Fashion

Intip Koleksi Baru Sundaland dari Ghea Resort by AmandaJanna

By : Natasha Fitrand - 2023-04-23 15:00:01 Intip Koleksi Baru Sundaland dari Ghea Resort by AmandaJanna

Ghea Resort by AmandaJanna, sebuah merek fashion lokal yang diluncurkan pada tahun 2020 oleh dua saudari kembar Amanda Soekasah dan Janna Soekasah sebagai bentuk penghormatan kepada ibu mereka Ghea Panggabean, baru saja merilis koleksi terbaru “Sundaland” dengan makna spesial untuk keluarga tercinta sekaligus kekayaan alam Indonesia.


Nama “Sundaland” sendiri terinspirasi oleh sejarah geologi Indonesia, tepatnya merujuk pada masa daratan yang ada selama periode glasial terakhir yang menghubungkan antara Jawa, Sumatra, dan Kalimantan. Masa daratan ini menjadi rumah bagi berbagai macam flora dan fauna khas yang sayangnya kini menjadi terancam punah.


Koleksi “Sundaland”, mengikuti terjemahannya yaitu “Tanah Sunda” juga menceritakan kisah tentang budaya dan alam khas Jawa Barat. Koleksi ini juga menjadi upaya dari Ghea Resort byAmandaJanna untuk merayakan budaya dan alam Indonesia yang kaya, khususnya meningkatkan kesadaran tentang flora dan fauna yang terancam punah di Indonesia, serta suku asli yang masih hidup dekat dengan alam.


(Koleksi Sundaland oleh Ghea Resort by AmandaJanna. Foto: Dok. Ghea Resort by AmandaJanna)

(Koleksi Sundaland oleh Ghea Resort by AmandaJanna. Foto: Dok. Ghea Resort by AmandaJanna)


(Baca Juga: Penuh Daya Pikat, Intip Koleksi "Rain" dari Ghea Resort)


Koleksi pertama "Sundaland" pada bulan Ramadan ini menampilkan dua ikon utama, yaitu spesies fauna burung Ekek Geling dan spesies flora bunga Acung Jangkung. Dua spesies tersebut kini terancam punah, dan sayangnya masih belum banyak dikenal oleh warga Indonesia. Dua spesies tersebut menjadi desain utama pada koleksi satu ini yang turut menghiasi atasan, bawahan, set piece, gamis, dan jubah yang dibuat dengan menggunakan bahan lembut seperti satin berkualitas. Desainnya pun menampilkan warna asli kedua spesies tersebut dari alam serta warna-warna lembut lain seperti putih antik, biru lembut, hijau salvia, pink lembut, dan ungu muda yang cocok untuk bulan Ramadan.


Selain dua spesies tersebut, koleksi ini juga dihias dengan tulisan "Bersyukur & Berkarya" yang merupakan bentuk penghormatan pada kakek AmandaJanna yaitu Sutadi Sukarya, serta menjadi pengingat untuk selalu mengucap syukur atas rahmat dari Sang Pencipta melalui karya.Sang kakek Sutadi Sukarya, seorang pria yang mencintai seni dan budaya, sayangnya meninggal dunia di masa pandemi tahun lalu pada usia 93 tahun. Selain bentuk penghormatan bagi sang kakek, koleksi "Sundaland" juga menjadi pesan terakhirya kepada keluarga untuk terus mengingat dan ikut melestarikan budaya Jawa Barat.


(Koleksi Sundaland oleh Ghea Resort by AmandaJanna. Foto: Dok. Ghea Resort by AmandaJanna)

(Koleksi Sundaland oleh Ghea Resort by AmandaJanna. Foto: Dok. Ghea Resort by AmandaJanna)


(Baca Juga: Central Park Mall X Her World Gelar Raya Fashion Parade)


Hal lain yang tidak kalah istimewa, bahwa "Sundaland" dari Ghea Resort by Amanda Janna bukan hanya penghormatan kepada kakek tercinta dan akar mereka di Jawa Barat, tetapi juga menjadi bentuk penghormatan kepada semua orang Jawa Barat, khususnya untuk terus menghargai warisan budaya dan keindahan lingkungan alam di tempat tinggal. Tidak berhenti disini, setelah koleksi Ramadan, AmandaJanna akan melanjutkan eksplorasi "Sundaland" menuju suku pedalaman asli Baduy, dengn menampilkan desain yang menggabungkan tradisi dan warisan unik mereka. Koleksi “Sundaland” kini sudah tersedia untuk pembelian di toko online dan offline dari Ghea Resort by AmandaJanna.


Fashion