Hair & beauty

Ketahui 4 Manfaat Body Scrub untuk Kulit yang lebih Halus!

By : Fariza Rahmadinna - 2023-04-15 11:00:01 Ketahui 4 Manfaat Body Scrub untuk Kulit yang lebih Halus!

Selain wajah, tubuh juga tidak boleh terlewatkan saat melakukan rutinitas perawatan kulit. Kebanyakan orang sudah menyadari berbagai manfaat dari eksfoliasi wajah secara rutin, dan manfaat yang sama ini juga berlaku untuk eksfoliasi tubuh, lho. 


Berikut ini, Herworld akan menjabarkan beberapa manfaat body scrub yang wajib kamu ketahui, dan rekomendasi body scrub terbaik buat kamu!


Manfaat Body Scrub


1. Membersihkan pori-pori yang tersumbat


Pori-pori yang tersumbat adalah kondisi kulit umum yang disebabkan oleh penumpukan sel-sel kulit mati, minyak, dan kotoran. Jika dibiarkan, pori-pori yang tersumbat dapat menyebabkan timbulnya jerawat di badan (body acne). Melakukan eksfoliasi kulit tubuh menggunakan body scrub dapat membantu membersihkan pori-pori tersumbat yang bisa mencegah timbulnya body acne.  


2. Menghilangkan sel-sel kulit mati di permukaan kulit


Faktanya, banyak faktor yang dapat menyebabkan penumpukan sel-sel kulit mati di kulit, seperti lingkungan, cuaca, dan pembersihan yang kurang maksimal, yang bisa membuat kulit tampak lebih kasar dan kusam. Untuk menghilangkan penumpukan sel-sel kulit mati ini, kamu bisa menggunakan body scrub secara rutin. Ini juga akan mendorong lapisan kulit meregenerasi sel-sel kulit baru yang lebih sehat.  


3. Memungkinkan kulit menyerap bodycare dengan lebih baik


Menggunakan body scrub secara rutin bisa memungkinkan kulit kamu menyerap body care dengan lebih baik setelahnya. Setelah menggosok tubuh secara menyeluruh menggunakan body scrub, menghilangkan penumpukan sel-sel kulit mati, kini kulit tubuh mampu menyerap body care dengan lebih baik yang memungkinkan bahan aktif dalam produk perawatan tubuh bekerja secara maksimal di dalam kulit. 


3. Membuat kulit lebih lembap


Satu lagi, manfaat body scrub yaitu dapat membuat kulit terasa lebih lembap dan lembut. Pasalnya, dengan menjaga agar pori-pori tetap bersih dan tidak tersumbat, serta tidak ada penumpukan sel-sel kulit mari, itu dapat membuat kulit terasa lebih halus, lembap, dan tampak sehat. 


4. Meningkatkan sirkulasi darah


Seperti halnya saat memijat, menggosok tubuh menggunakan body scrub juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah agar kulit tetap sehat dan terjaga elastisitasnya.


Bagaimana cara menggunakan body scrub secara efektif?


Kamu bisa memulainya dengan membasahi tubuh dengan air hangat untuk memberi efek menenangkan sekaligus membuka pori-pori, sehingga body scrub bisa bekerja secara maksimal untuk membersihkan pori-pori tersumbat. 


Selanjutnya, ambil body scrub dalam jumlah banyak di telapak tangan, ratakannya ke seluruh tubuh, lalu gosok lembut sambil pijat tubuh kamu dengan gerakan melingkar. Ini akan membantu menghilangkan sel kulit mati dan meningkatkan sirkulasi darah.


Setelah menggosok seluruh tubuh, bilas sisa body scrub menggunakan air suam kuku hingga bersih. Keringkan dengan handuk bersih dan lembut. Kemudian oleskan tubuh menggunakan body serum atau body butter untuk memberi kelembutan dan kelembapan pada kulit tubuh kamu. 


Rekomendasi body scrub yang bisa kamu coba


1. Fresh Brown Sugar Body Polish Exfoliator


(Photo by fresh.com)


Brown Sugar Body Polish Exfoliator dari fresh adalah body scrub yang terdiri dari kristal gula merah asli, yang dipercaya dapat bekerja sangat baik untuk menghilangkan sel-sel kulit mati di kulit tanpa terlalu mengeringkannya. Ini karena, kristal gula merah bersifat humektan yang dapat berfungsi untuk mencegah hilangnya kelembapan. Ditambah campuran unggul dari empat oil terbaik, seperti evening primrose, sweet almond, kernel aprikot, dan jojoba oil, yang diketahui menyehatkan dan mampu melembabkan kulit. Kandungan minyak jeruk di dalam body scrub ini juga bisa meninggalkan aroma yang menyegarkan, menenangkan, dan tak terlupakan. 


2. Scarlett Whitening Body Scrub 


(Photo by scarlettwhitening.com)


Sama halnya dengan scrub badan lain, Scarlett Whitening Body Scrub juga berfungsi untuk mengangkat kotoran atau sel-sel kulit mati di kulit tubuh secara lebih maksimal, tanpa membuatnya semakin kering atau iritasi. Body scrub ini dikemas dengan glutathione, vitamin E, dan butiran scrub halus, yang baik untuk meregenerasi, melembapkan, dan mencerahkan kulit tubuh. 


Scarlett Whitening Body Scrub memilki banyak variasi aroma yang relaxing dan refreshing!


3. Naturally Speaking Body Scrub



Body scrub dari Naturally Speaking by Erha ini diklaim sebagai yummiest body scrub yang mengandung ekstrak grape seed, yang baik untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan langsung membuat kulit kamu jadi lebih halus dan cerah. Aroma anggurnya yang dominan sungguh sangat tidak refresing, relaxing, dan bisa membuat sensasi mandi lebih mewah. 


4. Wardah Soft Body Scrub with Strawberry



(Photo by sociolla.com)


Body scrub lembut dari Wardah ini mengandung ekstrak buah strawberry dan susu, yang kedunya dikenal ampuh dalam mengangkat kotoran dan sel kulit mati sekaligus meningkatkan kelembapan dan nutrisi kulit. Memakai body scrub ini secara rutin dapat membuat kulit kamu tampak lebih halus, lembut, dan lebih cerah.


5. Sugarpot Tish Body Scrub


(Photo by sociolla.com)


Rekomendasi body scrub lainnya yang bisa kamu coba yakni datang dari Sugarpot Tish Body Scrub. Ini adalah scrub badan berbahan natural untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan menghaluskan kulit. Eksfoliator alami di dalam body scrub ini berasal dari bubuk gandum dan beras, yang diketahui dapat membantu meluruhkan sel-sel kulit mati secara maksimal tanpa mengiritasinya sekaligus menstimulasi peredaran darah di permukaan kulit. 


Selain itu, Sugarpot Tish Body Scrub juga mengandung castor oil dan shea butter yang telah dipercaya mampu memberi kelembapan dan kehalusan kulit. Aroma tehnya juga bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks.



Hair & beauty