Life & health

Menyeramkan! Ini 6 Rekomendasi Film Psikopat Kisah Nyata

By : Natasha Fitrand - 2023-05-05 16:00:01 Menyeramkan! Ini 6 Rekomendasi Film Psikopat Kisah Nyata

True crime menjadi salah satu genre yang paling banyak diminati saat ini, terutama jika kejahatan yang dimaksud berdasarkan dari kisah nyata. Ada banyak konten mengenai true crime yang kini bisa kamu ikuti, mulai dari podcast, video essay di Youtube atau TikTok, hingga film, dokumenter, dan serial televisi yang mungkin diperankan oleh bintang-bintang favoritmu. Genre ini memang menarik untuk diikuti, memberikan perasaan berdebar dan tidak membosankan. Bahkan, beberapa orang merasa lebih aman ketika menyaksikan film dengan genre true crime agar bisa lebih waspada dan berhati-hati saat beraktivitas.


Meski begitu ada baiknya kamu mengikuti anjuran saat mengikuti genre satu ini, karena umumnya menggambarkan sosok psikopat dan kehatan yang ia lakukan di dunia nyata. Atau, jika kamu sudah mengikuti genre true crime sejak lama dan ingin menambah wawasanmu, maka jangat lewatkan artikel ini! Berikut adalah rekomendasi film psikopat kisah nyata yang bisa kamu tonton.


1. The Good Nurse


(Film psikopat The Good Nurse. Foto: Dok. IMDB)

Baru rilis di tahun lalu, The Good Nurse menceritakan tentang seorang pembunuh berantai berkedok perawat bernama Charles Cullen yang diperankan oleh Eddie Redmayne. Pada kisah nyata, Charles Cullen mengaku telah membunuh sebanyak 40 pasien dengan cara memberikan overdosis obat selama 16 tahun masa berkariernya sebagai perawat. Film ini juga menampilkan sosok asli perawat Amy Loughren yang membantu memenjarakan Charles Cullen, diperankan oleh Jessica Chastain.


(Baca Juga: Seram! Ini 10 List Film Psikopat Terbaik Sepanjang Masa)


2. My Friend Dahmer


(Film psikopat My Friend Dahmer. Foto: Dok. IMDB)

Kamu mungkin sudah pernah mendengar bahkan menonton serial Netflix Dahmer yang menceritakan kisah nyata dari psikopat dan pembunuh berantai Jeffrey Dahmer. Sebelum serial populer ini, di tahun 2017 kisah Jeffrey Dahmer digambarkan pada film berjudul My Friend Dahmer yang diperankan oleh Ross Lynch dan Alex Wolff. Meski Jeffrey Dahmer terkenal dengan kejahatannya terhadap pria homoseksual, pada film ini kisahnya lebih berfokus pada sudut pandang sosok nyata John "Derf" Backderf, diperankan oleh Alex Wolff yang merupakan sahabat dari Jeffrey Dahmer.


3. The Night Stalker

(Film psikopat The Night Stalker. Foto: Dok. IMDB)

The Night Stalker adalah julukan untuk pembunuh berantai Richard Ramirez, yang diperankan oleh aktor Lou Diamond Phillips pada film satu ini. Richard Ramirez melakukan kejahatannya di California pada tahun 1984-1985 dan berhasil membunuh sebanyak 15 korban. Sang psikopat juga terkenal memiliki minat yang kuat pada satanisme dan okultisme. Ia dijatuhi hukuman mati pada tahun 1989.


4. Extremely Wicked, Shockingly Evil, and Vile

(Film psikopat Extremely Wicked, Shockingly Evil, and Vile. Foto: Dok. IMDB)

Siapa yang tidak tahu dengan nama pembunuh berantai Ted Bundy? Psikopat “karismatik” yang telah membunuh sebanyak 30 korban ini disebut sebagai salah satu pembunuh berantai paling terkenal di Amerika. Diperankan oleh Zac Efron, film Extremely Wicked, Shockingly Evil, and Vile, berfokus pada sudut pandang istri Ted Bundy, Liz Kendall yang diperankan oleh Lily Collins, dimana hidupnya hancur saat mengetahui selama ini sang suami merupakan psikopat yang diburu oleh seluruh Amerika.


5. Zodiac

(Film psikopat Zodiac. Foto: Dok. IMDB)

Bagi kamu para peminat genre true crime, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan nama The Zodiac Killer. Sosok pembunuh berantai inilah yang dikisahkan pada film tahun 2007 Zodiac, diperankan oleh aktor-aktor ternama Robert Downey Jr., Mark Ruffalo, dan Jake Gyllenhaal. Ketiga aktor tersebut memerankan karakter detektif yang ingin memecahkan misteri terkait The Zodiac Killer yang telah meresahkan warga San Francisco Bay Area di akhir tahun 1960-an hingga awal tahun 1970-an. Membunuh sebanyak lima korban, The Zodiac Killer tidak pernah mengungkap identitasnya, melainkan hanya memberi petunjuk berupa catatan berkode yang penuh misteri. Sampai saat ini, The Zodiac Killer disebut sebagai kasus pembunuhan tak terpecahkan paling terkenal di Amerika.


(Baca Juga: Merinding! Ini 8 Film Korea Tentang Psikopat yang Seram)


6. Memories of Murder


(Film psikopat Memories of Murder. Foto: Dok. IMDB)

Selain psikopat di Amerika, ada pula film psikopat kisah nyata yang berasal dari Korea Selatan. Film ini dibuat oleh Bong Joon Ho, pembuat film populer Parasite yang tayang di tahun 2003 dan diperankan oleh Song Kang Ho dan Kim Sang Kyung. Kedua aktor tersebut memerankan karakter detektif yang sedang menjalankan misi memecahkan misteri pembunuhan di Hwaseong pada akhir tahun 1980-an. Pada kisah nyata, terbukti psikopat dari kejahatan ini adalah Lee Choon Jae yang telah mengaku membunuh sebanyak 14 korban.


Itu adalah rekomendasi film psikopat nyata yang wajib kamu tonton. Meski menampilkan misteri yang seru dan mendebarkan, jangan lupa tonton film ini sesuai anjuran, ya!


Life & health