Hair & beauty

Kulit Jadi Halus! Ini 7 Cara Mengecilkan Pori-pori di Hidung

By : Her World Indonesia - 2023-08-15 16:00:02 Kulit Jadi Halus! Ini 7 Cara Mengecilkan Pori-pori di Hidung

Pori-pori yang besar di hidung dan wajah menjadi suatu permasalahan kulit yang sering ditemukan. Namun, memiliki pori-pori yang besar dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang karena tentunya semua orang ingin tampil flawless dengan memiliki wajah yang halus dan pori-pori yang samar. Bagi kamu yang memiliki ukuran pori-pori besar tentu pernah mengalami kesulitan dalam mengatasi komedo dan jerawat.


Maka dari itu, Her World mau kasih kamu beberapa tips cara mengecilkan pori-pori di hidung! Simak lebih lanjut, yuk!


1. Rutin Membersihkan Wajah 

Jika beraktivitas di luar maupun di dalam rumah, kamu wajib membersihkan wajah karena kulit memproduksi minyak. Jadi, membersihkan kulit wajah secara rutin dua kali sehari itu penting untuk dilakukan dan ini juga merupakan salah satu cara mengecilkan pori-pori di hidung. Selain itu, terdapat sel-sel kulit mati pada kulit wajah yang dapat menyumbat pada pori-pori dan menimbulkan jerawat dan komedo karena pori-pori yang kotor. Jangan sampai kamu skip rutinitas yang satu ini agar pori-pori di hidung dan wajah tidak semakin membesar.

 

2. Selalu Memakai Sunscreen

(Menggunakan tabir surya penting untuk pori-pori besar di hidung. Foto: Dok. Anna Shvets/Pexels)


Jangan pernah melupakan tabir surya walaupun kamu di dalam rumah karena sinar UV yang masuk ke dalam rumah tetap berpengaruh pada kulit wajahmu. Kulit wajah membutuhkan tabir surya agar terlindung dari sinar UV dari matahari. Kalau kulit kamu terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang lama, sinar UV dapat merusak kulit wajah dan mempengaruhi sel-sel pada kulit. Tidak hanya itu, kulit wajah kamu bia menjadi kendur dan membuat pori-pori wajah kamu terlihat semakin besar. Sunscreen yang kamu pakai minimal dengan SPF 30 dan gunakan kembali setiap empat jam sekali.


3. Hindari Produk Mengandung Alkohol


Produk skincare banyak yang memiliki kandungan alkohol dan sebisa mungkin jangan memilih produk yang beralkohol. Jika kulitmu memiliki pori-pori yang besar hindari menggunakan produk skincare yang mengandung alkohol. Kandungan seperti alkohol dapat membuat pori-pori di hidung dan wajah kamu membesar dan membuat kulit kamu menjadi iritasi.


(Baca Juga: Mau Punya Rambut Tebal? Ini 7 Hair Care untuk Rambut Rontok)


4. Melakukan Eksfoliasi Secara Rutin

(Melakukan eksfoliasi kulit sebagai cara mengecilkan pori-pori di hidung. Foto: Dok. Polina Kovaleva/Pexels)

Cara mengecilkan pori-pori hidung yang lainnya yaitu dengan cara mengeksfoliasi sel kulit mati karena dengan eksfoliasi, pori-pori kamu yang besar akan terlihat samar. Berbagai permasalahan wajah seperti jerawat, komedi, pori-pori tersumbat dapat berkurang dengan melakukan eksfoliasi secara rutin. Hasil yang kamu peroleh setelah melakukan eksfoliasi, kulit akan terasa halus, kencang, dan cerah. Hindari memilih produk eksfoliasi yang keras dan dapat merusak wajah. Kandungan-kandungan seperti AHA BHA dan glycolic acid dapat kamu coba terlebih dahulu untuk eksfoliasi kulit wajah.


5. Menggunakan Moisturizer

Produk skincare yang wajib kamu gunakan adalah pelembab wajah atau moisturizer untuk menjaga kelembapan pada kulit wajah. Walaupun pori-pori terlihat besar, menjaga kelembapan kulit itu sangatlah penting. Akan tetapi, tidak semua produk moisturizer ramah untuk pori-pori yang besar pada kulit wajah dan hidung. Jangan sampai produk moisturizer yang kamu gunakan membuat kulit kamu menjadi tambah berminyak.


6. Menggunakan Clay Mask

(Menggunakan clay mask sebagai cara mengecilkan pori-pori di hidung. Foto: Dok. Angela Roma/Pexels)


Cara mengecilkan pori-pori di hidung bisa dengan menggunakan clay mask atau masker wajah yang terbuat dari clay. Skincare seperti clay mask dapat menyamarkan pori-pori yang terlihat besar. Clay mask bekerja pada pori-pori wajah dan hidung dengan mengurangi produksi sebum yang berlebih dan membersihkan kotoran-kotoran yang ada di dalam pori-pori. Kamu bisa menggunakan clay mask dua sampai tiga kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


7. Kurangi Penggunaan Pore Pack


Jangan terlalu sering mencabuti komedo dengan penghilang komedo seperti pore pack. Sering mencabuti atau memencet komedo pada kulit hidung dapat memperparah kondisi kulit kamu karena menyebabkan infeksi dan membuat pori-pori membesar. Setelah mencabuti komedo, disarankan untuk mengkompres hidung dengan air dingin atau es agar pori-pori tetapi kecil. Hal ini juga untuk menghindari pori-pori pada hidung tidak semakin besar dan tidak ada kotoran atau debu yang masuk ke dalam pori-pori.


(Baca Juga: Cerah Berkilau, Ini 8 Manfaat Uap Air Panas Untuk Wajahmu)


Itu dia beberapa tips cara mengecilkan pori-pori di hidung dari Her World! Semoga bermanfaat!



(Penulis: Larasati Emiri)

Hair & beauty