Life & health

Penting! Screening Serviks Sejak Dini Demi Kesehatan

By : Her World Indonesia - 2023-03-09 19:00:01 Penting! Screening Serviks Sejak Dini Demi Kesehatan

Dalam rangka merayakan International Woman’s Day, Marriot International di Indonesia mengadakan sebuah seminar kesehatan dengan judul “Pentingnya Screening Serviks Sejak Dini”, yang dibawakan oleh dr. Yasmien Hasby, Sp.OG di The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place pada Rabu, 8 Maret 2022. Kegiatan ini merupakan gagasan dari asosiasi pekerja wanita yang bekerja di bawah Marriott Bonvoy’s Portfolio Hotels and Resort di Jakarta yang bernama Woman’s Leadership Development Initiative (WLDI).


Wakil ketua Marriott Business Council Jakarta Lily Wijaya menyebutkan, “Kami mengadakan acara ini untuk meningkatkan kesadaran mengenai kanker serviks untuk para rekan-rekan dan menyediakan platform untuk belajar lebih. Di akhir acara, dapat diperolehnya pemahaman terkait screening kanker serviks karena begitu pentingnya untuk kesehatan wanita dan bentuk dari kepedulian terhadap diri sendiri.”



(Seminar kesehatan "Pentingnya Screening Serviks Sejak Dini"  oleh dr. Yasmien Hasby, Sp.OG di The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place pada Rabu (8/3/2023). Foto: Dok. The Ritz-Carlton Jakarta)


Kanker serviks merupakan penyebab kematian tertinggi nomor dua pada perempuan di Indonesia. Lebih dari 95% kasus kanker servis disebabkan oleh infeksi human papillomavirus (HPV). Human papillomavirus adalah nama kelompok virus yang sangat umum, biasanya menginfeksi kulit. Virus ini memiliki banyak tipe dan jenisnya. HPV tipe 16 dan 18 adalah genotip yang paling umum penyebabkan kanker serviks.


(Baca Juga: Cara Mudah Mengetahui Info Tentang Kanker Serviks)


Dr. Yasmien menjelaskan terdapat beragam faktor risiko kanker serviks, tetapi yang terutama adalah berhubungan seks dengan pria yang sering berganti-ganti pasangan. Terbukti 99,7% HPV ditularkan melalui hubungan seks. Berhubungan seks dengan pria yang sering berganti pasangan akan memperbesar risiko kamu terinfeksi HPV.


Hal ini disebabkan virus HPV menyerang secara langsung pada mulut rahim. Walaupun terdapat banyak risiko penyebab terinfeksi HPV lainnya, penetrasi melalui hubungan seks menjadi penyebab utama karena virus langsung dapat mencapai mulut rahim. Maka dari itu, screening serviks menjadi hal yang penting terutama bagi wanita yang sudah pernah atau aktif melakukan hubungan seks.


(Baca Juga: Ini Ciri-ciri Kanker Serviks Yang Perlu Diwaspadai)


Virus HPV yang menginfeksi mulut rahim akan melewati fase panjang sekitar 17-20 tahun lamanya sampai menjadi kanker. Panjangnya fase ini yang menjadi alasan screening serviks perlu dilakukan secara rutin, tidak hanya sekali. Penginfeksian HPV sering tidak disadari oleh para wanita karena pada fase-fase dini, sering berlangsung tanpa ada gejala apa pun. Oleh karena itu, pemeriksaan sedini mungkin menjadi penting. Jika kamu tahu lebih awal, kamu dapat mendapat penanggulangan yang lebih awal juga.



(Dokter Yasmien menjelaskan mengenai pedoman vaksinasi HPV untuk cegah kanker serviks. Foto: Dok. The Ritz-Carlton Jakarta)


Upaya dini pencegahan diri dari infeksi virus HPV adalah dengan melakukan vaksinasi. Vaksinasi dianjurkan untuk diperoleh wanita berumur 10-55 karena berada dalam usia reproduktif. Pada wanita yang sudah pernah berhubungan seks, disarankan untuk melakukan pap smear terlebih dahulu untuk mengetahui sudah terinfeksi atau belum terhadap HPV. Karena jika sudah terinfeksi, vaksinasi menjadi tidak efektif.


(Penulis: Nathania Adella Putri)


Life & health