapa tim, lalu bergiliran untuk menebak lagu yang diputarkan. Poin yang terkumpul pada setiap tim akan diperoleh dari para peserta yang menebak lagu dengan benar. Di akhir, tim yang memperoleh poin terbesar adalah yang memenangkan perlombaan.


2. Lomba Tebak Kata

Melakukan lomba tebak kata juga tidak memerlukan ruang yang luas dan tidak memerlukan kebutuhan yang banyak. Kamu hanya perlu sebuah laptop dan proyektor agar seluruh peserta dapat melihat kata-kata yang akan ditanyakan. Akan lebih seru jika tebak kata yang dilakukan dengan menebak kata-kata yang terdengar lucu.


Kamu juga dapat meningkatkan levelnya di setiap ronde dengan tebakan kata-kata yang lebih sulit. Sama seperti lomba tebak lagu, lomba tebak kata dapat dibagi menjadi beberapa tim yang terdiri dari beberapa peserta. Begitu pula, tim yang meraih poin paling banyak artinya menjadi pemenang dari lomba tebak kata.


(Baca Juga: IM3 Rayakan Kemerdekaanmu Melalui Kolaborasi 4 Musisi Wanita)


3. Lomba Menyanyi

(Lomba menyanyi sebagai ide lomba 17 Agustus HUT RI. Foto: Dok. Christian Senan/Pexels)


Ide lomba untuk 17 Agustus selanjutnya adalah lomba menyanyi yang bisa memberikan kesempatan bagi para peserta dengan hobi bernyanyi untuk menunjukkan bakat mereka. Dengan tema Hari Kemerdekaan Indonesia, lagu yang harus dinyanyikan yaitu lagu Nasional Indonesia tentunya.


Namun, para peserta yang mengikuti lomba ini tidak dapat memilih lagunya sendiri tetapi lagu yang akan mereka nyanyikan akan diundi. Jika peserta tidak dapat menyanyikannya maka mereka akan gugur dari perlombaan. Peserta yang memenangkan perlombaan ini adalah peserta yang dapat menyanyikan lagunya dengan baik dan benar.

 

4. Lomba Berpakaian

Lomba satu ini sifatnya individual dan peserta yang mengikuti harus berpakaian dengan tema nasional seperti kebaya atau baju tradisional daerah. Peserta juga dapat memadupadankan pakaiannya sesuai kreativitas sendiri dan tidak perlu sesuai dengan model pakaian yang seharusnya. Pemenang dari perlombaan ini akan ditentukan dengan sistem voting dari orang-orang di sekitar mereka yang bukan peserta.


5. Lomba Blindfolded Makeup

(Lomba makeup dengan mata tertutup sebagai ide lomba 17 Agustus. Foto: Dok. Tembela Bohle/Pexels)


Untuk kamu para penggemar makeup, lomba merias wajah teman dengan mata tertutup bisa menjadi suatu tantangan yang menarik. Para peserta hanya perlu membawa makeup dan satu volunteer yang akan dirias. Kemudian, para peserta yang akan merias harus menutup kedua matanya dengan blindfold ketika merias volunteer. Pemenang dalam perlombaan ini akan ditentukan dari kecepatan meriasnya juga kerapiannya.


(Baca Juga: Meriahkan HUT RI Bersama Indonesia Shopping Festival 2023!)


Itu dia beberapa lomba 17-an kekinian yang dapat kamu coba nanti. Seru banget, kan?


(Penulis: Larasati Emiri)

Life & health