Hair & beauty

5 Cara Alami Untuk Melentikkan Bulu Mata

By : Vanessa Masli - 2023-05-02 16:00:02 5 Cara Alami Untuk Melentikkan Bulu Mata

Kalau berbicara tentang kecantikan, mata menjadi salah satu bagian wajah yang mampu menarik perhatian sehingga berbagai warna eye makeup pun dihadirkan untuk semakin mempercantik tampilannya. Entah dari kelopak mata berbagai warna, alis yang tersisir rapi, hingga bulu mata yang tebal dan lentik.


Nah, tak sedikit wanita yang melakukan perawatan untuk membuat bulu mata terlihat lebih tebal dan lentik. Mulai dari mengaplikasikan maskara setiap kali make up sebelum beraktivitas hingga melakukan eyelash extension, bulu mata menjadi salah satu bagian wajah yang kerap dijaga tampilannya.


Namun, buat kamu yang jarang make up dan belum mau melakukan perawatan untuk bulu matamu, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk melentikkan bulu mata. Penasaran apa saja? Simak rangkuman Her World di bawah ini.


1. Usap dengan teh hijau



(Dinginkan teh hijau sebelum diusapkan ke area bulu mata. Foto: Dok. Tima Miroschnichenko/Pexels)


Kaya akan antioksidan yang juga baik untuk kesehatan maupun kecantikan, teh hijau bisa jadi andalanmu untuk lentikkan bulu mata. Kandungan flavonoid dan kafein yang ada di dalam teh hijau membantu pertumbuhan bulu mata sehingga kondisi tetap sehat dan lentik. Plus, vitamin B yang tersimpan dalam teh hijau juga menguatkan folikel-folikel bulu mata


Kamu cukup menyeduh satu cangkir teh hijau dan diamkan sebentar. Saat sudah cenderung hangat atau sesuai dengan suhu ruangan, celupkan kapas ke teh hijau, dan usap ke seluruh bagian bulu mata. Setelah diusapkan, tutup area mata dengan kapas tersebut selama 10 menit sebelum dibilas hingga bersih. Lakukan kebiasaan ini secara rutin setiap hari dan kamu bisa melihat hasilnya selama tiga minggu.


2. Memijat


Tak hanya bahu atau pinggang yang perlu direlaksasi dengan pijatan, wajah dan area kepala pun perlu sesekali dipijat. Untuk melentikkan bulu mata, memijat bisa jadi salah satu kebiasaan yang dapat diterapkan. Kalau kamu pernah memijat kulit kepala, pertumbuhan dan kondisi rambut terjaga karena kebiasaan tersebut. Efek serupa juga bisa terjadi pada bulu mata kalau kamu rutin memijatnya. Tentu karena kulit di area mata cenderung lebih tipis dan sensitif sehingga kamu perlu ekstra hati-hati saat memijatnya.


Pertama, pejamkan kedua matamu. Lalu, pastikan tangan dalam keadaan bersih. Kamu bisa mengusapkan kedua telapak untuk memberikan sensasi hangat sebelum mulai memijat. Pelan-pelan tekan jari di area atas kelopak mengarah ke bawah mendekati bulu mata. Lalu, pijat di seluruh bagian kelopak dari bagian dalam hingga ujung luar. Lakukan hal serupa di area bulu mata bawah. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa memijat selama dua menit setidaknya dua kali dalam sehari.



3. Aplikasikan shea butter



(Shea butter bisa jadi salah satu cara untuk melentikkan bulu mata. Foto: Dok. Mike Murray/Pexels)


Mungkin kamu tak lagi asing mendengar bahan satu ini. Minyak yang diekstraksi dari kacang shea atau lebih familier dikenal dengan nama shea butter sudah menjadi salah satu bahan kosmetik selama berabad-abad. Apalagi dengan manfaatnya untuk melembutkan, menenangkan, dan menjaga kondisi kulit, shea butter sudah menjadi andalan banyak orang untuk masalah kulit.


Nah, mengaplikasikan shea butter ke area bulu mata bisa menjadi salah satu solusi untuk melentikkannya. Kandungan vitamin C yang kaya dalam shea butter mendorong produksi kolagen sekaligus melindungi kulit dari radikal bebas. Jadi, shea butter bisa bantu pertumbuhan bulu mata sehingga lebih tebal, sehat, dan lentik.


Kamu hanya perlu mengaplikasikan sedikit shea butter dan mengusapnya di antara jarimu untuk melelehkannya. Lalu, langsung aplikasikan ke bulu mata bagian atas dan bawah. Setelah itu, diamkan sepanjang malam dan kebiasaan ini perlu dilakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.


(Baca Juga: Ingin Bulu Mata Tebal? Ini 8 Cara Untuk Menebalkan Bulu Mata)


4. Hindari mengucek mata


Rasanya memang memuaskan ketika matamu mendadak gatal, refleks langsung mengucek mata. Namun, berbagai cara alami untuk melentikkan mata harus diseimbangkan dengan kebiasaan yang dikurangi, termasuk mengucek mata. Kulit di area mata termasuk yang paling sensitif dari seluruh area wajah sehingga mengucek mata terlalu sering bisa sebabkan kerontokan bulu mata.


Jadi, kalau kamu ingin bulu mata tumbuh lentik dan sehat, kebiasaan mengucek mata ini harus dikurangi.


5. Rutin membersihkan make up



(Bersihkan make up secara rutin, khususnya di area mata. Foto: Dok. Anna Shvets/Pexels)


Membersihkan make up sebelum tidur itu sudah kebiasaan wajib bagi setiap orang. Dalam hal menjaga kondisi bulu mata tetap lentik dan sehat, kebiasaan membersihkan make up setiap hari menjadi sangat penting. Kamu akan terkejut melihat banyak debu-debu halus yang hinggap di area mata, menempel di produk make up yang kamu pakai di area bulu mata. Lakukan secara perlahan dan hindari gesekan terlalu keras di area mata. Dengan memastikan bulu mata tetap bersih, kamu juga menjaga kondisi kesehatannya.


(Baca Juga: Masker Ketan Hitam Untuk Kecantikan, Ini Cara Membuatnya!)


Beberapa cara alami ini bisa kamu lakukan untuk melentikkan bulu mata. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!



Hair & beauty