Life & health

Starbucks Rayakan 21st Anniversary Berdirinya di Indonesia

By : Her World Indonesia - 2023-05-26 11:00:01 Starbucks Rayakan 21st Anniversary Berdirinya di Indonesia

Starbucks Indonesia merayakan hari jadinya yang ke-21 pada 17 Mei 2023 kemarin dengan mengangkat kopi lokal yang baru diluncurkan, yaitu Starbucks Single Origin Indonesia Bali Batur Volcano, memberikan rangkaian penawaran merchandise edisi terbatas, dan permaianan augmented reality yang inovatif pada platform digital milikinya.


Kopi Sebagai Akar dalam Menciptakan Koneksi


(Anthony Mc Evoy, pemimpin PT Sari Coffee Indonesia. Foto: Dok. PT Sari Coffee Indonesia)


Pimpinan PT Sari Coffee Indonesia, pemegang lisensi resmi merek Starbucks di Indonesia Anthony Mc Evoy menjelaskan “Sebagai salah satu pasar terpenting dunia untuk merek Starbucks, Indonesia telah memainkan peran krusial dalam masyarakat melalui kekuatan kopi dan hubungan yang diciptakannya.” Ia juga menambahkan bahwa sebagai salah satu penghasil kopi terbaik di dunia, Starbucks ingin menciptakan peluang tanpa batas bagi lingkungan sekitar.



(Starbucks Origin Indonesia Bali Batur Volcano. Foto: Dok. PT Sari Coffee Indonesia)


Itulah menjadi alasan mereka mempromosikan kopi lokal yang diambil langsung dari lereng gunung berapi Gunung Batur, lalu disangrai langsung di Starbucks Coffee Experience Center di Bali, dan terciptalah Starbucks Origin Indonesia Bali Batur Volcano. Hal ini menunjukkan keberhasilan Indonesia dalam menyangrai kopinya sendiri, yang berdampak baik bagi lingkungan dengan menurunkan jejak karbon.



(Starbucks Kintamani. Foto: Dok. PT Sari Coffee Indonesia)


Untuk mengajak konsumen berinteraksi lebih dekat, Starbucks membuka gerai terbarunya di Kintamani pada 31 Maret lalu. Tidak hanya itu, Starbucks juga mencoba untuk lebih dekat dengan pelanggan dengan cara memperluas jaringan di beberapa sub kota potensial seperti Pematang Siantar, Palangka Raya, Garut, Kudus, Salatiga, dan beberapa kota besar di Pulau Sumatera, Sulawesi , Kalimantan, dan pulau-pulau Indonesia Timur lainnya.



(Interior Starbucks Kintamani. Foto: Dok. PT Sari Coffee Indonesia)


(Baca Juga: Starbucks Memperkenalkan "Coffeemezation 2022")


Merayakan 21 Tahun Starbucks Melalui Augmented Reality

Dengan beroperasinya 540 toko di Indonesia, Starbuck selalu ingin memperluas hubungan dengan semua pelanggan di seluruh area, termasuk platform digital. Dalam rangka merayakan 21 tahun beroperasi, mereka meluncurkan permainan augmented reality “The Adventure of Barista” yang mengajak konsumen untuk berpetualang bersama barista Starbucks dan memenangkan rewards. Permainan ini sudah dapat dimainkan sejak 8 Mei dengan memindai kode QR yang ada di meja gerai Starbucks mana pun. Pada 17 Mei 2023, konsumen dapat mengikuti promo “Win the Day” dan mendapatkan satu kue seharga dua minuman ukuran Grande.


Merchandise Hari Jadi Edisi Terbatas


(Merchandise edisi terbatas perayaan 21st anniversary Starbucks. Foto: Dok. PT Sari Coffee Indonesia)


Starbucks menciptakan rangkaian merchandise edisi terbatas sebagai perayaan hari jadiya yang ke-21. Terdiri dari tote bag, tumbler stainless steel dalam dua pilihan warna, tumbler bag, dan Bearista raksasa yang lucu. Tumbler bag tersedia secara eksklusif di Starbucks Delivers, sedagkan Bearista dapat dibeli hanya dengan harga Rp50.000, dengan akumulasi pembelian hingga Rp2 juta menggunakan Starbucks Rewards yang sudah terdaftar. Jangan sampai ketinggalan untuk mengoleksi Starbucks Cards dengan desain spesial Bearista.


(Baca Juga: Community Store Pertama Starbucks Buka di Tanah Abang)


21 Tahun Pencapaian

Sudah 21 tahun sejak Starbucks membuka gerai pertamanya di Plaza Indonesia dan terus berekspansi. Starbucks memiliki misi untu mengubah kehidupan orang-orang yang terhubung dengan Starbucks dan perusahaan selalu berusaha memberikan dampak positif bagi masyarakat. Di tahun 2020, Starbucks membuka Community Store pertama di kawasan Tanah Abang Jakarta, untuk menciptakan kesempatan belajar bagi anakmuda Tanah Abang yang dilanjutkan dengan Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program (SCYEP) untuk mendukung pemberdayaan anak muda.



(Starbucks memiliki misi untuk membawa perubahan dan dampak positif kepada kehidupan masyarakat sekitar. Foto: Dok. PT Sari Coffee Indonesia)


Kemudian, menutup tahun 2022, Starbucks membuka signing store pertama di Indonesia di Starbucks Community Store Tata Puri, yang didedikasikan untuk komunitas Tuli, gangguan pendengaran, dan bahasa isyarat di Jakarta, Indonesia. Di tahun yang sama, Starbucks dengan dukungan Starbucks Foundation dan berkolaborasi bersama Habitat for Humanity melakukan proyek air, sanitasi, dan kebersihan (WASH) di Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor.


Selain itu, partner Starbucks Indonesia memasang AquaTower bersama Planet Water Foundation di Cipamokolan, Bandung pada Hari Cuci Tangan Sedunia, menjadikannya menara kesepuluh di Indonesia sejak 2011. Selain itu, partner Starbucks telah mendukung proyek yang dipimpin oleh Mercy Corps Indonesia untuk memberdayakan petani kopi perempuan di Kabupaten Bandung melalui pelatihan dan pendampingan.


Selanjutnya, Starbucks Bekerja sama dengan Farmers Support Center di Berastagi, Sumatera Utara, lebih dari 500.000 bibit kopi telah disumbangkan kepada petani kopi melalui program Art in the Cup. Tahun ini, Starbucks ingin menegaskan komitmennya untuk memberikan kembali kepada Planet Bumi dengan mendonasikan 48.000 bibit pohon kopi kepada petani kopi di Indonesia sebagai bagian dari perayaan ini. Penyerahan bibit pohon kopi tersebut akan dilakukan pada 1 Oktober 2023, bertepatan dengan Hari Kopi Internasional.


(Penulis: Nathania Adella Putri)

Life & health