Life & health

Bangga! ICAD Wakilkan Indonesia di Milan Design Week 2023

By : Her World Indonesia - 2023-04-14 12:00:01 Bangga! ICAD Wakilkan Indonesia di Milan Design Week 2023

Indonesian Contemporary Art and Design (ICAD) akan mewakili Indonesia di Milan Design Week pada 17-23 April 2023. Pameran ini akan berlangsung di Superstudio Events, Via Tortona 27, Milan, Italia.




(Seniman kontemporer yang dikenal dengan rajutannya, Mangmoel, akan tampil untuk pertama kalinya di Milan Design Week. Foto: Dok. ICAD)


“Disparekraf sangat mengapresiasi segala ide dan upaya yang dilakukan para insan kreatif Jakarta untuk mempromosikan karya kreatif dan budaya Jakarta, serta mendukung penuh untuk menciptakan suatu platform yang memastikan bahwa para pelaku seni dan desain dapat merayakan karya seni yang indah dan memiliki nilai ekonomi bagi kota Jakarta,” ujar Kepada Disparekraf Provinsi DKI Jakarta, Andhika Permata.


Melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mempersembahkan ‘Weaving the World’ oleh ICAD Collective sebagai bagian dari Superdesign Show di Milan Design Week. Pameran ini menampilkan para pelaku asal Indonesia yang telah berada di dunia seni dan desain. Mangmoel merupakan seniman kontemporer yang terkenal dengan rajutannya, tampil untuk pertama kalinya di Milan Design Week.




(Seniman visual Ayu Andiani dan desainer grafis Harry Purwanto juga ikut berkolaborasi untuk Milan Design Week 2023. Foto: Dok. ICAD)


Selain itu, juga ada kolaborasi lainnya yang menjadi kunci yakni seniman visual Ayu Andiani dan desainer grafis Harry Purwanto, speaker BaNa dan TAGA yang terinspirasi oleh kerajinan tangan tradisional, serta keranjang anyaman Polkaa Goods yang didesain oleh dua desainer interior berbakat yakni Rina Renville dan Nuantika.


(Baca Juga: Jakarta Auto Runway 2023 Berkolaborasi Bersama Empat Brand)


Para kurator di balik ‘Weaving the World’ yakni Diana Nazir dan Amanda Ariawan yang merupakan asisten dari kurator melihat aksi menganyam atau menenun sebagai upaya untuk mencapai kesatuan, koeksistensi, dan persinggungan. Tak hanya itu, direktur artistik dari ‘Weaving the World’ seperti Andika Frestian juga ikut melihat aksi tersebut.




(BYO by Tommy Ambiyo, Rinaldy Yunardi dan lain sebagainya juga ikut mengedepankan dunia fashion untuk Milan Design Week 2023. Foto: Dok. ICAD)


Lalu, perusahaan material VIRO juga berkolaborasi dengan desainer interior dan seniman ITJUK, serta KEZIAKARIN dalam dua proyek yang berbeda. Untuk mengedepankan fashion, juga terdapat desainer dan brand yang ikut serta seperti BYO by Tommy Ambiyo, Iyonono, KaIND, KAIT Handmade, Rinaldy Yunardi, RUEVERSE by Savira Lavinia, dan Threadapeutic. Brand furnitur Djalin dan Studio Hendro Hadinata, menghadirkan desain menarik yang menanamkan pesona abadi dari keahlian Indonesia dalam kehidupan kontemporer.


(Baca Juga: Polka & 6 Desainer Indonesia Tampil Di New York Fashion Week)


Oleh karena itu, pameran akan dibuka untuk umum mulai 11.00 hingga 21.00 pada 18-22 April. Lalu, juga akan ada mulai 11.00 hingga 18.00 pada 23 April 2023. Wah, bangga sekali ya!


(Penulis: Sania Zelikha)


Life & health