Sex & relationship

4 Cara Mengetahui Pasangan Memberikan Effort dalam Hubungan

By : Her World Indonesia - 2023-07-27 19:00:02 4 Cara Mengetahui Pasangan Memberikan Effort dalam Hubungan

Secara hari, arti effort atau usaha dalam hubungan mungkin sudah jelas, tetapi secara spesifik effort dalam hubungan memiliki definisi tindakan atau upaya yang dilakukan oleh satu atau kedua belah pihak untuk memperbaiki, memperkuat, dan mempertahankan hubungan yang sedang dijalin.


Salah satu musuh utama dalam hubungan percintaan adalah waktu. Suatu hubungan yang sudah berjalan untuk waktu yang lama pasti tidak akan sehangat seperti di awal. Biasanya akan muncul gejala-gejala seperti rasa jenuh karena kurangnya gairah dalam hubungan dan kesalahpahaman akibat kurangnya komunikasi. Kalau gejala ini tak kunjung ditangani maka dapat membuat hubungan yang awalnya sehat menjadi toxic.


Effort dalam hubungan dapat menjadi solusi akan masalah tersebut. Namun, jika kamu sudah melakukan effort tetapi pasanganmu tidak, jadinya akan percuma saja. Nah, lalu bagaimana cara untuk mengetahui apakah pasanganmu memberikan effort dalam hubungan atau tidak? Her World sudah memiliki daftarnya. Yuk, Simak pembahasannya!


(Baca Juga: 33 Pertanyaan Terbaik untuk Deep Talk dengan Pasangan)


1. Perhatikan bentuk perhatian yang dia berikan kepadamu


Perhatian tentunya sudah menjadi elemen mendasar dalam menjalin hubungan percintaan. Namun, karena sifatnya yang mendasar terkadang pasangan sedikit melupakan aspek ini. Padahal memberikan perhatian dapat menghadirkan kehangatan dan kenyamanan dalam dinamika suatu hubungan.


Perhatian seperti apa yang perlu diberikan? Tentunya perhatian yang diberikan tulus dari hati dan bukan sekedar formalitas. Cara mengetahui apakah perhatian yang diberikan pasangan kita tulus atau tidak bisa dilihat dari ciri-cirinya. Perhatian yang tulus biasanya tidak berlebihan dan muluk-muluk, cukup sederhana saja. Contohnya seperti menanyakan tentang aktivitas sehari-hari, menanyakan barangkali ada masalah yang bisa diceritakan, ikut antusias terhadap hal-hal yang kamu senangi dan menawarkan bantuan untuk persoalan yang barangkali membuatmu kesulitan.


2. Perhatikan cara berkomunikasinya


Dalam suatu hubungan percintaan kesalahpahaman sekecil apapun jika dibiarkan dapat memicu konflik berkepanjangan. Kunci utama dalam mencegah kesalahpahaman adalah mau untuk berkomunikasi secara terbuka. Jika pasanganmu mau menjalin komunikasi yang terbuka antar kedua belah pihak itu adalah salah satu tanda dia melakukan effort dalam hubungan. Dengan begini dinamika hubungan bisa menjadi lebih nyaman dan bahkan jika ada permasalahan besar sekali pun akan terselesaikan dengan mudah.


Mengapa berkomunikasi secara terbuka menunjukan bahwa pasanganmu memberikan effort? Jangan salah, walau terdengar sederhana tapi menerapkan komunikasi terbuka tidak semudah itu. Untuk dapat melakukannya, pasanganmu harus bisa dewasa dan menghindari sikap judgmental. Contohnya, jika kamu berbuat salah atau tidak memenuhi ekspektasi pasanganmu maka dia tidak akan langsung mengedepankan emosi dan melontarkan ucapan-ucapan yang memperkeruh suasana. Dia akan menanyakan dulu masalahnya apa, ceritanya bagaimana, sudut pandangmu bagaimana lalu mendengarkan dengan baik. Baru setelahnya dia akan gantian mengungkapkan kekecewaannya, tentunya tanpa emosi yang berlebihan sehingga untuk kedepannya jika terjadi masalah, kamu akan merasa nyaman untuk mengkomunikasikannya.



(Berkomunikasi secara terbuka merupakan bentuk effort dalam hubungan. Foto: Dok. Pavel Danilyuk/Pexels)


3. Perhatikan prioritas waktunya


Seperti yang sudah dijelaskan di awal, bahwasannya waktu adalah musuh utama bagi hubungan percintaan. Namun sesungguhnya, jika dikelola dengan tepat waktu juga bisa menjadi sekutu utama dalam menjalin hubungan percintaan yang ideal. Meluangkan waktu bersama merupakan bentuk effort yang sangat sederhana namun sangat penting dalam hubungan.


Apakah pasanganmu mau memprioritaskan waktu bersamamu? Apakah pasanganmu mau menggunakan waktunya untuk menciptakan momen-momen seru dan bermakna bersama kamu? Jika iya maka inilah bentuk effort dalam hubungan yang bisa membuat dinamika kalian tidak terasa hambar dan membosankan. Meskipun kendala utama dari hal ini adalah kesibukan masing-masing. Namun, apapun kendalanya jika memang pasanganmu ingin berusaha dan serius terhadap hubungan yang kalian jalani, pasti dia akan bisa menemukan solusinya.


4. Perhatikan komitmennya terhadap masa depan hubungan


Terakhir, keberanian untuk berkomitmen pada masa depan hubungan tentu merupakan bentuk effort yang serius dan tidak main-main. Komitmen untuk masa depan menandakan bahwa pasanganmu siap untuk melakukan usaha-usaha dan bahkan pengorbanan demi mempertahankan hubungan percintaan kalian.


Tentunya komitmen untuk masa depan bukan hal yang mudah. Semua orang pasti menyadari bahwa tidak ada hubungan percintaan yang isinya hanya suka cita, melainkan pasti banyak kesulitan dan hambatan yang akan menghadang. Jika pasanganmu berani merencanakan masa depan bersamamu hingga menentukan tujuan dan cita-cita hubungan kalian artinya dia sudah siap mental untuk menghadapi suka dan duka bersama dirimu


(Baca Juga: Apa Itu Red Flag dalam Hubungan? Kenali Jenis-Jenisnya!)


Berikut empat cara melihat effort dalam hubungan pada pasangan kalian yang telah dirangkum oleh Her World. Tentu setiap pasangan memiliki coraknya masing-masing dalam memberikan effort. Namun, keempat hal ini adalah pilar utama jika kamu ingin melihat apakah pasanganmu memberikan effort dalam hubungan kalian.



(Penulis: Putra Akbar P. Nasution)

Sex & relationship