Sex & relationship

7 Cara Untuk Melewati Masa Putus Cinta Yang Menyakitkan

By : Her World Indonesia - 2023-07-24 20:00:01 7 Cara Untuk Melewati Masa Putus Cinta Yang Menyakitkan

Putus cinta memang tidak pernah mudah untuk dihadapi apapun alasannya. Entah baik-baik maupun tidak, yang namanya putus sudah pasti akan membuat kesedihan mendalam pada diri kita. Rasa sakit yang timbul dari kehilangan orang yang kita sayangi dan cintai tentunya tidak akan bisa sembuh begitu saja, bahkan bisa jadi akan meninggalkan trauma berkepanjangan terhadap perjalanan cinta seorang manusia.


Namun meski sulit dan terasa perih, kita tetap harus bisa melewati masa-masa putus cinta untuk melanjutkan hidup, hingga akhirnya move on dari dia yang pernah menjadi segalanya. Oleh karena itu, Her World punya beberapa cara yang mungkin sedikit banyak bisa membantumu untuk sembuh dari sedih tak berujung. Penasaran? Yuk, simak pembahasannya! 


(Baca Juga: 4 Zodiak Yang Enggak Cocok Dengan Gemini)


1. Biarkan dirimu bersedih


Merasa sedih, marah, bingung, dan pastinya galau setelah putus cinta adalah hal yang wajar. Biarkan dirimu merasakan emosi ini dan jangan mencoba menahannya. Hal ini sering menjadi masalah terutama bagi pria karena menganggap bahwa bersedih dan menangis adalah bentuk dari kelemahan. Padahal kita semua ini manusia yang punya hati, tidak mungkin bisa selalu kuat dan tegar terus. Tidak masalah untuk menangis, marah, dan merasa kehilangan karena ini semua adalah emosi yang normal untuk dirasakan setelah putus cinta. Kamu juga pastinya bisa menggunakan musik dan alkohol untuk membantu jujur dengan perasaan sendiri.


2. Curhat dengan orang yang kamu percaya


Curhat dan berbicara mengenai apa yang kamu alami kepada teman, sahabat, anggota keluarga, atau bahkan terapis dapat membantumu memproses perasaan dan mengatasi perpisahan. Dengan membicarakan tentang fase ini, kamu membantu diri memahami sakit yang dirasakan dan alasan mengapa hubungan itu berakhir. Cara ini pasti bisa membuatmu merasa didukung dan dicintai oleh orang-orang terdekatmu.


3. Hindari kontak dengan mantan 


Hal ini bisa jadi susah-susah gampang untuk dilakukan, tergantung pada situasi dan kondisi. Namun apapun itu, menghindari kontak dengan mantan penting untuk memberi dirimu waktu dan ruang untuk sembuh agar bisa move on dari dirinya. Memikirkan tentang momen bersamanya saja sudah bisa membuat kamu lebih sulit untuk melupakannya, apalagi jika kamu terus melihat atau berbicara dengan mantanmu. Tidak membatasi kontak dengan mantan juga bisa membuat kamu merasa lebih sedih, marah, atau bingung.


(Putus cinta dapat membuatmu terjebak dalam kesedihan yang berlarut-larut. Foto: Dok. liza zummer/pexels)

4. Jaga diri dan kesehatan


Pastikan kamu menjaga pola makan yang sehat dan bergizi, tidur yang cukup, dan rutin berolahraga. Pada saat patah hati, hal-hal ini mungkin adalah yang terakhir untuk muncul di kepalamu. Namun percayalah, melakukan ini akan membantumu merasa lebih baik secara fisik dan emosional. Makan makanan sehat dapat memberimu energi dan membantu tubuh merasa lebih baik. Tidur yang cukup dapat membantu kamu merasa lebih tenang dan mengurangi stres. Kemudian, Olahraga dapat membantumu melepaskan hormon endorfin, yang dapat memperbaiki suasana hati kita.


5. Coba hobi baru


Habiskan waktumu bersama sahabat ataupun anggota keluarga. Kamu bisa coba lakukan aktivitas hobi baru, atau mulailah mengerjakan hal-hal yang mungkin selama ini telah kamu tunda. Melakukan berbagai kegiatan yang kamu sukai baik sendiri, maupun bersama orang terdekat akan membantumu melupakan sakit yang kamu rasakan. Selain untuk mengalihkan perhatian, tapi siapa tau dengan melakukan banyak aktivitas dapat membuatmu meraih sesuatu yang akan memberikan rasa pencapaian. Hal ini akan sangat mengobati luka di hati dan rasa kehilangan yang mendalam.


6. Jalani prosesnya


Kamu mungkin sudah muak mendengarkan kata-kata ini karena sangat klise dalam urusan putus cinta. Namun, pada kenyataannya memang butuh waktu untuk sembuh dari putus cinta dan jangan berharap kamu akan merasa lebih baik hanya dalam semalam. Kamu harus jalani prosesnya untuk memberikan dirimu waktu selama apapun yang dibutuhkan untuk bersedih, melanjutkan kehidupan, hingga akhirnya bisa move on dari mantanmu. Tenang saja, tidak ada durasi waktu yang ditetapkan untuk bisa sembuh dari putus cinta. Setiap orang akan sembuh dengan waktu dan caranya masing-masing.


(Baca Juga: 33 Pertanyaan Terbaik untuk Deep Talk dengan Pasangan)


Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba untuk melewati masa-masa putus cinta. Ingatlah! Bahwa kamu tidak sendirian dan masih banyak orang disekitarmu yang sayang dan peduli terhadap dirimu. Perpisahan itu memang sulit, tetapi bukan berarti tak dapat dilewati. Ini hanyalah satu dari sekian banyak fase berat dalam hidup yang apabila dihadapi dengan tabah, akan memberikanmu banyak pelajaran dan menjadikan dirimu orang yang lebih hebat dari sebelumnya.


Sex & relationship