Life & health

7 Cara Efektif untuk Menghilangkan Bekas Luka di Kaki

By : Her World Indonesia - 2023-08-08 19:00:02 7 Cara Efektif untuk Menghilangkan Bekas Luka di Kaki

Luka pada kulit kaki manusia pasti akan selalu sembuh apabila ditangani dengan baik karena pada dasarnya tubuh kita memiliki sel platelets dan kemampuan regeneratif yang didesain secara alami untuk menutup luka. Namun seringkali meski lukanya sudah sembuh, bekas lukanya masih terus nampak untuk dan tidak kunjung hilang untuk waktu yang lama. 


Nah, Her World memiliki beberapa saran cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu hilangkan bekas luka di kaki. Penasaran apa saja? Yuk, simak pembahasannya! 


(Baca Juga: 6 Rekomendasi Bedak Foundation Terbaik Untuk Kulit Berminyak)


1. Eksfoliasi


Logikanya, bekas luka di kaki pasti berada pada kulit, artinya cara paling sederhana untuk menghilangkannya adalah dengan berganti kulit. Caranya adalah kamu bisa mencoba melakukan eksfoliasi, yang berarti pengelupasan kulit dengan bahan kimia.


Pasalnya, pengelupasan akan membantu menghilangkan lapisan kulit yang rusak dan mempercepat daya regenerasi. Melakukan eksfoliasi juga dapat memicu tubuh dalam memproduksi lebih banyak kolagen untuk mereparasi jaringan parut.


2. Aplikasikan minyak esensial


Minyak esensial yang berbahan dasar bahan-bahan alami dapat merangsang regenerasi sel-sel pada kulit dan pudarkan bekas luka di kaki. Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua minyak esensial memiliki khasiat untuk menghilangkan bekas luka.


Selain itu, efektivitasnya juga tergantung dengan kondisi dan karakteristik kulit kita. Minyak esensial untuk menghilangkan bekas luka adalah yang berbahan dasar daun teh, lavender, mawar, atau kelapa.


3. Pijat luka


Penanganan dari rumpun fisioterapi ini juga bisa menjadi salah satu cara dalam menghilangkan bekas luka di kaki. Memijat dapat membantu menyembuhkan jaringan parut dan membuat warna kulit di area tersebut menjadi serupa dengan kulit sekitarnya.


Jaringan parut bisa menempel ke pembuluh darah, tendon, otot, saraf, dan tulang sehingga bantu hilangkan bekas luka. Namun, untuk teknik pemijatannya tidak boleh sembarangan. Sebaiknya konsultasikan kepada tenaga fisioterapi profesional untuk melakukannya.


4. Gunakan larutan cuka apel


Penggunaan cuka apel sudah terkenal ampuh dalam mencegah timbulnya bekas luka akibat jerawat karena memiliki kandungan pencegah inflamasi yaitu asam suksinat. Meskipun selama ini lebih sering hanya untuk mengatasi bekas jerawat, tidak ada salahnya mencoba menggunakan cuka apel pada bekas luka di kaki.


Secara teori, kandungan anti-inflamasi nya juga akan bekerja untuk bekas luka di kaki atau bagian tubuh manapun. Cukup aplikasikan pada bekas luka di malam hari sebelum tidur kemudian basuh dengan air bersih pada pagi harinya.



(Cuka apel dapat bantu hilangkan bekas luka di kaki. Foto: Dok. ehioma osih/pexels)

5. Oleskan gel lidah buaya


Sudah bukan rahasia lagi bahwa gel lidah buaya memiliki khasiat untuk membuat kulit kita menjadi lebih lembap, memperbaiki kerusakan kulit, mencegah timbulnya ulkus, hingga mempercepat penyembuhan luka.


Lidah buaya juga merupakan zat yang alami dan tidak memiliki efek samping sehingga kamu bisa aplikasikan kapanpun dan sebanyak apapun. Sensasi dingin dan lembap yang diberikan lidah buaya pada kulit pun akan membuat kamu merasa enak dan nyaman.


6. Mikrodermabrasi

Prosedur mikrodermabrasi yang sering digunakan untuk kulit wajah juga bisa menjadi salah satu opsi untuk menghilangkan bekas luka di kaki. Teknik ini termasuk ke dalam tindakan invasif minimal sehingga tidak memiliki risiko yang besar. Secara garis besar, mikrodermabrasi berfungsi untuk memperbarui warna dan tekstur kulit.


Cara ini melibatkan pengelupasan lapisan atas kulit dengan menggunakan kristal atau bahan abrasif lainnya. Khasiatnya tentu dapat merangsang regenerasi sel-sel kulit dan menghilangkan bekas luka pada kaki.


(Baca Juga: Alami, Ini Masker Wajah Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat)


7. Gunakan krim obat


Cara terakhir yang paling simpel dan efektif yaitu menggunakan obat-obatan yang diformulasikan khusus untuk memudarkan bekas luka. Berbagai obat ini biasanya tersedia dalam bentuk krim sehingga mudah untuk diaplikasikan pada kulit, salah satu contohnya seperti krim Tretinoin. Cara kerja dari obat-obatan pemudar bekas luka biasanya berfokus pada percepatan regenerasi sel kulit. Namun, namanya obat pasti memiliki efek samping dan aturan pemakaian yang ketat, jadi sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter kulit sebelum memakai.


Berikut tujuh cara dari Her World yang bisa kamu coba untuk memudarkan hingga menghilangkan bekas luka yang membandel pada kakimu. Selamat mencoba!



(Penulis: Putra Akbar P. Nasution)

Life & health