Hair & beauty

Masker Ketan Hitam Untuk Kecantikan, Ini Cara Membuatnya!

By : Natasha Fitrand - 2023-04-28 16:00:01 Masker Ketan Hitam Untuk Kecantikan, Ini Cara Membuatnya!

Kamu penggemar ketan hitam? Makanan tradisional Indonesia satu ini banyak digemari dalam bentuk bubur dengan rasa manis yang mengenyangkan. Selain itu, ketan hitam juga mudah ditemukan di pasaran baik dalam bentuk beras, tape ketan, hingga cendil. Selain rasanya yang nikmat, ketan hitam juga banyak dikonsumsi oleh warga Indonesia berkat manfaatnya untuk kesehatan tubuh.


Ketan hitam sendiri mengandung protein, karbohidrat, vitamin, dan nutrisi yang jika dikonsumsi secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan mengobati berbagai penyakit, salah satunya adalah diabetes. Namun, selain khasiatnya untuk kesehatan dalam tubuh, rupanya ketan hitam juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, lho. Penasaran? Simak di bawah ini.


Manfaat Ketan Hitam Untuk Kecantikan


(Beras ketan hitam untuk kecantikan. Foto: Dok. ArtCookStudio/iStock)

Kandungan ketan hitam memang dipercaya mampu mengobati beragam jenis penyakit. Namun apa kamu tahu ketan hitam juga bisa mempercantik kulit? Ketan hitam mengandung senyawa alami yang dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini, kandungan ini juga dapat mendorong produksi kolagen untuk membuat kulit selalu terlihat plump, segar, dan sehat. Berikut adalah berbagai manfaat ketan hitam untuk kecantikan.


1. Memutihkan dan mencerahkan kulit

2. Mengurangi munculnya jerawat, dan membantu mengatasi jerawat membandel

3. Menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam

4. Mengencangkan kulit

5. Mengangkat komedo dan sel kulit mati

6. Mengecilkan pori-pori

7. Mencegah produksi minyak berlebih

8. Membuat kulit terlihat lebih awet muda


(Baca Juga: Bikin Kulit Glowing, Kenali 4 Manfaat Chia Seed Untuk Wajah)


Itu dia berbagai manfaat ketan hitam untuk kulit. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu perlu menggunakan ketan hitam dalam bentuk masker secara rutin agar bisa merasakan perbedannya pada kulitmu. Jangan khawatir, di bawah ini kamu bisa melihat cara mudah membuat masker ketan hitam!


Cara Membuat Masker Ketan Hitam


(Cara membuat masker ketan hitam. Foto: Dok. Ruslan malysh/iStock)

Kamu mungkin sudah terbiasa dengan cara mengolah beras ketan hitam menjadi makanan. Namun, mengolah beras ketan hitam menjadi makanan dan masker memerlukan proses yang berbeda.


1. Siapkan beras ketan hitam dalam mangkok.

2. Tambahkan air hangat hingga beras ketan hitam terendam seluruhnya, lalu tunggu selama satu jam dan tiriskan.

3. Panaskan beras ketan hitam dalam wajan tanpa menggunakan minyak, lalu sangria hingga kering.

4. Haluskan beras ketan hitam menggunakan blender sampai menjadi bubuk, atau kamu juga bisa menumbuk ketan hitam secara manual.

5. Simpan bubuk ketan hitam dalam toples.


(Baca Juga: Coba 4 Produk Masker Wajah Ini Untuk Atasi Kulit Bertekstur)


Setelah menyimpan bubuk ketan hitam yang selesai dibuat, kamu bisa menggunakannya sebagai masker dengan cara menyampurkan satu-dua sendok makan bubur ketan hitam dengan air, lalu mengaduknya hingga menjadi bentuk pasta atau krim. Oleskan ke kulit wajah menggunakan kuas masker, diamkan sampai kering lalu bilas dengan air dingin. Gunakan masker ketan hitam ini selama dua kali seminggu untuk hasil yang maksimal.


Selamat mencoba!


Hair & beauty