Fashion

Harper's BAZAAR ANFA 2022/2023 Angkat Isu Sustainability

By : Her World Indonesia - 2023-04-11 14:00:01 Harper's BAZAAR ANFA 2022/2023 Angkat Isu Sustainability

Harper’s BAZAAR Indonesia kembali mengadakan Asia NewGen Fashion Award (ANFA) di tahun ini. Acara pencarian desainer muda bertalenta ini diselenggarakan Harper’s BAZAAR dengan tujuan untuk menemukan dan menjadi wadah desainer-desainer muda di negaranya masing-masing agar dapat menjadi desainer profesional.



(ANFA, acara pencarian desainer muda bertalenta ini diselenggarakan Harper’s BAZAAR. Foto: Dok. MRA Media)


Sejak tahun 2023, ANFA Indonesia telah melahirkan banyak nama besar di dunia fesyen seperti Peggy Hartanto dan Sheila Agatha Wijaya (Sean & Sheila), Michelle Kristiani Tjong, hingga Kelly Vallerie dan Dea Yuliana. Di tahun ini, untuk menemukan desainer-desainer muda berbakat, ANFA menghadirkan tim juri yang terdiri dari desainer fesyen ternama serta representasi dari Institusi fesyen lainnya seperti retail, pusat perbelanjaan, dan produsen tekstil.



(Juri-juri pada Harper's BAZAAR Indonesia ANFA 2022/2023. Foto: Dok. MRA Media)


Juri-juri yang terlibat adalah Ria Lirungan (Editor-in-Chief Harper's BAZAAR Indonesia), Michael Pondaag (Fashion Director Harper’s BAZAAR Indonesia), Lisa Malonda (Istituto Maragoni), Didi Budiharjo (Fashion Designer), Sebastian Gunawan (Fashion Designer), Zamri Mamat (General Marketing Plaza Indonesia), Michelle Tjahyadikarta (Head of Business Operations, Jeeves).


(Baca Juga: Intip Kolaborasi Burgo Indonesia X Harper's Bazaar Indonesia)



(Peserta ANFA 2023 banyak menggunakan bahan yang bertema sustainability. Foto: Dok. MRA Media)


Sebastian Gunawan selaku desainer fesyen mengatakan, “Pada ANFA kali ini, saya melihat banyaknya peserta yang menggunakan bahan-bahan dengan tema sustainability yang cukup menarik. Di mana mereka mencoba memberikan hawa baru lewat siluet, walaupun permainan creative fabric yang beragam. Dan kali ini juga dapat kita lihat bahwa para kontestan berusaha untuk saling memberikan ide-ide baru yang cukup menarik."


Acara ini juga didukung oleh Jeeves, layanan dry cleaning dan binatu yang menggabungkan tradisi keterampilan dengan teknologi paling canggih dan ramah lingkungan. Jeeves of Belgravia berkomitmen untuk menggunakan proses pembersihan yang ramah lingkungan melalui inovasi dan kemajuan teknologi terkemuka. Hal ini bertujuan untuk memberikan hasil dengan kualitas tertinggi tanpa berdampak pada lingkungan.



(Ria Lirungan, Editor-in-Chief Harper’s BAZAAR Indonesia. Foto: Dok. MRA Media)


Editor-in-Chief Harper’s BAZAAR Indonesia Ria Lirungan ungkap, “Saya selalu senang bisa bekerja sama dengan komponen-komponen di dalam ekosistem industri fesyen. Jeeves kami undang untuk mendukung acara ini karena Jeeves menjadi aspek menunjang purna jual dan di perhelatan NewGen Fashion Award ini bisa mengedukasi para finalis tentang proses produksi yang penting untuk kualitas dan ketahanan usia produk fesyen.”


(Baca Juga: ANFA 2020 Mempersembahkan Desainer Muda Baru Penuh Talenta)



(Setiap peserta membawa lima looks hasil rancangannya kepada para juri di Grand Final. Foto: Dok. MRA Media)


Pada Grand Final ANFA Indonesia yang diselenggarakan di LaModa, Plaza Indonesia, masing-masing peserta membawa koleksi hasil rancangannya sebanyak lima looks yang dikemas dalam sebuah pagelaran di depan dewan juri. Di penghujung acara, diperoleh tiga pemenang yang terdiri dari dua pemenang utama dan satu pemenang pilihan Plaza Indonesia.



(Daciadhia Phoebehana (kanan) dan Geralda Almira Pribadi (kiri) adalah dua pemenang utama ANFA 2023. Foto: Dok. MRA Media)


Dua orang pemenang utama adalah Daciadhia Phoebehana dan Geralda Almira Pribadi yang akan mendapatkan beasiswa berupa course pendek selama tiga minggu di Istituto Marangoni, uang tunai sebesar Rp10.000.000, dan voucher belanja di Plaza Indonesia senilai Rp5.000.000, serta dukungan promosi dan publikasi dari Harper’s BAZAAR Indonesia. Kemudian, satu pemenang pilihan Plaza Indonesia, yaitu Maysa Mojahed Ali Naji mendapatkan voucher belanja senilai Rp 5.000.000.


(Penulis: Nathania Adella Putri)

Fashion