Life & health

Jangan Sampai Tidak Tahu 5 Manfaat Personal Branding Ini!

By : Her World Indonesia - 2023-03-06 14:00:01 Jangan Sampai Tidak Tahu 5 Manfaat Personal Branding Ini!

Setiap orang pasti punya keunikannya tersendiri yang membedakan dirinya dengan orang lain. Kamu pasti punya harapan ingin dilihat seperti apa oleh orang di sekitarmu. Maka dari itu, munculah istilah yang sudah tidak asing lagi yaitu personal branding. Personal branding merupakan proses dalam membentuk, menarik, dan memelihara persepsi masyarakat berkaitan aspek-aspek yang kamu miliki seperti keahlian, prestasi, dan nilai-nilai.


Hal ini dilakukan untuk menampilkan citra yang positif agar kamu dapat memperoleh kepercayaan yang dapat digunakan sebagai upaya memasarkan diri kamu sendiri. Personal branding ini mungkin secara sadar ataupun tidak telah kamu bangun karena sebagai manusia, pastinya kita ingin dikenal dan diingat oleh orang lain. Namun, tidak hanya sebatas dikenal, menurut beberapa sumber, ada banyak lho manfaat dari membangun personal branding. Yuk disimak apa saja!


1. Meningkatkan kepercayaan diri


(Personal branding membuat kamu semakin percaya diri karena kamu mengenal diri kamu lebih baik. Foto: Dok. Henri Mathieu-Saint-Laurent/Pexels.com)


Saat kamu membangun personal branding, kamu akan lebih fokus terhadap kekuatan dan keunikan diri kamu. Hal ini tentu sejalan dengan tujuan kamu dalam membangun personal branding yaitu untuk menunjukan keunggulanmu kepada orang di sekitarmu agar mereka dapat menangkap ciri khas kamu.


Dengan berfokus kepada hal-hal tersebut, kamu jadi semakin percaya diri akan kemampuan diri kamu. Selain itu juga, kamu akan lebih termotivasi untuk mengasah kemampuan dan keterampilan yang kamu miliki. Pemahaman kamu terhadap diri kamu juga secara tidak disadari akan semakin meningkat. Oleh karena itu, kepercayaan diri yang terbangun dapat secara efektif memaksimalkan kemampuan kamu untuk meraih tujuan dan cita-cita kamu.


2. Meningkatkan kredibilitas

Terdapat beberapa aspek yang digunakan dalam membangun personal branding seperti prestasi, keahlian, dan nilai. Hal-hal tersebut yang menjadi bukti nyata akan kata-katamu. Pemasaran yang kamu lakukan terhadap diri kamu dipandang nyata dan terbukti, tidak hanya omongan belaka karena adanya bukti-bukti yang mendukung. Dengan begitu, hal tersebut akan meningkatkan kredibilitas kamu terhadap orang lain.

Namun, tidak melulu berpegang teguh pada prestasi seperti ranking, juara, atau sejenisnya. Saat kamu memiliki sebuah personal branding, kamu sudah membangun persepsi dirimu dalam pikiran orang lain. Ketika kamu dapat mengimplementasikan secara sejalan pemasaran dirimu dengan bukti nyata dalam keseharianmu itu dapat meningkatkan kredibilitasmu karena terlihat bahwa kamu seorang yang jujur dan apa adanya.


(Baca Juga: 8 Langkah Membangun Personal Brand)



3. Membangun koneksi


(Personal branding membantu kamu untuk terkoneksi dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan kamu. Foto: Dok. fauxels/Pexels.com)


Di era digital, kita semakin mudah untuk terhubung dengan satu sama lain. Salah satu manfaat yang dapat kamu peroleh melalui personal branding di dunia maya adalah dipertemukan dengan orang-orang yang sejalan denganmu. Mungkin orang yang memiliki minat di bidang yang sama, bekerja di lapangan pekerjaan yang sama, dan sebagainya.


Oleh karena itu, hal tersebut akan memperluas jaringanmu. Melalui perluasan jaringan ini, kamu dapat memperoleh banyak keuntungan, mulai dari peluang pekerjaan hingga bertemu mentor-mentor yang akan membantumu mengembagkan potensi.


4. Memiliki authenticity

Personal branding dibangun dari keterampilan, tujuan, dan nilai yang dimiliki dirimu sendiri. Hal tersebut merupakan hasil dari pemaknaan dirimu sendiri. Maka dari itu, berisi mengenai dirimu sendiri bukan orang lain. Dengan itu akan membuat kamu semakin otentik.


Hal ini disebabkan kehidupanmu akan selalu berputar pada hal-hal seperti pekerjaan yang memprioritaskan kelebihan, memanfaatkan bakat yang kamu miliki, dan hal-hal yang membuatmu bahagia. Dengan semakin otentik, personal branding akan membuatmu memperkuat dan mengembangkan kelebihan, serta memperbaiki kelemahan.


(Baca Juga: Branding Diri Sendiri? Bisa!)


5. Lebih Fokus Terhadap Peluang


(Personal branding membuat kamu tahu apa yang kamu cari dan menjadikan kamu lebih peka terhadap peluang dan kesempatan. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels.com)


Dengan membangun personal branding, kamu akan belajar untuk mengembangkan diri, menempatkan prioritas, dan fokus terhadap kesempatan yang ada di depan mata. Hal ini terjadi karena kamu menjadi lebih mengenal apa yang kamu ingin kembangkan dan minatmu berada di mana. Tanpa sadar, kamu akan lebih peka terhadap kesempatan-kesempatan dan peluang untuk mengembangkan dirimu.


Ini baru lima manfaat yang bisa kamu dapatkan melalui personal branding, masih banyak manfaat lainnya yang bisa kamu rasakan dan alami sendiri. Tunggu apa lagi? Segera bangun personal branding kamu!


(Penulis: Nathania Adella Putri)

Life & health