Hair & beauty

Ingin Bulu Mata Tebal? Ini 8 Cara Untuk Menebalkan Bulu Mata

By : Her World Indonesia - 2023-03-31 15:00:01 Ingin Bulu Mata Tebal? Ini 8 Cara Untuk Menebalkan Bulu Mata

Wanita sering kali ingin membuat dirinya terlihat semakin memesona setiap saat. Biasanya, wanita ingin terlihat menawan di hadapan para pria. Salah satu bagian yang paling diminati oleh para wanita adalah bulu mata. Bulu mata yang tebal, dapat membingkai matamu agar terlihat fresh. Cukup banyak wanita yang merelakan untuk menebalkan bulu mata dengan berbagai cara.

Namun, ada beberapa cara yang dapat menebalkan bulu mata yang mudah di rumah saja. Kamu tidak perlu pergi ke salon untuk menebalkannya. Lalu, bagaimana cara agar bulu matamu lebih tebal? Oleh karena itu, yuk, simak berbagai ulasannya agar bulu matamu menjadi lebih tebal dan indah.


1. Gunakan Petroleum Jelly


(Agar bulu matamu semakin tebal, kamu dapat menggunakan petroleum jelly. Foto: Dok. RF._.studio/ Pexels.com)


Siapa sangka bahwa petroleum jelly bisa menebalkan bulu mata kamu dengan mudah dan cepat. Cara ini dipercaya karena dapat menguatkan bulu mata secara alami dan permanen. Kamu dapat mengaplikasikan petroleum jelly dengan menggunakan sisir bulu mata. Lalu, setelah didiamkan dalam beberapa menit, kamu perlu membilasnya sampai bersih. Kamu juga dapat menggunakannya di pagi hari agar harimu dimulai dengan bulu mata yang lentik dan juga tebal.


2. Kurangi Penggunaan Penjepit Bulu Mata


(Penjepit bulu mata dapat mengurangi ketebalan pada bulu mata dan juga rontok. Foto: Dok.  Karolina Grabowska/ Pexels.com)


Penjepit bulu mata memang dapat melentikkan bulu. Namun, penjepit tersebut dapat merontokkan bulu sehingga bulu matamu menjadi lebih tipis. Maka dari itu, kamu perlu hindari pemakaian penjepit bulu mata secara berlebihan. Kamu bisa menggunakannya ketika diperlukan saja sehingga bulu matamu lebih terjaga dengan ketebalannya.


3. Oleskan Minyak Zaitun


(Minyak zaitun dapat menebalkan bulu matamu dengan kandungan vitamin A dan E. Foto: Dok. Pixabay/ Pexels.com)


Perlu kamu ketahui bahwa minyak zaitun memiliki kandungan vitamin A dan E yang bermanfaat bagi kesehatan rambut. Nah, maka dari itu, minyak zaitun juga bisa kamu gunakan untuk menebalkan bulu mata dan juga lebih menyerap ke dalam akar pada bulu mata, serta pori-pori pada kulit kelopak sehingga dapat merangsang pertumbuhan bulu mata.


4. Aplikasikan Minyak Kelapa

Minyak kelapa untuk bulu mata sangat aman untuk diaplikasikan. Selain melembapkan, minyak kelapa juga dapat menguatkan bulu mata. Hal ini dikarenakan bahwa minyak kelapa dapat mencegah hilangnya protein pada rambut atau bulu mata. Untuk mengaplikasikan minyak kelapa, kamu hanya perlu meneteskan minyak tersebut ke bulu mata dengan menggunakan sisir bulu mata, cotton bud, atau jari kamu. Mudah bukan?


5. Gunakan Lidah Buaya


(Lidah buaya sering digunakan untuk kecantikan dan salah satunya untuk bulu mata agar lebih tebal. Foto: Dok. Cecília O. Tommasini/ Pexels.com)


Sering didengar bahwa lidah buaya sering digunakan untuk kecantikan dan salah satunya adalah rambut. Lalu, lidah buaya ini juga bisa digunakan untuk bulu mata karena terdapat kandungan vitamin dan nutrisi yang kuat sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan bulu mata, serta membuatnya lebih kuat. Kamu bisa aplikasikannya dengan sikat maskara atau sisir bulu mata sebelum tidur.


(Baca Juga: Rambut Lepek & Gatal, Kenali Cara Merawat Rambut Berminyak)


6. Konsumsi Suplemen Vitamin E

Vitamin E memang dikenal memberikan efek positif terhadap rambut. Hal ini dikarenakan dapat menebalkan rambut dan juga bulu mata. Lalu, vitamin ini juga bekerja dengan menguatkan akar rambut sehingga bulu mata kamu tidak cepat rontok. Kini, sudah cukup banyak berbagai produk vitamin E yang diformulasikan untuk bulu mata. Lalu, juga ada dalam berbentuk suplemen sehingga kamu hanya cukup meminumnya saja.


7. Gunakan Teh Hijau


(Teh hijau dapat menebalkan bulu mata karena terdapat kandungan kafein dan antioksidan flavonoid untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Foto: Dok. Maria Tyutina/ Pexels.com)


Teh hijau memang biasanya hanya untuk konsumsi saja. Namun, teh hijau juga dapat menebalkan bulu mata. Bagaimana caranya? Kamu hanya perlu seduh teh hijau dan biarkan teh tersebut selama beberapa menit hingga dingin. Lalu, kamu bisa mengaplikasikan air teh hijau dengan menggunakan cotton bud ke bulu mata. Teh hijau memiliki kandungan kafein dan antioksidan flavonoid yang dapat mendorong pertumbuhan pada bulu mata.


(Baca Juga: Gunakan 5 Bahan Alami Ini Untuk Melentikkan Bulu Matamu!)


8. Sisir Bulu Mata


Kebiasaan menyisir bulu mata dapat merangsang sirkulasi darah ke akar rambut untuk mempercepat pertumbuhan bulu mata. Lalu, dengan menyisir bulu mata juga dapat membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada bulu mata. Kamu hanya perlu menyisir selama dua kali sekali dengan menggunakan sikat khusus bulu mata atau kuas maskara yang bersih. Tak hanya menebalkan, menyisir bulu mata secara rutin juga dapat melentikkan bulu mata hingga menjadi lebih lembut. Hal ini merupakan salah satu cara yang paling mudah dilakukan untuk keseharianmu.


Inilah delapan cara agar bulu matamu semakin tebal dan indah. Selamat mencoba!


(Penulis: Sania Zelikha)


Hair & beauty