Hair & beauty

6 Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kata Para Ahli!

By : Fariza Rahmadinna - 2023-08-11 17:00:01 6 Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kata Para Ahli!

Kantung mata tentu bisa memengaruhi keseluruhan penampilan. Pasalnya, kantung mata bisa termasuk mata bengkak sekaligus discoloration, yang bisa membuat wajah tampak lebih kusam, tidak fresh, dan lebih tua. Kantung mata umumnya bisa disebabkan karena stres, alergi, merokok, genetik, proses penuaan, dan kurang tidur. 


Namun, ada beberapa cara menghilangkan kantung mata yang bisa kamu coba lakukan, menurut para ahli dan penelitian. Simak caranya!


1. Kompres dingin 


(Kompres air dingin. Foto: Dok.Tima Miroshnichenko/Pexels)


Menurut para peneliti dari John Hopkins Medicine, mendinginkan area bawah mata atau kompres dingin area bawah mata dapat melancarkan aliran darah, yang bisa membantu meredakan pembengkakan. Caranya, ambil sedikit es batu, lalu bungkus menggunakan kain atau handuk lembut dan kompres dingin area bawah mata selama beberapa menit. Kamu juga bisa menggunakan irisan mentimun dingin atau masker mata yang sudah didinginkan sebelumnya untuk mengompres dingin area bawah mata. 


2. Gunakan kantung teh 


Kantong teh dapat berfungsi sebagai kompres dingin yang praktis dan efektif. Berdasarkan sebuah ulasan tahun 2020 dalam International Journal of Molecular Sciences menunjukkan bahwa, kandungan antioksidan kuat dalam teh, khususnya green tea, dapat membantu memudarkan lingkaran hitam di bawah mata dan meredakan pembengkakan pada kantung mata dengan cara meningkatkan aliran darah dan mencegah tubuh memproduksi lebih banyak melanin atau pigmen. Sama efektifnya, kantung teh hitam (black tea) juga bisa memiliki manfaat yang sama untuk mengurangi tampilan kantung mata. 


Antioksidan kuat dalam teh ini juga bisa melindungi kulit di sekitar mata dari bahaya paparan sinar matahari dan mencegah penuaan dini. Faktanya, paparan sinar matahari berlebihan bisa memicu tubuh memproduksi lebih banyak melanin atau pigmen yang jadi penyebab perubahan warna kulit (discoloration) dan mempercepat penuaan dini—salah satu penyebab munculnya kantung mata. 


3. Jaga tubuh tetap terhidrasi


(Minum air putih yang cukup. Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)


Menurut American Academy of Ophthalmology, dehidrasi dapat membuat area di sekitar mata kamu bengkak dan kendur. Untuk itu, pastikan kamu menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan mencukupi kebutuhan cairan setiap hari. Namun, cobalah untuk tidak minum terlalu banyak cairan bersama dengan makanan tinggi garam sebelum tidur, karena itu justru dapat menyebabkan retensi cairan di malam hari dan menyebabkan mata bengkak pada keesokkan harinya. 


Selain itu, kamu juga dapat mempertimbangkan membatasi asupan alkohol yang terbukti berkontribusi terhadap dehidrasi, yang dapat menyebabkan kantong mata dan dark circles.


(Baca Juga: Cerah Berkilau, Ini 8 Manfaat Uap Air Panas Untuk Wajahmu)

4. Tidur yang cukup!


Sudah menjadi rahasia umum jika kurang tidur dapat menyebabkan kantung mata. Jadi, sewajarnya jika tidur yang cukup dapat membantu mengurangi kantung mata dan dark circles. Dan, posisi tidur tertentu juga dapat membantu mengatasi masalah ini. 


Masih menurut American Academy of Ophthalmology, tidur dengan kepala sedikit lebih tinggi membuat cairan tidak mengendap di sekitar mata dan mencegah pembengkakan pada mata. Gunakan tambahan bantal untuk sedikit meninggikan kepala kamu, ya


5. Oleskan krim mata


(Rutin mengoleskan krim mata. Foto: Dok. Alena Darmel/Pexels)


Menggunakan krim mata (eye cream) dimaksudkan untuk membantu mengurangi bengkak dan mencerahkan area bawah mata yang menggelap. Dalam mencari krim mata terbaik, pilihlah yang mengandung retinoid, kafein, green tea, peptida, vitamin A, C, dan E, serta antioksidan seperti ceonzyme Q10 (CoQ10), yang telah terbukti efektif untuk mengatasi masalah kantung mata. 


Secara khusus, sebuah penelitian tahun 2022 dalam Journal of Drugs in Dermatology Online menunjukkan bahwa, mengoleskan krim mata yang mengandung retinoid setiap malam dapat membantu mengurangi mata bengkak, tampilan garis-garis halus, dan mencerahkan lingkaran hitam di bawah mata. 


Penelitian yang sama juga menunjukkan bahwa, mengombinasikan penggunaan krim mata yang mengandung peptida di pagi hari bersama dengan krim mata kaya retinoid di malam hari dapat semakin meningkatkan keefektifannya. 


6. Berhenti merokok


Merokok dapat menjadi penyebab lain timbulnya kantung mata. Ini karena, nikotin dalam rokok bisa menghabiskan simpanan vitamin C di dalam tubuh, yang bertanggung jawab untuk menghasilkan kolagen sehat di kulit. Akibatnya sudah jelas; muncul kantung mata, kendur, keriput, dan discoloration pada area bawah mata. 


Untuk alasan itu, berhenti merokok dapat membantu memperbaiki tampilan area bawah mata yang bengkak, keriput, kendur, dan menggelap. Plus, berhenti merokok juga mencegah sejumlah masalah kesehatan lainnya. 


(Baca Juga: 6 Manfaat dari Serum Vitamin C untuk Kulit Lebih Glowing)


Itulah beberapa cara menghilangkan kantung mata yang bisa kamu lakukan. Kira-kira ingin coba yang mana?





Hair & beauty