Life & health

Cara Mengetahui Karakter Diri Sendiri dan 4 Tes Kepribadian

By : Her World Indonesia - 2023-07-19 15:00:01 Cara Mengetahui Karakter Diri Sendiri dan 4 Tes Kepribadian

Ada pepatah mengatakan “Gajah di pelupuk mata tidak terlihat, semut di seberang lautan terlihat” yang bermakna bahwa kesalahan diri sendiri tidak terlihat, tetapi kesalahan orang lain terlihat jelas. Hal ini menunjukkan bahwa seringkali memahami orang lain jauh lebih mudah daripada memahami diri sendiri. Dinamika ini biasanya disebabkan oleh kurangnya kesadaran atau karena tidak mengetahui bagaimana caranya memahami diri sendiri.


Masalah ini sebenarnya cukup wajar, karena secara fisik saja mata kita tidak bisa melihat diri sendiri secara langsung dan harus menggunakan bantuan cermin. Sedangkan kita bisa melihat orang lain dengan mudah tanpa bantuan alat apapun. Nah, untuk membantu kamu dalam hal ini Her World sudah merangkum beberapa cara dalam memahami karakter diri sendiri. Yuk, simak pembahasannya!


(Baca Juga: 7 Cara Membaca Kepribadian dengan Tulisan)


1. Refleksikan perilakumu selama ini. 

Pikirkan tentang hal-hal yang telah kamu lakukan dan katakan, dan bagaimana hal itu mempengaruhi orang lain. Ini bisa menjadi tugas yang sulit, tetapi penting untuk jujur dengan diri sendiri tentang tindakanmu. Pertimbangkan konsekuensi dari perilakumu, dan apakah ada cara yang mungkin dapat kamu lakukan untuk menangani berbagai hal secara berbeda jika ditempatkan pada situasi yang sama.


2. Perhatikan pikiran dan perasaanmu 

Apa yang kamu pikirkan tentang dirimu sendiri? Bagaimana perasaanmu tentang diri kamu sendiri? Pikiran dan perasaanmu dapat memberikan wawasan dan pemahaman berharga tentang karakter yang kamu miliki. Perhatikan hal-hal yang kamu pikirkan dan rasakan, baik hal besar maupun kecil semuanya penting untuk dicermati. kemudian cobalah untuk memahami mengapa kamu berpikir dan merasa seperti itu. Ditambah, bertanya ke diri sendiri dan berusaha menjawabnya sendiri pasti akan sangat membantu.


3. Bertanya pendapat orang lain tentang dirimu

Jangan gengsi untuk bertanya kepada teman, keluarga, atau bahkan kolega tentang bagaimana mereka melihat dirimu. Ini bisa menjadi cara yang berguna untuk mendapatkan perspektif objektif tentang karakter diri sendiri. Bersikaplah terbuka untuk mendengar apa yang orang lain katakan, meskipun mungkin yang mereka katakan tidak selalu ingin kamu dengar.


4. Jujur dengan diri sendiri

Jangan mencoba menutup-nutupi kekurangan atau berpura-pura menjadi seseorang yang bukan dirimu sendiri. Sangat penting untuk jujur pada diri sendiri tentang kekuatan dan kelemahan yang kita miliki. Hal Ini akan membantu kamu untuk memahami diri sendiri dengan lebih baik dan membuat perubahan positif dalam kehidupan.


5. Terbuka pada perubahan 

Karaktermu tidak terpaku seperti batu, kamu selalu bisa tumbuh dan belajar. Terbuka lah untuk pengalaman dan tantangan baru karena saat dirimu tumbuh dan belajar, maka karaktermu pun akan terus berkembang.


Untuk lebih detailnya kamu perlu landasan teori dalam mengetahui karakter diri sendiri. Hal ini bisa didapatkan dari mencoba melakukan tes kepribadian yang sekarang sudah banyak tersedia. Oleh karena itu, Her World memiliki empat rekomendasi tes kepribadian yang bisa kamu coba. Penasaran? Yuk, simak daftarnya!



(Berbagai macam ekspresi kepribadian manusia. Foto: Dok. andrea piacquadio/pexels)

1. MBTI/16 Personalities

Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) bisa dibilang adalah tes kepribadian yang paling populer untuk saat ini. Meski belum terlalu lama populer khususnya di kalangan masyarakat Indonesia, tetapi MBTI sebenarnya sudah diterbitkan sejak tahun 1975 oleh Cook Briggs bersama putrinya Isabel Briggs dan telah diteliti, diterbitkan, dan diperbaharui hingga sekarang. MBTI menggunakan empat skala dalam merumuskan kepribadianmu, yaitu; bagaimana caramu merespons dan berinteraksi dengan dunia luar, caramu mengumpulkan informasi di sekitar, caramu membuat keputusan berdasarkan informasi yang dimiliki, dan caramu menghadapi dunia luar.


2. DISC

DISC merupakan singkatan dari dominance (dominasi), influence (pengaruh), steadiness (kestabilan), dan conscientiousness (kesadaran). Sistem tes ini biasanya lebih sering digunakan untuk keperluan profesional. DISC efektif dalam menentukan preferensi dan perilaku seseorang di tempat kerja untuk menentukan jalur karir yang sesuai. Tes ini menjadi favorit di kalangan recruiter dalam mencocokkan kandidat dengan posisi yang dilamar.


3. Berkeley Emotional Intelligence Test

Tes kecerdasan emosional dari Universitas Berkeley ini bertujuan untuk mengukur dan mengidentifikasi kemampuanmu dalam memahami emosi yang dirasakan oleh seseorang berdasarkan ekspresi wajah yang mereka tunjukkan. Tes ini dapat membantu mengukur rasa empati dan kasih sayang pada dirimu untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional yang kamu miliki. Kecocokan seseorang dengan orang lain, baik secara personal maupun profesional pun dapat diukur menggunakan sistem tes ini.


4. PATH Assessment

PATH Assessment merupakan tes yang bertujuan untuk menentukan kepribadian seseorang justru dari sifat dan perilakunya di dunia kerja atau profesional. PATH sendiri merupakan singkatan dari purposes (tujuan), approach (pendekatan), thinking (pemikiran), dan habits (kebiasaan). Perspektif dari tes ini adalah mencari keunikan dari keempat variabel tersebut untuk menentukan cara seseorang menjalani hidupnya.


(Baca Juga: Ada 6 Tipe Kepribadian Wanita, Kamu Termasuk Yang Mana?)


Berikut cara-cara mengetahui karakter diri sendiri dan daftar tes kepribadian yang bisa kamu coba. Memahami diri sendiri dapat membantu jika mungkin kamu sedang kebingungan tentang jalan atau keputusan yang terbaik buat dirimu. Tapi perlu diingat bahwa kepribadian manusia itu rumit dan pastinya sangat berlapis sehingga tidak akan mungkin ada teori yang mampu untuk benar-benar 100% mengupas tuntas variasi kepribadian yang dimiliki oleh seorang individu. Jadi gunakan lah informasi di atas sebagai pembantumu dan bukan penentumu, ya!



(Penulis: Putra Akbar P. Nasution)



Life & health