Life & health

Sulung dan Nyonya Ai: Perjalanan Pemulihan Luka Batin

By : Her World Indonesia - 2023-05-30 15:00:01 Sulung dan Nyonya Ai: Perjalanan Pemulihan Luka Batin

Penerbit Gramedia Pustaka Utama resmi merilis buku terbaru dari manager artis papan atas, Sulung Landung pada 24 Mei 2023. Berbeda dengan buku Sulung sebelum-sebelumnya yang lebih banyak mengupas mengenai seluk-beluk profesinya, kali ini dalam buku terbarunya yang diberi judul Sulung dan Nyonya Ai, ia membuka sisi rentan dirinya yang selama ini tidak terlihat di ranah publik.


Sulung Landung dikenal sebagai manager artis kenamaan Indonesia, sekaligus pendiri Avatara88 Artist Management. Kiprahnya di dunia hiburan sudah tidak diragukan lagi karena ia sudah pernah mengelola artis-artis papan atas seperti Nicholas Saputra, Vino G. Bastian, Dion Wiyoko, Adinia Wirasti, Lukman Sardi, Julie Estelle, Asmara Abigail, dan masih banyak lagi. Namun di balik kariernya yang gemilang, tersebunyi sosok Sulung kecil yang penuh dengan luka batin akibat pengalaman masa kecilnya yang terus mengusik benak Sulung dewasa.


(Baca Juga: Life as We Know It: Pengingat Harapan Esok Yang Lebih Baik)



(Sulung Landung, penulis buku Sulung dan Nyonya Ai. Foto: Dok. Gramedia)


Sulung menuturkan, “Sewaktu kecil, saya mengalami perundungan dan beberapa peristiwa traumatis yang melibatkan Ibu saya. Saya mengunci semua kejadian tersebut rapat-rapat dan tidak pernah menceritakannya kepada siapa pun, sampai saya terpukul atas satu kejadian cukup besar yang terjadi dalam hidup saya saat dewasa. Dari situlah, saya menyadari kalau saya belum bisa berdamai dengan trauma di masa lalu dan harus mencari cara untuk memulihkan luka agar bisa hidup secara penuh.”


Dalam buku ini, Sulung bercerita tentang perjalanan hidupnya dari kecil hingga dewasa yang didampingi oleh Nyonya Ai, sang ibu yang sangat ia cintai. Namun di waktu yang sama, hubungan pahit manis di antara mereka banyak menimbulkan luka batin dalam dirinya. Cara Nyonya Ai membesarkan Sulung sedikit banyak membentuk kepribadiannya yang tangguh dalam menaklukkan kerasnya hidup sebagai anak rantau.


Namun, Nyonya Ai mungkin tidak menyadari bahwa sikapnya ketika mendidik Sulung, menorehkan luka yang hingga puluhan tahun kemudian ternyata masih terasa basah. Pada akhirnya, keduanya mampu untuk menemukan jalan dan titik terang untuk menambal lubang-lubang luka tersebut da membuat hubungan mereka dapat melangkah ke depan dengan lebih baik.


(Baca Juga: Chef Degan Septoadji Rilis Buku Perjalanan Kuliner Pertama)



(Buku Sulung dan Nyonya Ai. Foto: Dok. Gramedia)


Melalui proses menelanjangi diri untuk menyembuhkan luka-luka masa kecil tersebut, Sulung membaikan kisah perjalanannya mengenal luka dan mencari jalan untuk berdamai dengan diri sendiri. Buku yang sangat personal bagi Sulung ini, tetap untuk menemani kamu yang sedang dalam perjalanan memulihkan diri dari luka-luka masa lalu, menuju proses berdamai dengan diri sendiri untuk menemukan kebahagiaan dalam hidup.


Buku Sulung dan Nonya Ai sudah dapat kamu temukan di toko Gramedia yang tersebar di seluruh Indonesia, situs gramedia.com, Gramedia Official Store di Shopee dan Tokopedia, Gramedia Pustaka Utama Official Store di Shopee, serta berbagai toko daring di marketplace yang bekerja sama dengan Gramedia Pustaka Utama.


(Penulis: Nathania Adella Putri)

Life & health