Life & health

16 Macam-Macam Tanaman Hias Termahal, Bisa Jadi Koleksi!

By : Her World Indonesia - 2023-03-30 12:00:01 16 Macam-Macam Tanaman Hias Termahal, Bisa Jadi Koleksi!

Belakangan ini, banyak orang yang mulai menggemari aktivitas memelihara tanaman hias di rumah. Bahkan, para penggemar tanaman hias tersebut tidak keberatan untuk mengeluarkan uang yang tak sedikit hingga puluhan atau ratusan juta rupiah. Berikut ini macam-macam tanaman hias termahal yang bisa kamu jadikan koleksi di rumah. 


1. Philodendron Paraiso Verde


(Philodendron Paraiso Verde. Foto: Dok. @a.boutplant/Instagram)

Harga tanaman hias ini dapat dikategorikan sebagai salah satu tanaman hias termahal di Indonesia. Philodendron Paraiso Verde ini dijual dengan harga Rp.1,5 juta per daunnya. Semakin banyak daunnya tentu saja semakin tinggi harga yang ditawarkan. 


2. Monstera Andasonii Variegata Impor Jepang


(Monstera Andasonii Variegata. Foto: Dok. @joejoe260384/Instagram)


Tanaman ini bukan berasal dari negara sendiri, tapi diimpor dari Jepang, sehingga memiliki harga yang terbilang sangat mahal. Untuk mendapatkannya, Anda harus merogoh kocek sebesar 50 sampai 60 juta rupiah. Ciri khas tanaman hias Monstera andasonii yakni memiliki lubang pada tiap daunnya yang berwarna hijau tua dan berbentuk oval.


3. Anggrek Shenzen Nongke


Tanaman hias Anggrek Shenzen Nongke ini memiliki harga yang terbilang sangat mahal, karena disebut-sebut dikembangkan oleh seorang ilmuwan pertanian Tiongkok. Tanaman Anggrek Shenzen Nongke pernah ditawar dengan harga 200.000 dolar Amerika Serikat atau sekitar 2,8 miliar rupiah. Tanaman Anggrek Shenzen Nongke memiliki kelopak bunga berwarna hijau dan bagian lidah berwarna merah hati bercampur putih, yang benar-benar sangat cantik. Bisa dikatakan, ini adalah salah satu jenis anggrek termahal yang ada di dunia. 


4. Aglonema


Aglonema menjadi salah satu dari macam-macam tanaman hias termahal di Indonesia. Tanaman hias ini berciri khas daun merah yang sangat menarik perhatian banyak orang. Untuk harganya, Aglonema biasanya dihargai sekitar enam juta rupiah. 


5. Anggrek Hitam Papua


Tanaman hias Anggrek hitam Papua memiliki tampilan yang sangat cantik dan elegan. Sesuai namanya, tanaman hias ini memiliki kelopak bunga berwarna hitam pekat dengan bagian lidah yang berwarna ungu bercampur putih. Karena kelangkaannya, tanaman hias Anggrek hitam Papua dihargai lebih dari 100 juta rupiah. 


6. Rothschild’s Orchid


Masih ke dalam jenis anggrek, tanaman Rothschild’s orchid, atau anggrek emas kinabalu, yang ditemukan pada tahun 1987 juga termasuk tanaman hias paling mahal. Harga tanaman hias ini bisa mencapai 73 juta rupiah per tangkainya. 


7. Philodendron Minima


(Philodendron minima. Foto: Dok. @garden_bleu/Instagram)


Tanaman Philodendron minima, atau dikenal juga dengan tanaman hias mini monster, merupakan salah satu tanaman langka yang seringkali menjadi incaran kolektor tanaman hias global. Tanaman Philodendron minima dihargai delapan ribu dolar AS atau sekitar 123 juta rupiah. 


8. Philodendron Mamei


(Philodendron mamei. Foto: Dok. @jardineirosurbanos/Instagram)


Philodendron mamei memiliki warna yang sangat unik; daunnya lebar dan corak berwarna perak. Harga tanaman hias Philodendron mamei bisa mencapai satu juta rupiah.


(Baca Juga: 7 Tanaman Herbal Yang Dipercaya Membuat Kulit Awet Muda)


9. Monstera Variegata


Tanaman hias Monstera variegata masuk ke dalam kategori tanaman hias termahal, yang dihargai sekitar 1,5 juta - 10 juta rupiah. Tanaman hias ini memiliki gradasi warna putih dan hijau yang membuatnya tampak sangat elegan, cantik, dan unik.


10. Old Pine Bonsai


Harga tanaman hias Old pine bonsai ini terbilang sangat mahal, yakni mencapai 10 juta rupiah. Tanaman hias ini berasal dari Jepang dan sempat erjual dengan harga 100 juta yen atau sekitar 13,2 miliar rupiah


11. Anthurium Plowmanii / Gelombang Cinta


(Tanaman gelombang cinta. Foto: Dok. @pistilsnursery/Instagram)


Pernah populer pada masanya, tanaman hias yang satu ini banyak dicari karena harga jualnya selalu naik setiap tahun. Dengan harga yang semakin mahal ini, peminatnya tidak sedikit pun berkurang, justru semakin bertambah banyak. Tanaman hias Anthurium plowmanii, atau dikenal juga dengan Gelombang cinta, bisa dijual dengan harga ratusan juta hingga milyaran rupiah. 


12. Ketapang Biola


Dinamakan ketapang biola karena daun dari tanaman hias ini mirip dengan alat musik biola. Kamu yang menginginkan tanaman hias ini harus rela menghabiskan uang sebesar 1,1 - 4,2 juta rupiah. Namun, perawatan tanaman hias Ketapang biola termasuk cukup banyak, bahkan mulai dari menanam bibitnya, kamu perlu menjaga kelembapannya agar tumbuh cepat dan tidak mati. 


13. Juliet Rosa


Tanaman hias Juliet rosa termasuk jenis tanaman hias termahal di dunia, yakni dihargai sekitar US$ 3-5 juta atau senilai dengan 30 juta rupiah. Harganya sangat fantastis dengan kelopak yang sangat indah.

Mungkin untuk beberapa orang, bunga ini tampak seperti bunga mawar pada umumnya, namun bagi pecinta tanaman hias, tanaman hias Juliet rosa ini berbeda dan patut untuk didapatkan dengan harga tinggi. Oleh karena itu, banyak sekali yang berani mengeluarkan uang yang tak sedikit untuk mendapatkan mawar cantik satu ini.


14. Cladium Hibrida


Menjadi salah satu tanaman hias termahal di Indonesia, Cladium Hibrida dijual dengan harga mencapai 4,5 juta rupiah. Ciri khas tanaman hias ini yaitu daunnya mengerucut dengan pangkalnya yang mirip dengan telinga. Warnanya sangat unik dan bergaris-garis. Dijamin, ini bisa meningkatkan visual taman rumah kamu. 


15. Calathea Orbifolia


(Calathea orbifolia. Foto: Dok. @thearoidattic/Instagram)


Calathea orbifolia adalah tanaman hias berdaun lebar berwarna hijau dengan garis-garis berwarna silver di atas daunnya. Jika ingin memilikinya, kamu harus menyiapkan budget sekitar 500 ribu rupiah sampai 2 juta rupiah. Tanaman hias ini sangat cantik diletakkan di beranda rumah dan sandingkan dengan tanaman-tanaman hias lainnya sehingga rumah kamu akan terlihat semakin natural estetik. 


16. Episcia Cleopatra


Tanaman hias Episcia cleopatra memiliki corak daun yang sangat cantik dan menarik, yakni berwarna pink muda dengan motif putih hijau. Harga dari tanaman hias satu ini cukup terjangkau, namun tetap dikategorikan sebagai satu dari macam macam tanaman hias termahal, bisa mencapai tujuh juta rupiah. 



(Baca Juga: Konsep Restoran Metafarming GREENS Hadir di Plaza Indonesia)


Itu dia beberapa tanaman hias termahal yang mungkin bisa dijadikan penambah koleksimu di halaman rumah. 


(Penulis: Calvin)



Life & health