Hair & beauty

Kenali Perawatan Kulit Terbaik Melalui MRA Beauty Talks 2023

By : Danes Wara - 2023-04-18 11:00:01 Kenali Perawatan Kulit Terbaik Melalui MRA Beauty Talks 2023

Pernahkah kamu memiliki rasa ingin tahu mengenai dunia kecantikan melalui pandangan seorang editor beauty? Nah, pada kesempatan kali ini, tiga beauty editor dari Harper’s Bazaar Indonesia, Her World Indonesia, dan Cosmopolitan Indonesia  telah berkumpul untuk berbincang tentang topik seputar perawatan kulit dan berbagi pengalaman mereka dalam memperhatikan dan merawat kulit serta mencoba produk-produk apa saja yang cocok untuk digunakan sesuai jenisnya.


Diselenggarakan di pada 11 April 2023 di CJ's, Hotel Mulia Senayan, tiga beauty editor yang hadir sebagai pembicara yakni Erica Arifianda yang merupakan Managing Editor Harper’s Bazaar Indonesia, Putri Arifa sebagai Assistant Managing Editor Herworld Indonesia, dan Astriana Gemiati sebagai Senior Editor Cosmopolitan Indonesia. Lalu hadir pula Ria Lirungan selaku Editor in Chief Harper’s Bazaar Indonesia sekaligus Head of Fashion & Beauty di MRA Media yang sudah lama berkecimbung dalam industri kecantikan. Selain memiliki pengalaman yang sudah banyak tentang dunia kecantikan, sederet pembicara ini juga telah seringkali berkecimbung dengan para narasumber yang terpercaya, mulai dari ahli dermatologi atau dokter hingga beauty brand owners untuk mendapat pengetahuan yang lebih dalam dan tepat.


Talk show dimulai dengan pembahasan tentang basic skincare seperti kebutuhan skincare apa yang diperlukan untuk pagi dan malam hari. Ternyata, menurut Astriana Gemiati, perawatan kulit pada pagi dan malam itu berbeda. “Nah, gini… kebutuhan skincare itu berbeda lho pagi dan malam. Kalau pagi itu yang wajib mulai dari bangun tidur adalah minum air putih, walau bukan skincare tapi itu sangat penting. Kemudian cuci muka menggunakan facial wash, toner, eye cream, serum, moisturizer, dan step yang paling penting yakni SPF. Lalu, kalau buat malam hari, cukup double atau triple cleanser. Biasanya aku mulai dari milk, balm, oil, setelah itu micellar water, baru cuci wajah pakai sabun muka. Setelah itu dilanjutkan dengan toner, serum, dan terakhir night cream,” jelas Astriana.


Namun langkah yang terkadang seringkali dilewatkan adalah pengaplikasian eye cream. Nah, pengaplikasian eye cream ini bisa dengan aplikator atau menggunakan jari manis. “Kenapa? karena area mata itu sangat sensitif dan kulitnya tipis, sedangkan pressure dari jari manis paling pas. Gerakannya ditarik ke atas ya melawan gravitasi,” ujar Putri.



(Beauty Talks 2023. Foto: Dok. Mochamad Mushahriar)


Beralih ke topik pembahasan yang lebih kompleks yakni 10 Step Beauty Ritual, apakah masih dalam tren? Menurut Ria Lirungan, 10 langkah perawatan skincare tersebut muncul karena adanya Korean Beauty Brand yang mengeluarkan varian-varian terbaru untuk melengkapi rangkaian perawatan basic. “Misalnya sebelum toner dan serum, terdapat pre-serum atau essence, ampoule, sheet mask dan lain-lain. Produk-produk tersebut dipakai sesuai kebutuhan atau permasalahan masing-masing kulit. Boleh dipakai memang dirasa perlu,” tutur Ria.


Berbincang soal tren, jaman sekarang semakin banyak muncul tren kecantikan yang populer di media sosial seperti Tik Tok contohnya Skinminimalism dan Skin Slugging. Meskipun sedang tren, tetap penting untuk memilih produk perawatan kulit yang tidak sembarangan dan bergantung sama jenis kulit. Erica kemudian bercerita tentang pengalamannya mencari bantuan dari dokter atau ahli dermatologi yang cenderung dulu sulit didapatkannya. Namun dengan berkembangnya teknologi, datang ke klinik kecantikan sudah bukan hal yang sulit. “Kalau dari pengalaman pribadi, menuntaskan bekas jerawat juga gak cukup lewat produk. Seperti pengalaman aku dulu ke ERHA untuk mencari solusi buat mengatasi jerawat ketika remaja. Tetapi sekarang kalau ke ERHA, masalahnya sudah beda lagi… cari tahu masalah aging! Katanya di sana sekarang mereka punya alat Skin Age Detector berbasis AI,” ungkap Erica.


(Baca Juga: Kamu Pemula? Berikut 4 Rekomendasi Skincare Yang Cocok)


Nyatanya, hal tersebut disetujui oleh expert, dr. Benny Hadypramono Djojokoesoemo yang merupakan dokter dari ERHA Dermatology. Beliau turut hadir untuk memberikan konsultasi sekaligus insight untuk para tamu undangan yang menanyakan bagaimana mengenali dan merawat kulit dengan baik pada talk show ini. Ia juga menyarankan untuk melakukan perawatan tambahan dalam menjaga keremajaan kulit sesuai dengan usia kita karena dengan seiring bertambah usia, jenis kulit kita akan berubah.


(Skin check & consultation ERHA. Foto: Dok. Mochamad Mushahriar)


(Skin Age Detector ERHA. Foto: Dok. Mochamad Mushahriar)


(Beauty Talks 2023 guests. Foto: Dok. Mochamad Mushahriar)


Menariknya lagi, para tamu undangan bisa langsung mendapatkan konsultasi pribadi dengan dr. Benny di corner Skin Check & Consultation. Ada pula Skin Age Detector yang dihadirkan oleh ERHA Dermatology untuk mengetahui tentang berapa umur kulit kamu yang sebenarnya. Selama acara berlangsung, tamu undangan juga dapat menikmati keseruan lainnya seperti hand massage dari L’Occitane dan Nail art & Manicure dari Linnea Beauty Salon.



(Manicure by Linnea Beauty Bar. Foto: Dok. Mochamad Mushahriar)



(Hand massage by L'Occitane. Foto: Dok. Mochamad Mushahriar)


(Baca Juga: Ketahui 4 Manfaat Body Scrub untuk Kulit yang lebih Halus!)


Tentunya kamu bisa mengetahui lebih dalam tentang beragam perawatan dari ERHA Dermatology melalui sosial media ERHA yakni Official Instagram @erha.dermatology dan temukan promo menarik lainnya agar kulit tampil glowing saat Lebaran!

Hair & beauty