Food & travel

Mau Nongkrong Hits & Sehat? Coba 6 Tempat Minum Jamu Ini!

By : Her World Indonesia - 2023-04-04 16:00:02 Mau Nongkrong Hits & Sehat? Coba 6 Tempat Minum Jamu Ini!

Sebagai orang Indonesia, kamu pasti sudah tidak asing mendengar minuman yang satu ini. Jamu merupakan minuman, atau dapat juga disebut sebagai obat herbal, asli Indonesia yang diracik menggunakan bahan-bahan alami untuk menjaga kesehatan dan bisa juga dikonsumsi untuk menyembuhkan penyakit. Bahan-bahan yang biasa digunakan berasal dari lingkungan yang mudah ditemukan seperti daun, rimpang, batang, buah, bunga, dan lainnya.


Jika kamu masih membayangkan kalau mau minum jamu harus mencari mbok-mbok yang menggendong bakul, kamu berarti ketinggalan zaman. Sekarang sudah banyak lho, tempat-tempat nongkrong asik dan keren yang merupakan tempat minum jamu. Mau tahu? Yuk disimak!


1. The Jamu Bar


(The Jamu Bar salah satu tempat minum jamu hits yang berlokasi di Pasific Place Mall. Foto: Dok. thejamubar/Instagram)


Siapa yang tidak tahu dengan kawasan modern Jakarta, yaitu SCBD. Ternyata di tengah kota modern ini, kamu bisa menikmati minuman tradisional yang satu ini. Berlokasi di Pasific Place Mall, kamu bisa minum jamu di The Jamu Bar. Tempat minum jamu ini menyatu dengan gerai Burgreens.


Menu-menu jamu tradisional sepertu sari asam, sari temulawak, kunyit asam, beras kencur bisa kamu temukan di sini. Namun, mereka juga memiliki inovasi berupa jamu mocktails, pencampuran antara rempah tradisional dengan bahan alami. Mereka juga menyediakan jamu dalam kemasan yang bisa kamu beli dan sedih sendiri untuk dinikmati di rumah.


(Baca Juga: Kenali 7 Jenis Jamu Dan Manfaatnya, Penasaran?)


2. Suwe ora Jamu


(Suwe ora Jamu salah satu tempat minum jamu yang mudah kamu temukan. Foto: Dok. galericeritajamukepri/Instagram)


Tempat minum jamu yang satu ini sudah memilki beberapa cabang. Pemilihan lokasinya yang stategis seperti di Petogogan, Salihara, dan M Bloc Space, membuat tempat ini mudah kamu temukan. Sudah beroperasi sejak 2013, Suwe ora Jamu menyediakan beragam jenis jamu tradisional seperti wedang jahe, sereh talang, temulawak rempah, dan masih banyak lagi. Jika kamu ingin membawa minuman ini untuk orang di rumah atau hanya sekedar mampir buru-buru, jamu-jamu di sini bisa kamu take-away dengan mudah karena mereka disajikan dalam botol-botol kaca.


3. Jamuwell


(Jamuwell Cafe yang berlokasi di Puri Indah. Foto: Dok. jamuwell.id/Instagram)


Jamu memang bukan minuman yang bisa dinikmati semua orang. Hal ini disebabkan rasanya yang tidak jarang pekat dan kuat rempah tradisional. Namun, jika kamu tetap ingin mencoba minum jamu, kamu bisa mencoba untuk minum jamu di Jamuwell.



(Jamu di Jamuwell memiliki cita rasa seperti jus buah. Foto: Dok. jamuwell.id/Instagram)


Jamu di sini merupakan hasil olahan bahan tradisional, tetapi rasanya seperti jus buah. Contohnya, mereka memiliki jamu dengan bahan dasar jahe, tetapi terasa seperti minum jus lemon dan markisa. Bagi kamu yang penasaran bisa kunjungi Jamuwell Cafe di Puri Indah.


4. De Jamu


(Dejamu memiliki beberapa gerai di mall-mall dan memiliki varian menu jamu versi kekinian. Foto: Dok. dejamu.id/Instagram)


Kalau jamu yang tadi terasa seperti jus buah, kalau yang ini mungkin akan cocok juga dengan kamu yang kurang menyukai kuatnya rasa rempah tradisional karena jamu di sini diolah dengan bahan-bahan minuman rasa kekinian. Kamu bisa mencoba menu jamu beras kencur yang dipadukan dengan susu yang menjadi Beras Kencur Latte. Ada juga jamu kunyit dengan yakult, dan jamu berbahas dasar jahe rasa coklat. Unik sekali, bukan? Kamu dapat langsung mengunjungi gerainya di Plaza Blok M, Setiabudi One, dan Ranch Market Pondok Indah.


(Baca Juga: Jenis-Jenis Jamu dan Manfaatnya)


5. Acaraki


(Jamu di Acaraki unik karena menggunakan metode manual brew yang biasa digunakan untuk membuat kopi. Foto: Dok. acaraki.jamu/Instagram)


Tempat minum jamu yang satu ini berlokasi di Gedung Kerta Niaga 3, Kota Tua. Jika masuk ke dalamnya, kamu dapat melihat konsep tempatnya yang modern vintage dari interiornya, yang juga didukung lagi dengan pemutaran lagu-lagu jadul Indonesia.


Salah satu keuninkan Acaraki adalah mereka secara inovatif menggunakan teknik manual brew yang bisa dipakai untuk membuat kopi dalam pembuatan jamu mereka. Kalau kamu berkunjung ke lantai dua, kamu bisa langsung mengikuti kelas pembuatan jamu menggunakan teknik manual brew dari nol. Seru sekali, bukan?


6. Jamu Bukti Mentjos


(Suasana minum jamu di Jamu Bukti Mendjos sangat jadul dan tradisional. Foto: Dok. jamubuktimendjos/Instagram)  


Kalau kamu mau nongkrong minum jamu dengan suasana jadul, kamu bisa mencoba untuk datang ke tempat jamu yang satu ini. Tempat minum jamu yang satu ini sudah ada sejak tahun 1940-an. Saat ini, sudah gererasi ketiga yang menjalankannya. Ada sekitar 64 jenis jamu yang bisa kamu coba di sini.


Kamu juga bisa menemukan jamu-jamu tradisional yang tidak bisa kamu temukan di gerai-gerai jamu modern, seperti jamu pegal linu, jamu cocok bulan, jamu galian singset, dan masih banyak lagi. Sambil minum jamu, kamu bisa ditemani dengan menyantap bubur kacang ijo, bubur kacang hitam, kolak, dan biji salak.


Berikut enam rekomendasi tempat nongkrong hits dan sehat untuk kamu yang ingin menikmati jamu-jamu tradisional Indonesia. Tunggu apa lagi, yuk langsung dikunjungi!


(Penulis: Nathania Adella Putri)

Food & travel