Fashion

8 Model Kacamata Yang Cocok Untuk Wajah Bulat

By : Her World Indonesia - 2023-03-03 11:00:01 8 Model Kacamata Yang Cocok Untuk Wajah Bulat

Bentuk wajah tidak jarang menjadi tolak ukur sebagian orang dalam hal berpenampilan. Biasanya bentuk wajah menjadi acuan seseorang untuk memilih model rambut, metode make up, hingga pemilihan aksesori untuk mempercantik penampilan. Bagi sebagain orang, bentuk wajah yang bulat sering membuat kurang percaya diri. Pemilihan aksesori pun sering menjadi hal yang tricky bagi orang berwajah bulat.


Kacamata menjadi salah satu aksesori yang cukup tricky bagi pemilik wajah bulat. Terdapat bermacam bentuk kacamata yang akan menimbulkan kesan yang berbeda pada bentuk wajah yang berbeda. Dilansir dari beberapa sumber, berikut beberapa bentuk kacamata yang cocok digunakan bagi kamu yg memiliki wajah bulat.


1. Rectangular/Square Frame


(Kacamata dengan frame persegi/persegi panjang akan memberi ilusi memperpanjang wajah kamu yang bulat. Foto: Dok. Kevin Bidwell/Pexels.com)


Kacamata yang memiliki frame kotak/persegi panjang memiliki model yang sederhana dan cocok digunakan pada semua bentuk wajah, termasuk wajah bulat. Kacamata persegi panjang akan menonjolkan lekukan dan titik-titik indah pada wajah kamu.


Bentuk siku pada frame akan memberi ilusi memperpanjang dan meniruskan pipi hingga rahang. Sedikit tips, kamu bisa memilih warna frame yang gelap seperti hitam atau coklat untuk menambah kesan yang klasik dan tidak membosankan.


2. Cat-Eye Frame


(Cat-eye frame memberi kesan lebih tirus dan mempertegas kontur wajah. Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels.com)


Seperti namanya, bentuk kacamata ini terlihat seperti mata kucing. Bentuknya yang menukik ke atas dan lancip di bagian ujung memberi kesan lebih tirus dan kontur pada wajahmu, terutama tulang pipi akan lebih menonjol dan dagu terlihat lebih lancip.


Biasanya, kacamata dengan frame yang telalu lebar akan membuat wajah terkesan lebar. Namun, ujung kacamata yang tajam dipadukan dengan bingkai yang lebih lebar dari ukuran wajah malah dapat menyamarkan pipi chubby yang biasa membuat kurang percaya diri pemiliki wajah bulat.


(Baca Juga: 6 Model Kacamata yang Cocok Dengan Bentuk Wajah)


3. Kacamata Aviator/Navigator


(Bentuk frame kotak kacamata aviator/navigator cocok untuk wajah bulat. Foto: Dok. Sadman Chowdhury/Pexels.com) 


Kacamata aviator/navigator ini biasa digunakan oleh pilot militer. Seiring perkembangan zaman, kacamata ini mulai masuk ke dunia fesyen. Selain terlihat keren, kacamata hitam sejuta umat ini memiliki bentuk yang cenderung lebih kotak dibanding kacamata pada umumnya, hal tersebut membuat kacamata ini cocok digunakan oleh kamu yang memiliki wajah bulat. Kacamata ini akan terlihat sangat keren jika memilih lensa berwarnan gelap seperti hitam, biru dongker, hijau tua, atau merah tua.


4. D-Frame


Jika kacamata dengan frame kotak/persegi panjang terlihat membosankan, kamu bisa mencoba menggunakan kacamata D-frame. Kacamata ini sebenarnya memiliki model hampir sama dengan persegi panjang, yang membedakan hanya pada bagian bawah kacamata yang melengkung dan membentuk huruf D. Kacamata D-frame ini cocok bagi kamu yang memiliki wajah bulat karena memberi kesan pipi lebih tirus. Kacamata ini juga dapat menutupi sebagian pipi chubby kamu.


5. Wayfarer Frame


(Bentuk wayfarer frame yang kontras dengan wajah bulat membuatnya ilusi mengurangi kesan bulat pada wajah. Foto: Dok. ENESFILM/Pexels.com)


Kacamata dengan wayfarer frame merupakan perpaduan dari model d-frame dan persegi. Bingkai kacamata ini hampir mirip persegi tetapi lebih lonjong dan melengkung. Bentuknya yang lebar dan persegi membuat bentuknya kontras dengan bentuk wajah bulat. Gagangnya yang tebal dan dipadukan dengan garis rata pada bingkai atas dekat alis memberi ilusi yang mengurangi kesan bulat pada wajah kamu.


(Baca Juga: Punya Wajah Oval? Ini Frame Kacamata Yang Cocok Untuk Kamu)


6. Geometric Frame


(Sudut-sudut pada kacamata geometris akan menyeimbangkan wajah bulat. Foto: Dok. Kamran Aydinov/Freepik)

Berbeda dengan kacamata yang biasa, kacamata dengan geometric frame memiliki bentuk yang unik yaitu heksagon. Mungkin terkesan aneh, tetapi ternyata kacamata ini cocok bagi kamu yang memiliki bentuk wajah bulat. Sudut-sudut pada kacamata dengan geometric frame akan terlihat kontras dan menyeimbangkan wajah kamu yang bulat.


7. Round Metal Frame


(Kacamata dengan frame bulat tipis berbahan besi/metal akan menyamarkan bulatnya wajah. Foto: Dok. Golnar Sabzpoush Rashidi/Pexels.com)


Kata siapa wajah bulat tidak bisa pakai kacamata dengan bingkai bulat? Bisa, kok! Namun, pemilihan ukuran dan bahan bingkai akan menjadi hal yang tricky dan perlu diperhatikan. Lebih baik untuk memilih kacamata dengan bingkai bulat yang tipis dan berbahan besi atau metal. Bingkai yang tipis akan menyamarkan bentuk bulatnya agar tidak menonjol pada wajahmu, Bingkai yang tipis juga akan memberi kesan yang elegan dan minimalis.


8. Oversized Frame


Walau wajahmu bulat, kamu bisa lho menggunakan kacamata dengan bingkai yang kebesaran. Bentuk kacamata ini akan memberi kesan yang estetik dengan wajahmu. Ukuran bingkai yang besar akan memberi ilusi kepada wajahmu terlihat lebih tirus dan panjang. Tips untuk kamu, pilihlah bingkai yang tipis dan berwarna gelap.


Berikut delapan jenis kacamata yang bisa dicoba bagi kamu yang memiliki wajah bulat. Bentuk kacamata yang pas akan mempercantik penampilanmu dan membuat kamu semakin percaya diri. Selamat mencoba!


(Penulis: Nathania Adella Putri)

Fashion