Hair & beauty

Ini 6 Minyak Esensial Untuk Hilangkan Jerawat dan Bekasnya

By : Vanessa Masli - 2023-05-10 15:00:02 Ini 6 Minyak Esensial Untuk Hilangkan Jerawat dan Bekasnya

Jerawat sudah menjadi sesuatu yang paling sering disebut kalau membahas masalah kulit. Entah karena pori-pori yang tersumbat atau memang perubahan hormon yang muncul tapi tak kunjung hilang, jerawat pun jadi alarm setiap orang untuk menjaga kebersihan kulit masing-masing.


Tentu, banyak produk dan perawatan yang tersedia untuk menjadi solusi dalam menghilangkan jerawat maupun bekasnya. Namun, buat kamu yang lebih memilih hilangkan jerawat dengan cara atau bahan-bahan alami, essential oil alias minyak esensial bisa jadi salah satu solusinya.


Nah, di bawah ini, Her World sudah merangkum beberapa minyak esensial yang cocok untuk menghilangkan jerawat sekaligus bekasnya. Penasaran apa saja? Simak rangkumannya sampai akhir ya!


1. Thyme



(Minyak esensial untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat. Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)


Minyak esensial satu ini diekstrak dari daun thyme – rempah yang biasa menjadi penyedap rasa masakan khas Mediterania – memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan maupun kecantikan, khususnya dalam hal jerawat. Daun thyme sendiri sudah teruji efektif dalam melawan bakteri penyebab jerawat.


Kamu bisa mengaplikasikan minyak esensial thyme ini langsung ke jerawat alias spot treatment dan minyak tersebut akan bekerja lebih efektif untuk menghilangkan jerawat dibandingkan benzoyl peroxide.


Namun, pastikan kamu mencampurkan minyak esensial tersebut dengan carrier oil – seperti minyak zaitun atau minyak kelapa – untuk membuat efek minyak esensial tetap terasa tanpa membuat kulit iritasi akibat ekstraknya yang cenderung kuat.


2. Lavender


Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari minyak esensial lavender. Jadi tak heran, banyak orang menyimpan setidaknya satu botol minyak esensial dengan ekstrak bunga ini. Mulai dari aroma yang tak pernah gagal merelaksasi pikiran hingga mengatasi masalah jerawat, jadi lavender pun bisa jadi solusi yang kamu cari.


Kehadiran lavender oil bisa menjadi pelembap alami untuk kulitmu sekaligus menenangkan kulit wajah yang mengalami inflamasi. Pelan-pelan tapi pasti, bakteri penyebab jerawat pun berhenti tumbuh dan akhirnya menghilangkan jerawat, sekaligus bekasnya dari wajahmu. Plus, rutin mengaplikasikan minyak esensial satu ini, kondisi kulitmu akan terasa lebih halus dan lembut.


3. Lemon



(Minyak esensial lemon. Foto: Dok. Lukas/Pexels)


Ragam kandungan vitamin C yang baik untuk kulit dan tubuh terkandung dalam buah satu ini, jadi tak perlu diragukan efeknya dalam menghilangkan jerawat jika buah lemon diekstraksi. Kamu hanya cukup mengaplikasikannya seperti spot treatment ke area jerawat maupun bekasnya.


Minyak esensial lemon tak hanya menghilangkan jerawat meradang di kulit, tapi juga menghambat pertumbuhan bakteri yang menjadi penyebab kemunculan jerawat. Plus, lemon oil juga berfungsi sebagai eksfoliator sehingga membuat kulit wajahmu merata dan lembut.


4. Tea tree


Sudah menjadi rahasia umum, tea tree oil memang diandalkan banyak orang untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya di wajah. Kandungan daun teh terbukti anti-inflamasi dan anti-mikroba sehingga tea trees oil terbukti aman sekaligus ampuh menghilangkan jerawat.


Kamu cukup mencampurkan dua tetes tea tree oil dengan 12 tetes carrier oil (bisa minyak zaitun atau minyak kelapa), lalu coba aplikasikan ke siku untuk mengetahui reaksi kulitmu sebelum diaplikasikan ke wajah. Pastikan wajah dalam keadaan bersih dan kering saat kamu mengaplikasikan minyak daun teh dengan kapas di area jerawat. Biarkan kering sebelum kamu lanjutkan dengan pelembap. Untuk hasil maksimal, lakukan setiap pagi dan malam.


5. Eucalyptus



(Minyak kayu putih bisa hilangkan jerawat. Foto: Dok. Tara Winstead/Pexels)


Eucalyptus oil alias minyak kayu putih tak hanya bisa beri kehangatan di musim hujan, tapi juga beri solusi untuk masalah jerawatmu. Rupanya minyak kayu putih memiliki kandungan anti peradangan sehingga bisa kamu jadikan bahan alami untuk spot treatment.


Kamu bisa mencampurkan dua hingga tiga tetes eucalyptus oil ke pelembap wajah sehingga mudah untuk mengaplikasikannya ke wajah tanpa harus khawatir efeknya akan menimbulkan iritasi wajah. Pastikan kamu menghindari area mata, hidung, dan luka terbuka karena minyak kayu putih meninggalkan sensasi panas di area tersebut.


6. Sandalwood


Minyak yang diekstrak salah satu rempah, sandalwood menjadi andalan sebagian orang untuk menyembuhkan beberapa masalah kulit, tanpa terkecuali jerawat. Rempah satu ini menyeimbangkan produksi sebum sehingga cukup untuk melembapkan dan menutrisi kulit tanpa menyumbat pori-pori. Jadi, kamu bisa menghilangkan jerawat sekaligus bekasnya.


Kamu hanya perlu mencampurkan empat tetes sandalwood oil dengan minyak lemon dan carrier oil pilihanmu. Setelah tercampur, pijat seluruh area wajah dan leher. Diamkan selama 30 menit sebelum kamu bilas hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal, lakukan ini setiap hari.


(Baca Juga: 7 Skincare Infused Make Up Yang Wajib Dicoba!)


Beberapa minyak esensial ini bisa kamu coba untuk menghilangkan jerawat di wajah. Selamat mencoba!


Hair & beauty