Food & travel

Starbucks Coffeemezation Hadir Lagi Wujudkan Minuman Impian

By : Her World Indonesia - 2023-06-14 17:00:01 Starbucks Coffeemezation Hadir Lagi Wujudkan Minuman Impian

Tahun lalu Starbucks memperkenalkan Coffeemezation, sebuah kampanye yang mengangkat personalisasi minuman pelanggan. Kampanye ini mendapat banyak sambutan positif terutama dari generasi milenial dan Gen-Z. Maka dari itu, Coffeemezation hadir kembali di tahun ini dengan mengangkat konsep yang sedikit berbeda dan mengajak pelanggan mewujudkan minuman impiannya. Tidak hanya sampai di situ, pelanggan dengan minuman yang terpilih dapat kesempatan untuk memenangkan sejumlah hadiah menarik.


Tahun Kedua Coffeemezation di Indonesia


(Starbucks Coffeemezation 2023 "Make Your Drinks Come True". Foto: Dok. PT Sari Coffee Indonesia)


Chief Marketing Officer untuk PT Sari Coffee Indonesia pemegang merek Starbucks di Indonesia Liryawati mengungkapkan, “Ini adalah tahun kedua Coffeemezation diadakan kembali di Indonesia dengan sedikit twist yang membuat kampanye semakin menarik dari tahun sebelumnya. Jika tahun lalu kami memperkenalkan konsep personalisasi minuman melalui kampanye, tahun ini dengan tema ‘Make Your Drinks Come True’ kami mengajak pelanggan untuk menuangkan ide-ide kreatifnya dalam mewujudkan minuman impian, sekaligus memenangkan beberapa hadiah menarik.”



(Liryawati, CMO PT Sari Coffee Indonesia. Foto: Dok. PT Sari Coffee Indonesia)  


Ia juga menambahkan bahwa “craft” merupakan dalah satu brand pillar Starbucks yang sangat mereka tekankan dalam kampanye ini karena bukan hanya bukan hanya mereka ingin mengajak pelanggan untuk berpikir kreatif dan mewujudkan minuman impian mereka yang bisa dinikati di seluruh gerai di Indonesia, melainkan juga menunjukkan keahlian para barista dalam menerjemahkan ide-ide para pelanggan tersebut.


(Baca Juga: Starbucks Memperkenalkan "Coffeemezation 2022")


Starbucks sebenarnya memang sudah terkenal dengan menu customization-nya sejak awal tahun 2000an dan makin berkembang melalui tagar #StarbucksSecretMenu atau #StarbucksSecretRecipe di media sosial. Seperti yang kita tahu, pelanggan ataupun barista dapat berkreasi dengan menambahkan saus karamel, sirup, shot kopi, mengganti jenis susu ke susu nabati, non-fat, pilihan less sweet, hingga opsi kopi decaf. “Kebebasan untuk mengkreasikan minuman sesuai keinginan membuat kampanye ini jadi lebih personal, khususnya bagi Gen-Z,” tambah Lirya.


Ajak Pelanggan untuk Berkreasi dan Berkesempatan Memenangkan Hadiah

Ada perbedaan kampanye Coffeemezation tahun ini dengan tahun sebelumnya. Kampanye ini dimulai sejak 24 April yang mengajak para pelanggan untuk membagikan ide-ide kreatif kreasi minuman Starbucks impian mereka di situs web https://www.Starbucks.co.id/coffeemezation. Tahap ini berlangsung hingga 14 Mei dan akhirnya tim dapat memilih empat finalis dengan ide minuman yang sangat menarik.



(Astrid Tanggara, Sr. GM, Portofolio Marketing & Communications, PT Sari Coffee Indonesia. Foto: Dok. PT Sari Coffee Indonesia)


“Dari tanggal 24 April hingga 14 Mei, ada lebih dari 11 ribu submission terkumpul dengan berbagai idenya yang luar biasa hingga akhirnya kami bisa memilih empat finalis. Sesuai dengan tema tahun ini, ‘Make Your Drinks Come True’, Starbucks pun akan mewujudkan mimpi finalis dengan menampilkan empat minuman kreasi mereka untuk dapat dinikmati di seluruh gerai Starbucks di Indonesia mulai dari tanggal 12 Juni hingga 9 Juli 2023,” jelas Astrid Tanggara, Senior General Manager, Portfolio Marketing & Communication untuk PT Sari Coffee Indonesia.


(Baca Juga: Starbucks Rayakan 21st Anniversary Berdirinya di Indonesia)



(Keempat minuman Coffeemezation 2023 terpilih dengan para finalis. Foto: Dok. PT Sari Coffee Indonesia)


Empat minuman dari empat finalis terpilih dengan ide yang unik adalah Iced Salted Caramel Green Tea Latte dari Suci Rahmadhani, Sweet Brown Sugar & Vanilla Macchiato dari Fiqi Hermaarif, Iced Tiramisu Latte dari Rayi Cita dan White & Dark Royal Cream Frappuccino dari Mirna Morina.


ICED SALTED CARAMEL GREEN TEA LATTE

Minuman kreasi Suci Rahmadhani yang memiliki rasa salted caramel ini makin terasa sempurna dengan sedikit campuran matcha shot di atasnya. Tersedia dalam varian dingin.


SWEET BROWN SUGAR & VANILLA MACCHIATO

Ini adalah minuman yang menggunakan espresso Starbucks yang khas dipadukan dengan susu dan sirup rasa brown sugar serta topping bubuk vanilla yang harum. Kreasi dari Fiqi Hermaarif ini sangat pas disajikan dingin untuk menemanimu bekerja dan mencari inspirasi. Tersedia dalam varian dingin.


ICED TIRAMISU LATTE

Perpaduan Starbucks Espresso yang khas, susu dan sugar cane syrup memberikan kesan rasa yang lembut dengan vanilla sweet cream foam topping layaknya dessert tiramisu. Minuman dari ide Rayi Cita ini makin makin terasa sempurna karena ada taburan bubuk coklat dan Turkish powder di atasnya. Yummm! Tersedia dalam varian dingin.


WHITE & DARK ROYAL CREAM FRAPPUCCINO

Untuk para pecinta blended beverages-nya Starbucks, minuman impian dari Mirna Morina ini pasti cocok di lidah. Campuran saus white chocolate dengan susu, Frappuccino chip dan ice berpadu lezat ditutup dengan whipped cream di atasnya. Tersedia dalam varian blended beverages.


Keempat minuman ini sekarang sudah tersedia di Starbucks untuk para pelanggan cicipi. Tidak hanya mencicipi, para pelanggan memiliki kesempatan untuk memenangkan total jutaan rupiah dengan cara membeli salah satu minuman dari empat finalis lalu membuat konten mengenai minuman Coffeemezation 2023 untuk menunjukan dukunganmu di media sosial. Para akhir periode, tepatnya 12 Juli 2023, finalis yang memiliki minuman dengan performa penjualan terbaik akan memenangkan hadiah-hadiah menarik, mulai dari Vespa, iPhone, logam mulia hingga MAP Gift Voucher.



(Keempat kreasi minuman Coffeemezation 2023. Foto: Dok. PT Sari Coffee Indonesia)


Penasaran bukan, dengan keempat kreasi minuman Starbucks yang terpilih dari 11 ribu resep minuman yang terkirim? Jangan sampai ketinggalan juga kesempatan kamu mendapatkan hadiah jutaan rupiah dengan menunjukkan dukunganmu kepada salah satu dari keempat minuman tersebut yang menjadi favoritmu. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa kunjungi situs web https://www.Starbucks.co.id/coffeemezation.


(Penulis: Nathania Adella Putri)

Food & travel