Life & health

Turun Berat Badan, Ini 6 Sayuran Yang Baik Untuk Diet Cepat

By : Vanessa Masli - 2023-01-16 18:00:02 Turun Berat Badan, Ini 6 Sayuran Yang Baik Untuk Diet Cepat

Ada banyak cara untuk mendapatkan berat badan yang sesuai dengan keinginanmu, tanpa harus menyiksa diri dengan menahan lapar. Dengan memilih jenis makanan maupun minuman yang kamu konsumsi, proses diet yang kamu jalani bisa lebih sehat tapi tak kalah cepat prosesnya. Tentu, untuk memastikan piringmu berisikan makanan-makanan bernutrisi, sayuran harus mengisi sebagian dari wadah tersebut.


Kalau kamu ingin menjalani diet yang relatif cepat dalam menurunkan berat badan, tapi tetap ingin melakukannya dengan cara yang sehat, beberapa sayuran baik ini sudah Her World rangkum untukmu. Kira-kira apa saja yang bisa masuk menu dietmu sehari-hari? Simak deretannya di bawah ini.


1. Jamur



(Sup jamur. Foto: Dok. Anna Pyshniuk/Pexels)


Sayuran satu ini pelan-pelan menjadi pengganti daging bagi kamu yang menjalani gaya hidup vegetarian maupun vegan. Baik ditumis dengan sayuran pilihan untuk makan siangmu atau dimasak sebagai sup, jamur memegang peran penting dalam membantu proses dietmu berjalan lebih cepat dan tetap sehat.


Jamur dikenal dapat membantu kadar gula dalam darah. Selain itu, kandungan proteinnya yang kaya dapat membantu tingkatkan sistem metabolisme tubuh dan akhirnya, berperan dalam penurunan berat badan.


2. Kembang kol



(Kembang kol dipanggang bisa jadi camilan sehat. Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)


Mungkin kamu tak lagi asing dengan sayuran satu ini kalau bicara tentang makanan vegan. Kembang kol menjadi opsi banyak orang untuk menikmati menu-menu favorit seperti pizza atau keripik, dalam versi yang lebih sehat. Setiap gelas kembang kol yang dipotong menyimpan 27 kalori dengan kadar serat seberat dua gram dan protein seberat dua gram.


Dengan kandungan serat dan protein yang kaya di dalam, kembang kol membantu kerja proses pencernaan jadi lebih lambat sehingga membuatmu merasa kenyang lebih lama. Plus, sayuran satu ini bebas lemak, bebas kolesterol, dan rendah kadar sodiumnya. Plus, banyak olahan yang bisa kamu buat dari satu kembang kol untuk menyehatkan tubuh sekaligus menyenangkan hati.


3. Labu kuning



(Sup labu kuning. Foto: Dok. Foodie Factor/Pexels)


Tak hanya sebagai penghangat tubuh yang kurang sehat, sup labu kuning bisa kamu masak dengan misi untuk menjalani diet cepat dan sehat. Sebab, labu kuning sendiri adalah makanan rendah kalori yang tinggi serat sehingga perjalananmu menurunkan berat badan dimudahkan dengan mengonsumsi ini.


Plus, labu kuning juga kaya akan vitamin, termasuk vitamin A yang membantu kuatkan sistem imun tubuh dan membantu kurangi infeksi. Kamu bisa mencampurkannya dalam salad-mu atau memasak sup hangat, apapun cara pengolahannya, kamu bisa dapatkan manfaat yang sama dari labu kuning.


(Baca Juga: Selain Kurangi Nyeri Mens, Ini Manfaat Seledri Bagi Pemula)


4. Timun



(Timun bisa kamu campurkan dalam botol minummu setiap harinya. Foto: Dok. Timur Weber/Pexels)


Kamu bisa kenyang lebih lama berkat kandungan air dan serat dalam tumbuh yang bertambah setelah rutin mengonsumsi timun. Sebagian besar sayuran ini mengandung air sehingga membantu proses detoksifikasi berbagai radikal bebas yang membahayakan pertumbuhan sel. Lalu, serat yang terkandung di dalamnya juga membuatmu merasa kenyang lebih lama.


Selain itu, timun juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang membantu proses metabolisme tubuh. Plus, timun bisa kamu konsumsi dengan mudah. Mulai dari dimasukkan dalam botol minum sehari-hari, campuran smoothies di pagi hari, hingga camilan sehat saat sore menjelang, timun bisa jadi opsi sehat untuk diet yang relatif cepat.


5. Bayam



(Bayam bisa jadi sayuran baik untuk diet cepat dan sehat. Foto: Dok. Eva Bronzini/Pexels)


Sudah pasti kalau membahas makanan yang baik dikonsumsi selama diet, bayam wajib masuk dalam daftar. Sayuran hijau satu ini menjadi sumber makanan yang baik untuk membakar lemak sekaligus menutrisi tubuh. Tak jauh berbeda dengan kale, tapi lebih mudah didapatkan, bayam bisa jadi kuncianmu dalam menurunkan berat badan.


Bayam memiliki kandungan magnesium dan vitamin E yang relatif tinggi sehingga mendukung sistem metabolisme sekaligus melindungi sistem imun tubuh secara keseluruhan. Plus, bayam juga rendah kalori dan karbohidrat sehingga proses diet bisa dijalani dengan baik dan relatif cepat.


6. Brokoli



(Brokoli cukup direbus dan sudah bisa jadi melengkapi asupan sayuran harianmu. Foto: Dok. Castorly Stock/Pexels)


Bisa kamu panggang, bisa kamu rebus, bisa kamu tumis, sayuran ini bisa jadi andalan untuk menjalani diet dengan cepat. Brokoli adalah salah satu sayuran kaya serat sehingga membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Sayuran ini memiliki kalori dan karbohidrat yang rendah sehingga membantu pembakaran lemak kalau kamu juga rajin berolahraga.


Selain kandungan seratnya yang bisa bikin kamu merasa kenyang lebih lama, brokoli juga menyimpan kandungan air yang menjaga hidrasi sekaligus melancarkan metabolisme tubuh. Dengan proses metabolisme tubuh yang baik, dietmu bisa berjalan lebih cepat.


(Baca Juga: 4 Gerakan Olahraga Ringan Sebelum Tidur, Untuk Perut Kecil)


Beberapa sayuran inilah yang baik untuk proses diet cepat tapi tetap sehat sehingga wajib masuk dalam menu makananmu sehari-hari. Selamat mencoba!


Life & health