Food & travel

Unik tapi Enak! Ini 5 Bakmi Khas Setiap Daerah di Indonesia

By : Vanessa Masli - 2023-08-17 12:00:02 Unik tapi Enak! Ini 5 Bakmi Khas Setiap Daerah di Indonesia

Kalau bicara tentang Indonesia, terlepas dari segala masalah yang ada, tak jauh-jauh dari keberagaman di dalamnya. Mulai budaya, tradisi hingga keanekaragaman alamnya, sudah menjadi ciri khas negara satu ini. Namun, yang tak kalah menarik untuk dieksplorasi adalah sebuah makanan yang dikreasikan di setiap daerah sehingga memiliki keunikannya masing-masing, tapi tetap tawarkan rasa nikmat.


Buat kamu yang suka wisata kuliner di akhir pekan, mungkin beberapa rekomendasi bakmi khas setiap daerah di Indonesia versi Her World bisa jadi pilihanmu. Siap lapar atau setidaknya tergiur? Simak rekomendasinya di bawah ini!


1. Mie Aceh


Mie pedas dari ufuk Barat Indonesia bisa jadi salah satu masakan yang dicoba. Mie kuning tebal dengan irisan daging sapi, kambing, atau makanan laut yang disiram dengan kuah kari. Citarasa gurih dan pedas pun disempurnakan dengan taburan bawang goreng, lalu disajikan dengan potongan bawang merah, timun, dan jeruk nipis.


Mie Aceh ini hadirkan berbagai macam rasa yang dipadukan dari banyak budaya asing. Mulai dari kuah berbahan dasar kari yang terinspirasi dari masakan India, hingga mie yang merupakan masakan khas warga Tionghoa. Kamu bisa menikmati mie Aceh dalam tiga versi yaitu mie kuah, mie goreng basah, dan mie goreng kering.



(Mie Aceh. Foto: Dok. Marzatil Husna/iStock)


2. Mie Celor


Kuah santan dipadukan dengan kaldu udang, dicampurkan dengan semangkuk mie dan disantap selagi hangat itu rasanya menu andalan sebagian orang. Sensasi ini yang bisa kamu rasakan kalau mencoba mie celor khas Palembang. Menu satu ini menggunakan mie kuning atau mie telur yang ukurannya cenderung lebih besar dari pada mie pada umumnya.


Perpaduan inspirasi hidangan Melayu dan Tionghoa, mie celor menghadirkan rasa gurih dan creamy. Mulai dari kuah santan yang kental hingga kaldu ebi yang gurih, mie satu ini disajikan lengkap dengan berbagai isian seperti telur rebus, udang, ayam, kucai, dan tauge. Biar makin lengkap, bawang goreng dan irisan daun bawang sudah pasti menghiasi penyajiannya.


3. Soto Mie Bogor


Bisa jadi menu sarapan kalau ingin sesuatu yang hangat dan lengkap. Mie kuning dan bihun dengan beberapa pelengkap seperti tomat, lobak, kol dan potongan daging sapi. Setelah itu, disiram kuah kaya rempah dan rasanya tak akan lengkap jika tanpa satu (atau dua) risol bihun untuk sensasi kriuk yang bikin semangkuk soto mie khas Bogor ini terasa nikmat.


(Baca Juga: Bahan Makanan yang Cocok dengan Telur untuk Sarapan Kenyang)


4. Mie Kocok Bandung


Unik tapi dijamin enak, mie khas Kota Bandung satu ini tak jarang jadi menu andalan turis yang berkunjung ke kota kembang satu ini. Mie kuning yang dicampur dengan kuah kaldu daging sapi kental, lalu disajikan dengan irisan kikil sapi, tauge, bakso, jeruk nipis, seledri, dan bawang goreng.


Mungkin bisa ditebak dari namanya, hidangan satu ini dibuat dengan cara memasukkan mie ke wadah bergagang panjang yang berlubang, lalu dicelupkan ke air panas dan dikocok hingga matang merata. Untuk rasa yang lebih nikmat, kamu bisa menyantapnya dengan kecap manis dan sambal.



(Mie kocok Bandung untuk sarapan. Foto: Dok. Dea Indah Purnama/iStock)


5. Mie Cakalang Manado


Berkelana dengan wilayah Timur Indonesia, kamu juga bisa menikmati sajian mie dari Pulau Sulawesi, tepatnya Sulawesi Utara. Seperti namanya, mie cakalang, hidangan satu ini memadukan ikan cakalang yang menjadi kekhasan kuliner Manado. Mie kuning ini dilengkapi ikan cakalang, caisim, kol, cabai, daun bawang, bawang merah, dan bawang putih. Kuah bening dengan sedikit merica berikan rasa gurih dan pedas untuk dinikmati lidah.


Buat kamu penikmat rasa pedas, ada dua macam sambal yang bisa dinikmati. Pertama, sambal lombok merah yang diulek dengan sedikit bawang putih dan jahe, atau sambal lombok ijo yang direbus hingga empuk sebelum dicampur cuka, air, dan garam. Kamu bisa memilihnya sesuai selera. Mie Cakalang ini bisa kamu nikmati sebagai sarapan.


(Baca Juga: 8 Korean Food di Indonesia yang Wajib Dicicipi)


Itu dia beberapa rekomendasi bakmi khas setiap daerah di Indonesia. Kira-kira mana yang menjadi favoritmu?


Food & travel