Sex & relationship

Canggung Kepada Pasangan? Ini Alasan & 10 Cara Mengatasinya

By : Her World Indonesia - 2023-04-14 20:00:01 Canggung Kepada Pasangan? Ini Alasan & 10 Cara Mengatasinya

Canggung pada saat bersama pasangan di masa pendekatan memang sering terjadi dan cukup mengganggu. Biasanya, rasa canggung dapat terjadi karena kurangnya komunikasi. Jangan sampai hal tersebut berkelanjutan hingga nanti. Pasangan akan merasa bosan kepadamu. Perlu kamu ketahui bahwa canggung merupakan terampilnya seseorang yang kurang mahir dalam melakukan sesuatu seperti malu, kaku, dan lain sebagainya.

Perasaan canggung bisa membuatmu minder dan kurangnya percaya diri. Pastinya, kamu ingin menghindari rasa canggung kepada pasanganmu. Maka dari itu, ada berbagai cara untuk mengatasinya. Seperti apa sih caranya? Yuk, simak ulasannya.


1. Berani Membuka Obrolan


(Rasa canggung di hadapan pasangan sering terjadi. Maka dari itu, kamu perlu membuka obrolan terlebih dahulu. Foto: Dok. Christina Morillo/ Pexels.com)


Rasa canggung bersama pasangan, biasanya sering terjadi karena kurangnya bahan obrolan. Hal tersebut menjadikan suasana lebih kaku hingga saling berdiam diri. Maka dari itu, kamu harus berani dalam membuka obrolan agar pasanganmu dapat menganggapmu sosok yang seru. Pasangan juga akan mudah membuka isi hatinya tanpa perlu malu di hadapanmu.


2. Menjaga Komunikasi Melalui Telepon


(Jaga hubunganmu dengan pasangan melalui call atau video call agar mengurangi rasa canggung. Foto: Dok. Anna Shvets/ Pexels.com)


Jika kamu sedang tidak bertemu pasangan, kamu bisa menghubunginya melalui call atau video call. Oleh karena itu, kamu perlu sering melakukannya agar tidak canggung sehingga membuatmu dan pasangan menjadi lebih intim. Pentingnya komunikasi akan membantumu untuk menciptakan hubungan.


3. Utamakan Untuk Selalu Bertemu


(Kamu perlu mengutamakan untuk saling bertemu dengan pasangan agar tidak canggung saat bertemu lagi. Foto: Dok. W O L F ? R T/ Pexels.com)


Pertama kali bertemu, rasa canggung memang sering terjadi. Namun, hal tersebut tidak boleh kamu biarkan, kamu perlu mulai mengajaknya untuk bertemu. Tidak hanya sekali, kamu perlu mengajak pasanganmu pergi selama waktumu kosong. Pasanganmu juga akan merasa nyaman selama kamu bertemu dengannya.


4. Sering Berinteraksi Bersama Orang Lain


(Sering berinteraksi dengan orang lain dapat mengurangi canggung. Dok. Foto: Christina Morillo/ Pexels.com)


Selain bersama pasangan, kamu juga bisa latihan berinteraksi dengan orang lain agar kamu dapat terbiasa untuk membuka obrolan. Tentunya, kamu perlu latihan dengan orang yang memiliki karakter yang seru dan mudah bergaul. Saat berkomunikasi, kamu akan melihat cara berbicaranya yang bisa kamu tiru untuk mencairkan suasana.


5. Sering Senyum Kepadanya


(Sering tersenyum akan membuatmu semakin terlihat orang yang terbuka dan tidak canggung. Foto: Dok. Daniel Xavier/ Pexels.com)


Mudah senyum dapat menjadikanmu orang yang ramah di hadapan pasanganmu. Selain itu, kamu juga akan terlihat seperti orang yang terbuka. Maka dari itu, kamu harus tetap percaya diri untuk terus tersenyum. Hal ini juga menjadikan karaktermu semakin kuat.


6. Kuasai Materinya

Rasa canggung akan timbul ketika kamu tidak menguasai materi obrolan yang akan dibahas. Maka dari itu, kamu perlu melatih materi yang ingin kamu bahas bersama pasanganmu. Untuk materi, kamu bisa membahas seputar makanan, film, hingga musik favorit. Rasa canggung akan hilang begitu saja jika pasanganmu tertarik.


7. Ubahlah Persepsi Dalam Dirimu

Canggung memang tidak bisa hilang, hanya bisa dikurangi saja. Maka dari itu, kamu perlu mengubah persepsi dirimu bahwa yang dirasakan adalah hal yang membuatmu bahagia. Kamu bisa membuat suasana semakin hangat bersama pasanganmu dengan membahas berbagai hal lucu. Lalu, cara ini juga bisa mengurangi rasa cemas berlebih.


(Baca Juga: 4 Tanda Pria Aries Menyukai Seorang Wanita)


8. Jangan Menjadi Orang Lain

Menjadi orang lain merupakan hal yang harus kamu hindari. Jangan terbawa suasana jika canggung dapat mengubah karaktermu agar dapat terlihat berbeda dari yang lain. Kamu perlu menjadi diri sendiri karena pasanganmu akan lebih menyukai bagian dirimu yang sebenarnya.


9. Jangan Terlalu Merasa Harus Paling Sempurna


(Jangan terlalu merasa paling sempurna karena kamu akan merasa tidak nyaman. Foto: Dok. Maria Orlova/ Pexels.com)


Harus menjadi paling sempurna, kamu dan pasangan akan merasakan kurangnya kenyamanan. Mengapa? Pasangan akan mudah tersinggung bahwa dirimu terlihat seperti memaksakan. Maka dari itu, jalani sesuai alur yang ada sehingga kamu dan pasangan tidak merasakan canggung yang berlebih.


10. Menerima Apa Adanya

Rasa canggung memang harus kamu terima. Sembari itu, kamu akan menemukan berbagai hal baru yang harus kamu jalani dan akan mudah menerima secara perlahan. Biasanya, karakter baru yang muncul di dalam dirimu dapat membantumu terhindar dari rasa canggung. Kamu akan berpikir bahwa rasa canggung bukanlah suatu masalah yang penting di dalam hidupmu.


(Baca Juga: Inilah 6 Cara Mengetahui Love Language Seseorang)


Inilah berbagai cara untuk mengatasi rasa canggung di hadapan pasanganmu. Mulai sekarang, yuk, kurangi rasa canggungmu agar kamu bisa tampil percaya diri.


(Penulis: Sania Zelikha)


Sex & relationship