Food & travel

Kenali 7 Makanan Sumber Protein Nabati Ini!

By : Her World Indonesia - 2023-06-23 11:00:01 Kenali 7 Makanan Sumber Protein Nabati Ini!

Siapa bilang kalau protein hanya dapat diperoleh dari daging? Benar, memang daging merupakan makanan yang kaya akan protein hewani. Namun, masih banyak jenis makanan lainnya yang dapat membuat konsumsi proteinmu lebih bervariatif. Protein nabati bisa jadi pilihannya. Opsi ini juga sangat cocok bagi kamu yang vegan untuk tetap mencukupi kebutuhan protein pada tubuh. Penasaran? Yuk simak tujuh makanan yang mengandung protein nabati!


1. Tempe


(Tempe terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi. Foto: Dok. cottonbro studio/Pexels)


Makanan yang satu ini tentunya sudah menjadi lauk yang sangat digemari orang-orang Indonesia dan diketahui dengan kandungan proteinnya yang tinggi. Di dalam 100 gram makanan yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai ini, terkandung 192 kkal kalori, 20,3 gram protein, 10,8 gram lemak, 7,64 gram karbohidrat. Tidak kertinggalan di dalamnya juga terkandung kalsium, vitamin B, dan zat besi. Sudah tinggi protein, makanan yang satu ini juga memiliki harga yang sangat murah.


2. Tahu


(Tahu adalah makanan tinggi protein dan rendah kalori. Foto: Dok. Polina Tankilevitch/Pexels)


Dikenal sebagai pasangan tempe, tahu juga merupakan makanan yang tinggi protein. Makanan yang satu ini biasa menjadi pilihan banyak orang yang sedang diet karena dikenal rendah kalori dan non-kolestrol. Tahu mengandung 76 kcal kalori, 0 gram kolestrol, dan 7 gram garam. Per 100 gram tahu terdapat 8 gram protein, zat besi, magnesium, fosfor, tembaga, dan selenium. Bahan makanan yang sederhana ini bisa dijadikan makanan ringan maupun hidangan berat.


(Baca Juga: Selain Telur, Ini 8 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi)


3. Edamame


(Edamame merupakan kacang Jepang yang menjadi camilan favorit orang Jepang. Foto: Dok. cottonbro studio/Pexels)


Siapa yang tidak tahu dengan jenis kacang yang satu ini? Kacang yang sering kamu temukan di restorang Jepang ini memang merupakan kedelai asal Jepang. Edamame memiliki sumber protein yang berkualitas. Dalam edamame terkandung 11,4 gram protein, 7,4 gram karbohidrat, 1,9 gram serat, 70 mg kalsium, dan 140 mg fosfor. Fakta menariknya, edamame rebus merupakan camilan favorit orang Jepang, mungkin karena itulah sering disajikan sebagai makanan ringan di restoran-restoran Jepang.


4. Almon


(Selain protein, almond juga memiliki vitamin E dan magnesium yang baik untuk rambut dan kulit. Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)


Kacang yang satu ini benar-benar mudah ditemukan. Almon bisa menjadi bahan tambahan pada oatmeal atau smoothies, menjadi bahan campuran kue, dan bahkan bisa dijadikan susu. Jika dipanggang dan langsung disantap sebagai camilan juga enak. Dalam 30 gram kacang almond panggang tanpa garam terkandung 6 gram protein, krabohidrat, kalsium, serat, dan zat besi. Almon juga dikenal kayak akan vitamin E dan magnesium yang membuatnya baik untuk kesehatan rambut dan kulit.


5. Chia seed


(Chia seed memiliki kanduang asam lemak omega-3 tertinggi dibanding biji-bijian lainnya. Foto: Dok. Castorly Stock/Pexels)


Biji-bijian yang satu ini bisa dibilang kecil-kecil cabe rawit. Walaupun ukurannya yang sangat kecil, tetapi memiliki manfaat yang luar biasa. Hal ini disebabkan chia seed mengandung asam lemak omega-3 dengan jumlah tertinggi dibanding biji-bijian lainnya. Dalam dua sendok makan chia seed (30 mg) terkandung 4,68 gram protein dan serat. Selain protein, chia seed juga merupakan bahan makanan yang memiliki zat besi, zinc, antioksidan, dan kalsium.


(Baca Juga: Tak Hanya Daging, Ini 8 Makanan Berprotein Tinggi)


6. Alpukat


(Alpukat mengandung protein yang cukup tinggi dan lemak baik. Foto: Dok. ready made/Pexels)


Buah yang satu ini terkenal akan kandungan lemak baik dan proteinnya yang tinggi. Buah ini banyak dipilih orang-orang yang sedang diet untuk memeroleh asupan protein dan lemak baik pada tubuh. Alpukat dapat kamu santap dalam bentuk salad, smoothies, jus, ataupun topping di atas roti. Setengah buah alpukat yang berukuran sedang mengandung protein sebanyak 2 gram protein, 14,7 gram lemak, dan 8,5 gram karbohidrat.


7. Kentang


(Kentang rebus atau panggang memiliki kandungan protein nabati. Foto: Dok. Castorly Stock/Pexels)


Kentang lebih dikenal sebagai makanan yang tinggi karbohidrat, tetapi ternyata kandungan protein di dalamnya juga cukup banyak. Jika kamu merebus dan memakan satu buah kentang berukuran sedang (150 gram) tanpa garam, kamu akan mendapatkan 4 gram protein. Kentang goreng memang lezat, tetapi coba mulai untuk memakan kentang rebus atau panggang untuk opsi yang lebih menyehatkan. Selain karbohidrat dan protein, kentang juga mengandung kalsium dan vitamin C, lho!


Itu dia tujuh makanan sumber protein nabati yang bisa kamu coba sebagaia alternatif daging-dagingan sebagai sumber protein kebutuhan tubuh. Selamat menyantap!


(Penulis: Nathania Adella Putri)


Food & travel